Kompetensi Kewirausahaan

Dengan memiliki beberapa keterampilan dasar yang dikemukakan pada artikel Kemampuan Dasar Kewirausahaan, maka seseorang akan memiliki kemampuan (kompetensi) dalam kewirausahaan.

Ada 10 kompetensi yang harus dimiliki wirausaha, yaitu: (Dan & Bradstreet Business Credit Service, 1993: 1).

  1. Knowing your business, yaitu harus mengetahui usaha apa yang akan dilakukan. Seorang wirausaha harus mengetahui segala sesuatu yang ada hubungannya dengan usaha atau bisnis yang akan lakukan. Misalnya, seorang yang akan melakukan bisnis perhotelan maka ia harus memiliki pengetahuan tentang perhotelan. Untuk bisnis pemasaran komputer, ia harus memiliki pengetahuan tentang cara memasarkan komputer.
  2. Knowing the basic business management, yaitu mengetahui dasar-dasar pengelolaan bisnis, misalnya cara merancang usaha, mengorganisasi dan mengendalikan perusahaan, termasuk dapat memperhitungkan, memprediksi, mengadministnasikan dan membukukan kegiatankegiatan usaha. Mengetahui manajemen bisnis beranti memahami kiat, cara, proses, dan pengelolaan semua sumber daya secara efektif dan efisien.
  3. Having the proper attitude, yaitu memiliki sikap yang benar terhadap usaha yang dilakukannya. Ia harus bersikap sebagai pedagang, industriawan, pengusaha yang sungguhsungguh, dan tidak setengah hati.
  4. Having adequate capital, yaitu memiliki modal yang cukup. Modal tidak hanya berbentuk materi, tetapi juga moril. Kepercayaan dan keteguhan hati merupakan modal utama dalam usaha. Oleh karena itu, harus cukup waktu cukup uang, tenaga, tempat, dan mental.
  5. Managing finances effectively, yaitu memiliki kemampuan mengatur/ mengelola keuangan secara efektif dan efisien, mencari sumber dana dan menggunakannya secara tepat, serta mengendalikannya secara akurat.
  6. Managing time efficiently, yaitu kemampuan mengatur waktu seefisien mungkin. Mengatur, menghitung, dan menepati waktu sesuai dengan kebutuhannya.
  7. Managing people, yaitu kemampuan merencanakan, mengatur, mengarahkan, menggerakan (memotivasi), dan mengendalikan orang-orang dalam menjalankan perusahaan.
  8. Satisfying customer by providing high quality product, yaitu memberi kepuasan kepada pelanggan dengan cara menyediakan barang dan jasa yang bermutu, benmanfaat, dan memuaskan.
  9. Knowing how to compete, yaitu mengatahui strategi/cara bersaing. Wirausaha, harus dapat mengungkap kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) dininya dan pesaing. Ia hanus menggunakan analisis SWOT baik terhadap dininya maupun terhadap pesaing.
  10. Copying with regulations and paperwork, yaitu membuat aturan/pedoman yang jelas (tersurat, tidak tersirat).

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Lainya

  • Kemampuan pemecahan masalah seorang wirausaha
    Para wirausahawan hendaknya dapat menganalisis masalah dengan mengumpulkan data-data, mengolahnya, dan menarik kesimpulan dari penganalisisan tersebut
  • Prosedur dan cara mengajukan KUR - Kredit Usaha Rakyat
    Tentunya banyak yang bertanya bagaimana prosedur mengajukan KUR - Kredit Usaha Rakyat. Berikut ini cara mengajukan KUR - kredit usaha rakyat yang bisa membantu anda untuk menambah permodalan dan meningkatkan ekspansi usaha kecil.
  • Pengertian Peluang Usaha
    Peluang usaha adalah kesempatan/waktu yang tepat yang seharusnya diambil/dimanfaatkan bagi seorang wirausahawan untuk mendapat keuntungan. Untuk menangkap peluang usaha perlu kerja keras dan pengorbanan. Tanpa kerja keras dan keberanian mengambil resiko m
  • Tiga Cara Memulai dunia usaha
    Ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk memulai/memasuki dunia usaha
  • Karakteristik Kewirausahaan
    Para ahli mengemukakan karakteristik kewirausahaan dengan konsep yang berbeda-beda. Geoffrey G. Meredith (1996 : 5-6), misalnya, mengemukakan cirri-ciri dan watak kewirausahaan seperti berikut
  • Soal pilihan ganda kewirausahaan SMA/SMK
    Soal pilihan ganda kewirausahaan SMA/SMK
  • Pengertian Kewirausahaan
    Di Indonesia istilah kewirausahaan mulai populer di saat Indonesia mulai melakukan pembangunan ekonomi secara serius sekitar tahun tujuh puluhan.
  • Sikap dan Kepribadian Wirausaha
    Alex Inkeles dan David H. Smith (1974 : 19-24) adalah beberapa ahli yang mengemukakan tentang kualitas dan sikap orang modern. Menurutnya kualitas manusia modern tercermin pada orang yang berpartisipasi dalam produksi modern yang dimanifestasikan dalam be
  • Kemampuan Dasar Kewirausahaan
    Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Lambing (2000) bahwa kebanyakan responden yang menjadi wirausaha berasal dan pengalaman sehingga ia memiliki jiwa dan watak kewirausahaan.
  • Berpikir Kreatif Dalam Kewirausahaan
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi otak manusia dibagi menjadi dua bagian, yaitu fungsi otak sebelah kiri dan otak sebelah kanan. Setiap bagian otak memiliki fungsi spesifik dan menangkap informasi yang berbeda.
  • Prosedur dan persyaratan pengajuan pinjaman Bank
    Persyaratan pengajuan kredit / pinjaman di bank tidaklah serumit yang diperkirakan orang. Bahkan syaratnya sebetulnya cukup mudah. Bagi Bank hal ini dilakukan untuk mengetahui lebih jauh tentang data-data calon debiturnya sekaligus untuk mendapatkan infor
  • Sumber potensial peluang usaha
    Sumber potensial peluang usaha berasal dari ide-ide yang dimiliki wirausahawan. Agar ide dapat diubah menjadi peluang, maka perlu dilakukan proses penjaringan/screening ide yaitu melalui langkah-langkah sebgai berikut
  • Proses Membuat keputusan dalam wirausaha
    Membuat keputusan (decition making) adalah suatu proses memilih antara berbagai macam cara untuk melaksanakan pekerjaan. Kemampuan membuat keputusan dapat diperoleh dari pengalaman sebelumnya selama bertahun-tahun.
  • Pengertian Kreativitas dan Inovasi dalam Wirausaha
    Kreativitas adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing).
  • Sifat dan watak kepribadian Wirausaha
    Beberapa Sifat dan watak kepribadian dan nuansa karakeristik wirausahawan yang berhasil di dalam usahanya harus mempunyai sifat-sifat karakteristik sebagai berikut
  • Kiat membangun sdm kreatif dalam perusahaan/organisasi
    Beberapa kiat untuk medorong kreativitas bagi seluruh sumber daya manuasia dalam organisasi
  • Prosedur dan persyaratan pengajuan SIUP
    SIUP adalah Izin Usaha yang diterbitkan Instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota/Wilayah dimana domisili perusahaan berada. SIUP dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan usaha dibidang Perdagangan Barang/Jasa di Indonesia
  • Ciri-ciri wirausaha yang sukses
    Seorang wirausaha adalah seorang manusia tangguh, yang memiliki karakteristik-karakteristik yang positif. Karakter yang positif biasanya akan membuat seorang wirausaha dapat bertahan dari segala kendala yang muncul pada perjalanan bisnisnya.
  • Motif Berprestasi Kewirausahaan
    Motif berprestasi adalah suatu nilai social yang menekankan pada hasrat untuk mencapai hasil terbaik guna mencapai kepuasan pribadi (Gede Anggan Suhandana, 1980 : 55). Faktor dasarnya adalah adanya kebutuhan yang harus dipenuhi.

Komentar

Kiriman terbaru