Cara import export mysql database

Cara import export mysql database

Anda mungkin pernah bermasalah dengan memindah website, blog atau aplikasi yang dibuat dengan php mysql ke komputer lain atau internet? Trus web atau aplikasi tersebut memiliki database mysql yang juga harus dipindah? Bagaimana cara memindahnya? Kali ini saya akan berbagi cara impor export mysql database tersebut.

Sering orang menyebutnya proses import export ini sama dengan proses backup dan restore database, intinya sama yaitu bagaimana susunan tabel dan data bisa dipindah dari satu tempat ketempat lainya, bisa antar komputer atau ke internet.

Import export mysql dapat dilakukan dengan 2 cara :

  1. Menggunakan perintah khusus bawaan mysql :
    mysqldump -u username -p password namadb table1 table2 > namafile.sql
  2. Menggunakan program lain seperti mysql-front versi desktop atau phpmyadmin versi web

Umumnya jika kita mengupload database mysql ke internet atau hosting pasti menggunakan yang versi web yaitu phpmyadmin, jadi saya akan jelaskan langkah-langkah cara tersebut.

Export mysql database

Buka phpmyadmin, jika anda di local computer maka buka http://localhost/phpmyadmin, dan jika anda di internet masuk ke cpanel, lalu pilih phpmyadmin.

Pada halaman utama phpmyadmin anda akan melihat tampilan dua kolom, kolom pertama daftar database, dan kolom kedua berisi fasilitas umum pengelola database (database, sql, status dll)

export mysql database

Kemudian pilih salah satu database yang ingin di export pada di kolom kiri

export mysql database

kemudian klik menu export yang ada di kolom kanan --> lihat lingkaran merah

export mysql database

Kemudian pilih tabel yang akan di export, pada awalnya semua tabel akan terpilih. Kemudian aktifkan check add drop table.
Add drop table dipiliha agar pada saat di import nanti, proses akan menghapus dulu tabel yang lama jika sudah ada.

export mysql database

Kemudian pilih jenis export, standard yang mudah di import kembali adalah sql. Jika untuk keperluan lain anda bisa pilih csv agar bisa dibuka di ms excel.

export mysql

kemudian aktifkan check save as file, dan tekan tombol go. Setelah itu akan muncul dialog window untuk menyimpan ke komputer anda.

import mysql

Import mysql database

Untuk import, ikuti langkah 1 dan 2, kemudian pilih import

import mysql

Kemudian tekan browse, pilih file (file bisa .sql atau csv) kemudian tekan tombol go

import mysql database

Jika import berhasil, maka akan muncul seperti gambar berikut :

import mysql database

Mudahan cukup jelas langkah-langkahnya, jangan sungkan bertanya.

Jika ini berguna untuk anda, silahkan berbagi dengan yang lain.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat database mysql dalam cpanel hosting
    Pada artikel berikut, saya akan berbagi informasi tentang bagaimana membuat database mysql dalam cpanel hosting. Informasi ini mungkin anda perlukan jika suatu saat ingin menempatkan aplikasi web atau membangun sebuah website dengan php dalam sebuah hosting di internet. Silahkan simak berikut ini.
  • Kata yang harus dihindari dalam database mysql
    Anda pernah dengar kata Reserved Words, kata tersebut adalah sebutan untuk kumpulan perintah dasar yang digunakan oleh bahasa pemrograman maupun sistem database. Kata yang termasuk dalam kategori tersebut tidak boleh kita gunakan dalam penamaan variabel, nama field, nama tabel data, maupun nama database. Kata apa saja yang tidak bisa kita gunakan dalam database mysql? Silahkan simak berikut.
  • Memindah/Menduplikat data antar tabel mysql
    Kadang kita perlu memindah atau menduplikat data dari tabel satu ke tabel lainya. Hal ini bisa kita lakukan dengan sangat mudah tanpa harus melakukan input ulang datanya. Berikut saya ingin berbagi cara menduplikat data antar tabel mysql.
  • Operasi Matematika dalam Mysql
    Operasi matematika dalam mysql sering dijadikan alternatif yang paling efektif dalam menghasilkan sebuah laporan yang detail karena dapat meminimalkan penggunaan memori serta mempermudah penyusunan koding program.
  • Mengambil dan menyimpan tanggal otomatis mysql
    Mengambil dan menyimpan tanggal otomatis mysql sering kita perlukan dalam sebuah transaksi data. Misal pada saat anda menyimpan data ingin menyisipkan sebuah field tanggal yang isinya adalah tanggal dan jam otomatis sesuai waktu input data.

Kiriman terbaru