10 Program web design gratis untuk windows

10 Program web design gratis untuk windows

Untuk membuat sebuah hasil karya web design yang baik tentunya memerlukan kematangan dalam pengetahuan serta dukungan dari alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatanya. Termasuk program web design yang kita pilih. Banyak sekali program aplikasi/software yang bisa kita gunakan dengan gratis dan bisa didapatkan dengan mudah diinternet. Berikut ini 10 Program web design gratis untuk windows yang bisa menjadi pertimbangan anda.

1. Komodo Edit

Komodo Edit adalah sebuah aplikasi gratis yang banyak digemari oleh para desainer web. Program Komodo Edit ini memiliki fasilitas yang sangat lengkap terutama dalam penyusunan kode HTML dan CSS. Aplikasi ni juga memiliki fasilitas pengelolaan fitur tambahan (extentions) seperti pilihan bahasa dan dukungan kompatibilitas script dan tambahan lainnya.

Komodo tersedia dalam dua versi yaitu Komodo Edit and Komodo IDE. Dan bisa digunakan untuk Linux, Mac OS X dan Windows.

Anda bisa download Komodo Edit di alamat ini : http://www.activestate.com/komodo-edit/downloads

2. Aptana Studio

Aptana Studio adalah program web design yang lebih focus pada HTML, CSS dan Javasript walaupun masih menyediakan fitur-futur pendukung standar lainya. Sangat mudah jika digunakan untuk pengembangan aplikasi web karena cukup fleksibel dan mudah cara penggunaanya.

Anda bisa download Aptana Studio di alamat : http://www.aptana.com

3. NetBeans

NetBeans IDE adalah IDE Java yang dapat membantu Anda membangun aplikasi web. Seperti kebanyakan IDE, NetBeans pada awalnya memang akan terasa sedikit berbeda karena belum terbiasa. Tapi saya yakin jika belajar menggunakannya dari hal-hal yang sederhana pasti ini akan sangat membantu anda. Tetapi sekali Anda terbiasa untuk itu Anda akan ketagihan. Salah satu fitur bagus adalah kontrol versi termasuk dalam IDE yang benar-benar berguna bagi orang yang bekerja di lingkungan pengembangan yang besar.

Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.netbeans.org

4. Bluefish

Bluefish dirancang dan dikembangan dengan fitur penuh di lingkungan linux, akan tetapi juga tersedia versi untuk Windows dan Macintosh. Penulisan kode script memang agak sensitif oleh karena itu memerlukan kehati-hatian yang cukup tinggi. Tapi sisi lainya Bluefish memiliki fasilitas auto complete untuk banyak bahasa pemrograman web seperti HTML, PHP, CSS, JSP dan lainya. Memiliki juga sistem pengelolaan project dan penyimpanan otomatis dengan jeda waktu tertentu sehingga lebih aman jika terjadi putusnya aliran listrik.

Anda bisa download aplikasi ini di alamat berikut : http://www.bluefish.openoffice.nl/

5. CoffeeCup Free HTML Editor

CoffeeCup Free HTML editor adalah salah satu editor yang saya sukai karena cukup sederhana dengan fitur standard yang menurut saya sangat mencukup untuk melakukan pengembangan aplikasi berbasis web. Tapi untuk menggunakan fasilitas lengkapnya kita harus memiliki versi penuhnya.

Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.coffeecup.com/free-editor/

6. HTML-Kit

HTML-Kit adalah editor web design yang juga bisa anda pilih, karena memiliki keunikan serta performa yang cukup tinggi dalam proses pembuatan desain halaman web. Tambah lagi aplikasi ini memiliki sistem validasi script sehingga cukup membantu kita dalam menghasilkan script yang memang kompatible untuk semua browser.

Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.htmlkit.com/

7. Eclipse

Eclipse merupakan editor web design yang sangat lengkap karena memiliki fitur pengembangan penuh khususnya aplikasi web. Eclipse ini memiliki keunggulan pada bagian plugint yang bisa diinstall maupun uninstall sesuai keperluan. Banyak web developer menggunakan ini karena dukungannya yang cukup lengkap terhadap pilihan bahasa pemrograman yang digunakan.

Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.eclipse.org/downloads/

8. SeaMonkey

SeaMonkey adalah salah satu produk Mozilla yang dikemas dalam all-in-one Internet application suite. Aplikasi ini lengkap termasuk web browser, email dan newsgroup client, IRC chat client, dan composer web page editor. Salah satu keunikan aplikasi ini adalah integrarsinya dengan browser dan FTP sehingga kita dengan mudah melakukan uji coba live view.

Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.seamonkey-project.org

9. Alleycode

Alleycode adalah editor web gratis yang berfokus pada optimasi mesin pencari. Ada banyak fitur built-in dan link ke website Alleycode sehingga Anda dapat memeriksa peringkat situs Anda, mengoptimalkan meta data Anda, dan sebaliknya meningkatkan peringkat pencarian Anda.

Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.alleycode.com

10. Amaya

Amaya adalah editor web W3C. Hal ini juga bertindak sebagai web browser. Ini memvalidasi HTML saat Anda membuat halaman web, anda dapat melihat struktur dokumen web dengan mudah karena akan terlihat percabangan scripnya, itu bisa sangat berguna untuk belajar memahami DOM. Aplikasi Ini memiliki banyak fitur yang kebanyakan web designer tidak akan pernah menggunakan.

Anda bisa download aplikasi ini di : http://www.w3.org/Amaya/

Sekarang kembali kepada anda mana yang harus dipilih???

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengganti default searchengine firefox
    Anda sering melakukan pencarian cara praktis dengan mengetikkan apa yang ingin dicari pada bagian address bar atau pada isian pencarian yang ada pada toolbar firefox. Tapi pada saat anda tekan enter, ternyata proses pencarian tidak menuju pada searchengine yang anda sukai? Berikut sedikit trick cara mengganti default searchengine firefox.
  • Tombol pintas windows 8
    Setiap sistem operasi tentunya memiliki cara masing-masing dalam mempermudah penggunaan aplikasinya. Diantaranya yaitu menyedikan tombol-tombol akses cepat/pintas untuk menjalankan bagian-bagian dari sistem operasi tensebut. Termasuk windows 8 yang di kembangkan oleh microsoft. Banyak sekali tombol/cara pintas yang bisa kita gunakan dalam mempercepat pemanggilan aplikasi dan penggunaan fasilitas yang ada di dalam windows 8
  • Mengubah jpg ke pdf
    Mengubah gambar jpg ke pdf sangat mudah, tinggal download aplikasi untuk mengubah file ke pdf. Silahkan simak langkah-langkahnya disini.
  • Software gratis untuk membuat web
    Banyak sekali software/aplikasi yang bisa kita gunakan untuk membuat web baik itu aplikasi yang membantu secara visual maupun dengan cara menuliskan kode HTML. Saya pernah membaca dari sebuah situs yang mencoba menghitung jumlah aplikasi yang khusus dibuat untuk keperluan membuat web berjumlah sekitar 150 aplikasi. Tentunya dengan jumlah seperti itu sangat membingungkan buat kita untuk memilih yang sesuai. Berikut ini beberapa aplikasi unggulan yang gratis bisa kita gunakan.
  • Cara menambah dan menggunakan add-ons firefox
    Add-ons adalah komponen atau alat bantu tambahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi dasar firefox sebagai aplikasi web browser. Add-ons yang kebanyakan dikembangkan oleh pihak lain seperti komunitas, perusahaan dan personal dengan tujuan non komersil sehingga bisa kita download secara gratis di Internet.

Kiriman terbaru