Apa itu php?

PHP Adalah dalah satu bahasa pemrograman berbasis web yang populer. PHP bersifat terbuka sehingga bisa digunakan dan dikembangkan oleh siapapun secara bebas dengan batasan-batasan yang sifatnya tidak mengikat selama digunakan secara benar.

PHP berbentuk script yang disisipkan dalam dokumen HTML dan hanya bisa dijalankan di sisi server, sedangkan hasilnya dikirimkan ke klien dalam bentuk kemasan dokumen html.

Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page (Situs personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.

Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.

Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.

Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang PHP: Hypertext Preprocessing.

Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.

Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

PHP sering digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis web sehingga memungkinkan digunakan dan diakses oleh banyak orang dari segala penjuru.

Sumber Rujukan :

WIkipedia Indonesia

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Lainya

  • Apa itu android?
    Android adalah sistem operasi atau OS berbasis linux yang diperuntukan khusus untuk mobile device seperti smartphone atau PC table, persis seperti symbian yang dipergunakan oleh Nokia dan BlackBerry OS
  • Apa itu data?
    Data adalah fakta mentah atau pengamatan, biasanya mengenai fenomena fisik atau transaksi bisnis
  • Apa itu source code?
    Source Code atau sering juga disebut perintah perogram adalah kumpulan instruksi yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu dan digunakan sebagai instruksi untuk komputer dalam melakukan suatu proses.
  • Apa itu windows?
    Windows adalah salah satu sistem operasi komputer yang merupakan media tatap muka antara mesin komputer dengan penggunanya. Windows dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar bernama Microsoft yang dipimpin oleh Bill Gates.
  • Apa itu SqlLite?
    SQLite adalah sebuah embedded database yang sangat terkenal karena menggabungkan antarmuka SQL dengan memori yang sangat kecil dan kecepatan yang baik : Murphy (2010, p225). SQLite adalah sebuah open source database yang telah ada cukup lama, cukup stabil
  • Apa itu koding?
    Koding adalah sebuah proses implementasi logika yang dilakukan oleh seorang programmer. Koding dilakukan untuk menginstruksikan komputer agar melakukan langkah-langkah tertentun dalam menyelesaikan masalah.
  • Apa itu phpmyadmin?
    phpMyAdmin adalah sebuah aplikasi/perangkat lunak bebas (opensource) yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi database MySQL melalui jaringan lokal maupun internet.
  • Apa itu algoritma?
    Algoritma adalah suatu proses atau langkah-langkah logis dan sistematis dalam menyelesaikan permasalahan yang logis dan sistematis, sedangkan program adalah sederetan instruksi yang dimengerti oleh komputer dan dapat mengatur apa yang harus di kerjakan ol
  • Apa itu pemrograman java?
    Java adalah Bahasa pemograman berorientasi obyek yang menggunakan abstraksi, enkapsulasi, inheritance, dan polymorphism untuk memberikan fleksibilitas yang tinggi, modularitas, dan kemampuan untuk bisa dipakai berulang-ulang untuk mengembangkan software y

Komentar

Kiriman terbaru