Perbedaan php dan mysql

PHP dan MySql sering kali dihubungkan dalam bahasan yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan dari segi cara kerja dan perananya.

PHP digunakan sebagai sekumpulan instruksi yang melaksanakan tugas pengolahan data serta operasi berbasis web yang dijalankan di sisi server. PHP dapat ditanamkan dalam sebuah dokumen HTML dan sering digunakan untuk keperluan membuat web atau aplikasi web dinamis. PHP bersifat opensource sehingga dapat digunakan dengan bebas dan mudah untuk dikembangkan ke berbagai keperluan.

Sedangkan MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL atau DBMS yang multithread, multi-user. MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Dari kedua penjelasan tentang php dan mysql diatas, bisa kita lihat bahwa PHP berperan sebagai pengolah informasi yang akan disajikan dalam media web, sedangkan mysql berperan sebagai penyedia informasi yang menyimpan serangkaian data dan bisa digunakan untuk banyak keperluan.

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Halaman Lainya

  • Menghitung selisih tanggal
    Berikut ini adalah cara menghitung selisih hari diantara dua tanggal dengan php. Anda bisa gunakan teknik menghitung tanggal ini untuk banyak keperluan.

Komentar

Kiriman terbaru