Cara membuat dan menjalankan PHP

Cara membuat dan menjalankan PHPJika anda baru belajar php, silahkan baca panduan sebelumnya tentang proses install dan menjalankan apache. Pastikan apache sudah running.

Untuk membuat file php kita bisa gunakan editor apa saja yang penting dapat menyimpan dalam format text, disini saya akan gunakan editor sederhana yang ada dilingkungan windows yaitu notepad. Silahkan anda jalankan notepad yang biasanya terletak pada start menu, Accessories, kemudian pilih notepad.

PHP memiliki struktur dasar yaitu :

<?php
//ini blok tempat kode
?>

Baris pertama merupakan awal blok deklarasi php, baris kedua komentar yang menunjukkan tempat dimana kita bisa menuliskan perintah2 php, dan yang terakhir adalah bagian penutup php. Setiap anda membuat php harus diawali dengan pembuka dan penutup seperti diatas. Berikut contoh kode lengkap untuk menuliskan Selamat Malam dengan php.

<?php
   echo "Selamat Malam";
?>

Setelah anda tulis, sekarang kita simpan. Caranya tekan menu file, kemudian pilih save as. Arahkan direktori tempat menyimpan ke dalam xampp/htdocs. Ketikkan nama file dengan lengkap misal belajar1.php lalu tekan simpan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : ketikkan selalu nama file dengan huruf kecil, pastikan diakhiri dengan .php. Contoh sederhana selesai, sekarang bagaimana menjalankanya.

Jalankan browser, bisa mozilla, chroome atau lainya. Kemudian ketikkan pada address bar http://localhost/belajar1.php

Jika yang muncul tulisan Selamat Malam maka anda sudah berhasil membuat file php.

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Variasi cara menulis ke layar dengan php
    Artikel ini mungkin tak semenarik judulnya Variasi cara menulis ke layar dengan php, tapi sering kali saya menemui orang yang sedang belajar php bingung jika melihat beberapa variasi penggunaan kode php untuk menulis ke layar. Pada artikel ini saya akan buatkan beberapa contoh cara menampilkan tulisan/gambar ke layar dengan php.
  • Membaca file csv dengan php
    CSV adalah jenis file yang sering digunakan untuk menyimpan data berupa huruf dan angka dalam bentuk plain-text. CSV (comma separated values) ini menyimpan dengan susunan baris data yang dipisah dengan karakter coma.
  • Perbedaan session dan cookies dalam php
    Dalam php kita mengenal session dan cookies yang digunakan untuk menyimpan informasi pengguna. Secara umum memang sulit dibedakan karena dari segi fungsinya bisa dikatakan sama. Artikel berikut akan membantu anda membedakanya dari berbagai sisi implementasinya.
  • Membuat thumbnail dengan php
    Istilah kata thumbnail diartikan sebagai versi kecil dari sebuah gambar yang ditampilkan di komputer. Thumbnail ini digunakan untuk menggantikan gambar yang memiliki ukuran besar sehingga dapat ditampilkan lebih kecil dan cepat ke layar.
  • Perintah include dan require dalam php
    Perintah require() dan include() dalam php digunakan untuk menyisipkan isi file tertentu menjadi bagian file yang memanggilnya. Keduanya sangat identik dalam banyak hal, kecuali cara penanganan kegagalan. include() menghasilkan suatu peringatan, sedangkan require() menghasilkan pesan kesalahan Fatal Error.

Kiriman terbaru