Apa itu web server, email server, database server

web server, email server, database server

Kita sudah sering mendengar kata server yang artinya sebuah komputer yang menjadi pusat penyedia layanan data dalam sebuah jaringan. Selain server ada nama-nama lain yang masih bisa kita hubungkan seperti web server, email server, dan database server.

Apa itu web server

Web server adalah perangkat lunak yang dipasang dalam sebuah server berguna untuk menyediakan layanan permintaan data dengan protokol http atau https yang diakses melalui aplikasi tertentu seperti web browser. Web server merespon permintaan dengan mengirimkan kembali konten berupa gambar, tulisan atau lainya dan kemudian menampilkanya melalui browser.

Contoh web server yang umum digunakan seperti : Apache Web Server, Internet Information Service (IIS), lighttpd, Sun Java System Web Server, dan Jigsaw Web Server.

Web Server dengan teknologi sekarang dapat menterjemahkan bahasa pemrograman web seperti php, asp, jsp dll sehinga data yang disajikan dapat lebih dinamis dan interaktif.

Apa itu email server

Adalah perangkat lunak yang berguna untuk mengatur proses pengiriman serta penerimaan email yang ada diinternet. Biasanya email server sudah tersedia dalam layanan hosting yang ditawarkan provider internet.

Apa itu database server

Adalah perangkat lunak yang digunakan untuk pelayanan sistem basis data. Dengan database server, database bisa diakses dalam sebuah jaringan.

 

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Perbedaan ipad 2 dan ipad 3
    iPad adalah sebuah produk komputer tablet buatan Apple Inc. (AI). iPad memiliki bentuk tampilan yang hampir serupa dengan iPod Touch dan iPhone, hanya saja ukurannya lebih besar dibandingkan kedua produk tersebut dan memiliki fungsi-fungsi tambahan seperti yang ada pada sistem operasi Mac OS X.
  • Mengenal Microsoft Silverlight
    Silverlight adalah sebuah kerangka pengembangan atau framework untuk pengembangan aplikasi berbasis web kaya fitur yang diakses menggunakan penjelajah web dan dapat berjalan pada sistem operasi yang berbeda.
  • Jenis-jenis memory komputer
    Memory adalah Salah satu Perangkat Keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data dan melakukan instruksi oleh dan dari sebuah perangkat digital. Semakin besar memori yang tersedia, maka semakin banyak pula data maupun intruksi yang dapat dilakukan. Semua
  • Jenis-jenis hosting
    Kita sudah mengetahui bahwa hosting merupakan jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu dapat menyimpan dokumen berupa gambar, text, animasi, video, suara dll di jaringan internet. Jenis hosting yang ditawarkan biasanya ada 4 jenis yaitu shared hosting, virtual private server, Dedicated server dan Colocation Server.
  • Layar Amoled
    AMOLED merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. AMOLED ini merupakan teknologi layar OLED (Organic Light Emitting Diode). OLED ialah perangkat padat yang terdiri dari film-film tipis. Film-film tersebut mengandung molekul organik yang dapat menghasilkan cahaya apabila dialiri listrik. OLED ini digunakan sebagai layar dalam suatu perangkat dengan tingkat ketajaman yang lebih tinggi serta konsumsi daya yang relatif rendah. AMOLED ini dikeluarkan oleh Samsung, salah satu perusahaan teknologi yang bermarkas di Korea Selatan (Seoul).

Kiriman terbaru