Cara import export mysql database

Cara import export mysql database

Anda mungkin pernah bermasalah dengan memindah website, blog atau aplikasi yang dibuat dengan php mysql ke komputer lain atau internet? Trus web atau aplikasi tersebut memiliki database mysql yang juga harus dipindah? Bagaimana cara memindahnya? Kali ini saya akan berbagi cara impor export mysql database tersebut.

Sering orang menyebutnya proses import export ini sama dengan proses backup dan restore database, intinya sama yaitu bagaimana susunan tabel dan data bisa dipindah dari satu tempat ketempat lainya, bisa antar komputer atau ke internet.

Import export mysql dapat dilakukan dengan 2 cara :

  1. Menggunakan perintah khusus bawaan mysql :
    mysqldump -u username -p password namadb table1 table2 > namafile.sql
  2. Menggunakan program lain seperti mysql-front versi desktop atau phpmyadmin versi web

Umumnya jika kita mengupload database mysql ke internet atau hosting pasti menggunakan yang versi web yaitu phpmyadmin, jadi saya akan jelaskan langkah-langkah cara tersebut.

Export mysql database

Buka phpmyadmin, jika anda di local computer maka buka http://localhost/phpmyadmin, dan jika anda di internet masuk ke cpanel, lalu pilih phpmyadmin.

Pada halaman utama phpmyadmin anda akan melihat tampilan dua kolom, kolom pertama daftar database, dan kolom kedua berisi fasilitas umum pengelola database (database, sql, status dll)

export mysql database

Kemudian pilih salah satu database yang ingin di export pada di kolom kiri

export mysql database

kemudian klik menu export yang ada di kolom kanan --> lihat lingkaran merah

export mysql database

Kemudian pilih tabel yang akan di export, pada awalnya semua tabel akan terpilih. Kemudian aktifkan check add drop table.
Add drop table dipiliha agar pada saat di import nanti, proses akan menghapus dulu tabel yang lama jika sudah ada.

export mysql database

Kemudian pilih jenis export, standard yang mudah di import kembali adalah sql. Jika untuk keperluan lain anda bisa pilih csv agar bisa dibuka di ms excel.

export mysql

kemudian aktifkan check save as file, dan tekan tombol go. Setelah itu akan muncul dialog window untuk menyimpan ke komputer anda.

import mysql

Import mysql database

Untuk import, ikuti langkah 1 dan 2, kemudian pilih import

import mysql

Kemudian tekan browse, pilih file (file bisa .sql atau csv) kemudian tekan tombol go

import mysql database

Jika import berhasil, maka akan muncul seperti gambar berikut :

import mysql database

Mudahan cukup jelas langkah-langkahnya, jangan sungkan bertanya.

Jika ini berguna untuk anda, silahkan berbagi dengan yang lain.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat database mysql dalam cpanel hosting
    Pada artikel berikut, saya akan berbagi informasi tentang bagaimana membuat database mysql dalam cpanel hosting. Informasi ini mungkin anda perlukan jika suatu saat ingin menempatkan aplikasi web atau membangun sebuah website dengan php dalam sebuah hosting di internet. Silahkan simak berikut ini.
  • Mereset nilai auto increment dalam mysql
    Jika anda merancang sebuah tabel dalam database mysql dengan tipe angka, kemudian dijadikan index primary key dengan tambahan fitur AUTO_INCREMENT maka setiap ada record baru kolom/field tersebut akan otomatis diberi nilai secara urut. Nilai urut tersebut akan terus bertambah walaupun semua record telah dihapus. Bagaimana jika kita ingin mengembalikan nilai auto increment tersebut dari awal lagi? t.
  • Mengapa Menggunakan MySQL?
    MySQL merupakan salah satu database yang paling banyak digunakan dalam membangun aplikasi berbasis desktop maupun berbasis web. Alasan umum mengapa menggunakan MySQL adalah karena database ini bersifat Open Source
  • Jenis query pada mysql
    Mysql query adalah perintah atau instruksi yang dapat digunakan untuk mengelola database atau tabel mysql. Query juga dikenal dengan SQL (Structured Query Language) yang artinya adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini merupakan bahasa standar yang digunakan dalam mengelola basis data atau database. Secara umum ada 2 jenis query pada mysql yaitu DML dan DML.
  • Cara membuat database dan table mysql dengan phpmyadmin
    Php merupakan bahasa script yang sangat kompatibel dengan bermacam database, salah satunya adalah mysql. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana mengelola database dan table mysql dengan bantuan phpmyadmin yang berbasis web.

Kiriman terbaru