Cara membersihkan virus sality

Sality merupakan virus berjenis PE Infector (Polymorphic) yang menginfeksi file-file Executabe “exe”. Virus yang memiliki nama asli w32.Hllp.KukuJoker ini banyak dikeluhkan pengguna computer diseluruh dunia, terutama di indonesia banyak sekali pengguna komputer yang melaporkan telah terinfeksi oleh virus ini.

Virus ini masih belum jelas asal usulnya, dugaan sementara virus ini berasal dari cina, selain mempunyai kemampuan untuk menginfeksi file-file executable virus ini juga memilki kemampuan rootkit, sehingga selain sulit untuk dibersihkan dari system, file-file yang terinfeksi juga cukup sulit untuk diperbaiki,  menggunakan  beberapa tools  remover  dan antivirus  juga terkadang  malah  bisa  menimbulkan kerusakan pada file yang terinfeksi bahkan  bisa menghapusnya.

Beberapa Antivirus Luar mendeteksi Virus ini sebagai :

  • Malware.Sality [PCTools]
  • W32.Sality!dr [Symantec]
  • Virus.Win32.Sality.bh [Kaspersky Lab]
  • W32/Sality.dr [McAfee]
  • Troj/SalLoad-C [Sophos]
  • Virus:Win32/Sality.AT [Microsoft]
  • Win32.SuspectCrc [Ikarus]
  • Win32/Kashu.E [AhnLab]

Cara pembersihan sality

  1. Untuk membersihkan virus ini secara tuntas, download tool removal sality dari kaspersky dibawah ini :
    Sality Killer :  http://dl.dropbox.com/u/56065140/Salitykiller2012.zip
  2. Kemudian ektrak lah semua file yang ada didalam ZIP tersebut ke dalam folder baru, kemudian jalankan file SalityCure.bat
  3. Setelah dijalankan proses scanning akan langsung tampil, harap diperhatikan selama proses pembersihan sedang berlangsung, jangan pernah menjalankan aplikasi sebelum proses pembersihan selesai, untuk mencegah virus kembali aktif, saat menjalankan file terinfeksi yang belum sempat dibersihkan.
  4. Terakhir gunakan Smadav Revisi terbaru untuk memperbaiki Registry yang telah dirusak oleh virus sality.
    Centang folder dan drive yang akan di scan, dan juga jangan lupa berikan centang pada bagian Syatem Area Deep (Over 1500 registry value), untuk memperbaiki registry yang telah rusak oleh virus, selanjutnya tekan tombol SCAN, tunggu hingga proses perbaikan selesai, jika dialog pesan seperti diatas muncul tekan tombol OK dan terakhir tekan tombol Bersihkan.
  5. Kemudian Restart komputer

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Jenis Hardisk
    Dari perkembangan sejarah awal digunakannya komputer, banyak sekali jenis media penyimpanan data sejenis hardisk yang digunakan. Dengan tujuan serta fungsi yang sama yaitu menyimpan data, tapi dikemas dalam teknologi serta bentuk berbeda. Ada yang jenis ATA, SATA, SCSI dan lainnya.
  • Perangkat Output Device
    Output Device atau dalam bahasa indonesia perangkat keluaran adalah sebuah perangkat keras yang berperan sebagai media penerjemah informasi yang dihasilkan oleh proses komputer. Dengan Output device maka komputer dapat menyampaikan hasil dari sebuah proses data kepada manusia sebagai pengguananya. Informasi yang disampaikan bisa dalam bentuk visual yang terlihat oleh mata melalui layar, terdengar oleh telinga atau tergambar/tertulis di kertas.
  • Mengenal control panel di windows
    Anda pasti sudah sering mendengar istilah control panel yang digunakan pada banyak aplikasi baik itu dikomputer maupun di internet. Control panel digunakan untuk mengatur sebuah aplikasi baik itu tampilan, peralatan, cara kerja dll. Begitu juga di lingkungan windows, control panel digunakan untuk mengatur sistem windows yang sedang berjalan.
  • Mengubah format video
    Anda pasti sudah mengetahui bahwa banyak format video yang didapat dari media cd maupun secara online seperti AVI, MOV, M2TS, OGM, RMVB, RM, WMV, QT, WebM, FLV, MOD, TS, TP, DVR-MS, Divx, etc. to AVI, WMV, MP4, MPEG-1, MPEG-2, FLV, SWF, MKV, 3GP and 3G2 dll. Mungkin anda ingin mengubah format video tersebut dengan format lain yang lebih kecil ukurannya atau mengoptimalkan kualitasnya.
  • Jenis file video
    File video adalah sebuah jenis file digital yang menyimpan informasi karakteristik (metafile) serta pengkodean khusus dalam menyajikan susunan video yang ditanamkan. Jenis file video ini bermacam-macam tergantung pada siapa pengembangnya, media outputnya, teknologi pengkodeannya, perangkat lunak pemutarnya, perangkat lunak yang membuatnya serta sistem operasi yang mengenalinya. Yang umum kita kenal hanya beberapa saja seperti avi, mpg, mp4, 3gp karena ini yang paling sering kita gunakan. Ternyata selain itu masih banyak lagi jenis file video lainya yang sangat asing buat kita.

Kiriman terbaru