Cara membuat dan menyisipkan CSS

Untuk menyisipkan CSS (Cascading Style Sheet) ada beberapa cara :

  1. Inline TAG Perintah css diselipkan diantara atribut perintah html. Cara ini tidak terlalu dianjurkan karena tidak optimal penggunaanya. Contoh :
    <p style="color:red;text-align:center;">TEXT</p>
    
    Perintah diatas akan menghasilkan sebuah paragraf dengan tulisan warna merah dan posisi tengah.
  2. Internal CSS
    Cara ini sedikit lebih efektif karena css dideklarasikan pada blok terpisah dengan isi html. css dituliskan pada blok <head>...</head>
    <style type="text/css">
        p {
          color:red;
          text-align:center;
          }
    </style>
    
    Kode diatas akan berpengaruh pada semua paragraf yang ada dalam halaman web kita, yaitu mengubah semua paragraf menjadi berwarna merah dan posisi tengah.
  3. External CSS
    Cara ini jauh lebih efektif karena dituliskan pada file terpisah misal temaku.css dan kemudian filenya dilampirkan pada blok <head>...</head> halaman web kita. cara melampirkanya :
    <link href="temaku.css" rel="stylesheet" type="text/css" />

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Software gratis editor css
    Untuk membuat sebuah halaman web yang rumit dan menarik tentunya memerlukan kode perintah css yang lumayan banyak pula, oleh karena itu diperlukan perangkat lunak bantu yang dapat mempermudah penyusunan serta memvisualisasikan kode css yang kita buat.
  • Mengatur format tabel dengan css
    Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan css, yang umumnya digunakan untuk mengatur layout halaman web. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana mengatur format tabel dengan css. Pengaturan format tabel yang akan kita lakukan adalah mengganti warna tabel dan jenis tulisan pada tiap cell tabel. SIlahkan simak berikut ini..
  • Membuat tulisan ditengah
    Panduan lengkap cara membuat tulisan/objek di posisi tengah halaman dengan HTML/css
  • Mengatur gambar dengan css
    CSS berperan penting dalam menyajikan informasi dengan visual yang lebih baik, lebih optimal dari sisi penulisan serta lebih disenangi oleh mesin pencari. CSS dapat diterapkan hampir pada semua objek yang disisipkan dalam kode html baik itu tulisan, tabel dan gambar maupun objek lainya. Kali ini saya akan berbagi cara mengatur gambar dengan css agar dapat disajikan lebih hemat tempat dan hemat kode dan tentunya menarik.
  • 6 Cara penulisan warna dalam css
    Cara penulisan warna dalam css untuk keperluan halaman web bisa kita lakukan dengan 6 cara. Semuanya mengarah pada penggunaan warna yang sama tapi ditulis dengan cara berbeda. Berikut ini saya akan berbagi tentang beberapa metode penulisan warna dalam css yang bisa anda gunakan.

Kiriman terbaru