Cara membuat css dengan dreamweaver

cara membuat cssEditor untuk membuat CSS (Cascading Style Sheet) sebenarnya sudah banyak tersedia, baik dalam bentuk aplikasi yang gratis, berbayar, maupun yang secara online. Saya sudah pernah posting sebelumnya tentang software gratis untuk css. Bahkan jika sudah mengerti cara penulisan dan penyimpanannya, kita bisa gunakan editor yang sangat sederhana dan mendukung penyimpanan format text seperti notepad. Kali ini saya akan sedikit berbagi tentang bagaiman cara membuat css dengan dreamweaver.

Sekilas info, Dreamweaver adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk membuat atau menyunting halaman web yang dinamis maupun statis. Editor ini mendukung semua bahasa pemrograman web seperti ASP, PHP, XML, JSP, JS, CSS dan lainya. Program ini banyak digunakan oleh para pengembang web karena fitur-fitur yang disediakan sangat membantu dan mudah untuk digunakan.

Masih sekilas info, Dreamweaver pada awal kemunculanya diberi nama Macromedia Dreamweaver karena mulanya dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama Macromedia, sampai dengan versi 8 masih menggunakan nama yang sama. Setelah itu, sekitar tahun 2005 Macromedia Dreamweaver bersama dengan produk yang lainya seperti Macromedia Flash, Macromedia Firework dll dikembangkan oleh Adobe System dengan sedikit perubahan nama menjadi Adobe Macromedia CS (Creative Suite). Dimulai dari Macromedia CS 1 atau versi 9, sampai sekarang tahun 2012 sudah CS 6.

Sekilas info sudah habis, sekarang info yang anda tunggu-tunggu yaitu bagaimana cara membuat css dengan dreamweaver.

Cara membuat css dengan dreamweaver sangat mudah, kita bisa gunakan beberapa cara dengan bantuan fitur yang tersedia dalam dreamweaver. cara yang termudah diantaranya adalah :

  1. Mengetikkan langsung kode css pada bagian layar code view (kalau sudah banyak hafal perintah dan atributnya cara ini recomended)
    dreamweaver tutorial
    Dengan cara ini kita akan dibantu dengan auto complete sehingga walaupun tidak sepenuhnya hafal tinggal memilih perintah yang sesuai.
  2. Menambahkan css dengan menggunakan fitur tab css yang ada dikanan layar dreamweaver, lihat gambar dengan lingkaran merah.
    dreamweaver tutorial
    Pada lingkaran merah ke 2, ada beberapa tombol kecil yang dapat digunakan untuk mengelola css. Klik gambar rantai jika anda ingin melampirkan file css yang sudah jadi, klik gambar yang ada tanda  plus (+) untuk menambah css baru, gambar pensil untuk mengedit dan gambar tong sampah untuk menghapus.
    Untuk menambahkan css, kita harus menekan tombol +, nanti akan muncul seperti gambar berikut :
    dreamweaver tutorial
    Di layar tersebut kita diminta memilih jenis css yang akan dibuat. Pilihan pertama untuk membuat css class yang dapat digunakan oleh banyak objek/tag (silahkan nanti cari referensi tentang css class), pilihan kedua jika anda ingin menempelkan css pada tag html, dan pilihan ketiga untuk membuat ID khusus sesuai dengan nama objek yang nanti dibuat. Trus ada pilihan define in, pilih yang pertama (New Style..) jika ingin cssnya tersimpan di file tersendiri, atau pilihan kedua This document only jika anda ingin cssnya diletakkan dalam bagian header (<head>) dokumen yang aktif.
    Saya akan pandu untuk membuat dengan pilihan selector type yang kedua yaitu tag.
    Kita akan coba menambahkan pada tag H1, dan This documen only.
    dreamweaver tutorial
    Kemudian tekan oke, maka akan muncul tampilan seperti gambar berikut :
    dreamweaver tutorial
    Semua isian tidak harus diisi, jika tidak perlu boleh dibiarkan kosong. Karena contoh ini membuat css untuk tag H1 maka diantaranya yang diubah adalah jenis font, dan ukuran. Jika anda ingin menambahkan yang lainya seperti kotak, warna latar, silahkan buka tab pilihan selanjutnya. Setelah semuanya selesai, tekan tombol ok.
    Hasil cssnya bisa anda lihat di bagian code view seperti berikut :
    dreamweaver tutorial
  3. Menambahkan css lewat page properties, ini standard penggunaan css di dreamweaver versi 8 sd CS 6. Pada saat kita mengubah pengaturan halaman melalui page properties dreamweaver otomatis menambahkan css pada halaman yang kita buat. Page Properties bisa dibuka dimenu Modify atau Tombol Page Properties pada bagian bar properties dibagia bawah layar. Lihat gambar :
    dreamweaver page properties

Semoga bermanfaat. Jika ini membantu anda, silahkan berbagi kepada yang lain melalui fb, twitter dll yang ada dibawah

Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Cara Membagi halaman hasil cetak printer dengan css
    Jika kita mencetak sebuah halaman web yang isinya panjang, biasanya hasil cetaknya bersambung menjadi beberapa halaman yang tidak pasti bagian-bagianya. Bisa saja satu halaman terdiri dari beberapa bagian bahasan atau format yang berbeda sehingga menyulit
  • Cara membuat dan menyisipkan CSS
    Panduan Cara membuat dan menyisipkan CSS pada halaman web
  • Mengatur paragraf dengan css
    Paragraf secara mendasar diartikan sebagai kumpulan kalimat yang memiliki ide atau pokok bahasan yang sama. Dalam penulisannya paragraf biasanya terdiri dari susunan kata-kata yang terhubung secara logis untuk menjelaskan suatu topik atau ide. Kali ini saya tidak membahas bagaimana membuat paragraf atau cara menulis paragraf, tapi saya akan membahas bagaimana menyusun tampilan sebuah paragraf html dengan css.
  • Mengatur gambar dengan css
    CSS berperan penting dalam menyajikan informasi dengan visual yang lebih baik, lebih optimal dari sisi penulisan serta lebih disenangi oleh mesin pencari. CSS dapat diterapkan hampir pada semua objek yang disisipkan dalam kode html baik itu tulisan, tabel dan gambar maupun objek lainya. Kali ini saya akan berbagi cara mengatur gambar dengan css agar dapat disajikan lebih hemat tempat dan hemat kode dan tentunya menarik.
  • Membuat efek gambar di blog dengan css
    CSS sangat felxibel bisa digunakan untuk banyak keperluan, berbagai media, semua platform dan semua sistem pengelola konten (wordpress, blogger, joomla dll). Penggunaanya juga sangat mudah sehingga kita bisa brekreasi dengan tulisan maupun gambar. Kali ini saya akan berbagi cara bagaimana menyisipkan efek gambar dengan css pada blogger.

Kiriman terbaru