Cara membuat dan menjalankan PHP

Cara membuat dan menjalankan PHPJika anda baru belajar php, silahkan baca panduan sebelumnya tentang proses install dan menjalankan apache. Pastikan apache sudah running.

Untuk membuat file php kita bisa gunakan editor apa saja yang penting dapat menyimpan dalam format text, disini saya akan gunakan editor sederhana yang ada dilingkungan windows yaitu notepad. Silahkan anda jalankan notepad yang biasanya terletak pada start menu, Accessories, kemudian pilih notepad.

PHP memiliki struktur dasar yaitu :

<?php
//ini blok tempat kode
?>

Baris pertama merupakan awal blok deklarasi php, baris kedua komentar yang menunjukkan tempat dimana kita bisa menuliskan perintah2 php, dan yang terakhir adalah bagian penutup php. Setiap anda membuat php harus diawali dengan pembuka dan penutup seperti diatas. Berikut contoh kode lengkap untuk menuliskan Selamat Malam dengan php.

<?php
   echo "Selamat Malam";
?>

Setelah anda tulis, sekarang kita simpan. Caranya tekan menu file, kemudian pilih save as. Arahkan direktori tempat menyimpan ke dalam xampp/htdocs. Ketikkan nama file dengan lengkap misal belajar1.php lalu tekan simpan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah : ketikkan selalu nama file dengan huruf kecil, pastikan diakhiri dengan .php. Contoh sederhana selesai, sekarang bagaimana menjalankanya.

Jalankan browser, bisa mozilla, chroome atau lainya. Kemudian ketikkan pada address bar http://localhost/belajar1.php

Jika yang muncul tulisan Selamat Malam maka anda sudah berhasil membuat file php.

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat nomor transaksi diawali 0000
    Jika kita membuat aplikasi yang berhubungan dengan proses transaksi maka akan membuat penomoran secara otomatis yang format nomornya terdiri dari beberapa angka sesuai urutan transaksinya. Nomor transaksi biasanya diawali dari angka terkecil yaitu satu tapi ditampilkan dalam digit angka ratusan atau ribuan. Misal untuk transaksi no 1 maka akan ditampilkan dengan angka 001 atau 0001.
  • Perbedaan php dengan javascript dan html
    Apa perbedaan php dengan javascript? atau apa perbedaan php dengan html? pertanyaan ini seringkali muncul jika anda mulai mengenal bahasa pemrograman web. Ketiga bahasa pemrograman ini ternyata saling terkait dalam membangun sebuah web yang dinamis dan interaktif.
  • Membuat laporan dari php ke excel
    Dalam sebuah aplikasi berbasis web, biasanya kita diminta untuk menghasilkan laporan dalam berbagai format. Yang paling umum yaitu format html (langsung ditampilkan di browser), kemudian format pdf dan format excel.
  • Mengurutkan data mysql dalam laporan php
    Data biasanya diinput dengan cara tak beraturan, bisa saja nama yang awalan Z lebih dulu dimasukkan, atau nomor urut yang lebih besar lebih duluan tergantung data mana yang lebih awal disiapkan. Dan jika dibuatkan laporannya dengan cara biasa saja, tentunya akan muncul sesuai dengan urutan memasukkan datanya ke dalam database. Bagaimana cara mengurutkan data tersebut dalam laporan php?
  • Membuat file dengan php
    Dengan php kita bisa melakukan operasi terhadap file yang berada dalam server. Operasi file yang bisa dilakukan diantaranya adalah membuat file.

Kiriman terbaru