Apa itu phpmyadmin?

phpMyAdmin adalah sebuah aplikasi/perangkat lunak bebas (opensource) yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi database MySQL melalui jaringan lokal maupun internet. phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).

Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.

Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya.

phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada di komputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin. Di situ nantinya seseorang bisa membuat (create) basis data baru, dan mengelolanya.

Sumber :

Wikipedia Indonesia

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Lainya

  • Apa itu windows?
    Windows adalah salah satu sistem operasi komputer yang merupakan media tatap muka antara mesin komputer dengan penggunanya. Windows dikembangkan oleh sebuah perusahaan besar bernama Microsoft yang dipimpin oleh Bill Gates.
  • Apa itu algoritma?
    Algoritma adalah suatu proses atau langkah-langkah logis dan sistematis dalam menyelesaikan permasalahan yang logis dan sistematis, sedangkan program adalah sederetan instruksi yang dimengerti oleh komputer dan dapat mengatur apa yang harus di kerjakan ol
  • Apa itu koding?
    Koding adalah sebuah proses implementasi logika yang dilakukan oleh seorang programmer. Koding dilakukan untuk menginstruksikan komputer agar melakukan langkah-langkah tertentun dalam menyelesaikan masalah.
  • Apa itu SqlLite?
    SQLite adalah sebuah embedded database yang sangat terkenal karena menggabungkan antarmuka SQL dengan memori yang sangat kecil dan kecepatan yang baik : Murphy (2010, p225). SQLite adalah sebuah open source database yang telah ada cukup lama, cukup stabil
  • Apa itu source code?
    Source Code atau sering juga disebut perintah perogram adalah kumpulan instruksi yang ditulis dengan bahasa pemrograman tertentu dan digunakan sebagai instruksi untuk komputer dalam melakukan suatu proses.
  • Apa itu php?
    PHP Adalah dalah satu bahasa pemrograman berbasis web yang populer. PHP bersifat terbuka sehingga bisa digunakan dan dikembangkan oleh siapapun secara bebas dengan batasan-batasan yang sifatnya tidak mengikat selama digunakan secara benar.
  • Apa itu data?
    Data adalah fakta mentah atau pengamatan, biasanya mengenai fenomena fisik atau transaksi bisnis
  • Apa itu pemrograman java?
    Java adalah Bahasa pemograman berorientasi obyek yang menggunakan abstraksi, enkapsulasi, inheritance, dan polymorphism untuk memberikan fleksibilitas yang tinggi, modularitas, dan kemampuan untuk bisa dipakai berulang-ulang untuk mengembangkan software y
  • Apa itu android?
    Android adalah sistem operasi atau OS berbasis linux yang diperuntukan khusus untuk mobile device seperti smartphone atau PC table, persis seperti symbian yang dipergunakan oleh Nokia dan BlackBerry OS

Komentar

Kiriman terbaru