Cara membuat dan menyisipkan CSS

Untuk menyisipkan CSS (Cascading Style Sheet) ada beberapa cara :

  1. Inline TAG Perintah css diselipkan diantara atribut perintah html. Cara ini tidak terlalu dianjurkan karena tidak optimal penggunaanya. Contoh :
    <p style="color:red;text-align:center;">TEXT</p>
    
    Perintah diatas akan menghasilkan sebuah paragraf dengan tulisan warna merah dan posisi tengah.
  2. Internal CSS
    Cara ini sedikit lebih efektif karena css dideklarasikan pada blok terpisah dengan isi html. css dituliskan pada blok <head>...</head>
    <style type="text/css">
        p {
          color:red;
          text-align:center;
          }
    </style>
    
    Kode diatas akan berpengaruh pada semua paragraf yang ada dalam halaman web kita, yaitu mengubah semua paragraf menjadi berwarna merah dan posisi tengah.
  3. External CSS
    Cara ini jauh lebih efektif karena dituliskan pada file terpisah misal temaku.css dan kemudian filenya dilampirkan pada blok <head>...</head> halaman web kita. cara melampirkanya :
    <link href="temaku.css" rel="stylesheet" type="text/css" />

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat efek kotak tulisan dengan css
    Panduan Cara Membuat efek kotak tulisan dengan css
  • Apa css sprite dan bagaimana membuatnya
    CSS sprite adalah sebuah teknik menampilkan gambar di halaman web atau blog dengan cara mengkombinasikan beberapa gambar dalam satu file dan kemudian memanggilnya melalui css dengan cara menuliskan posisi titik x dan titik y
  • Efek gambar grayscale dengan css
    Beberapa waktu lalu saya pernah tulis tutorial tentang Membuat efek gambar dengan css, yang membahas tentang bagaimana caranya menambahkan efek glow, berputar, dan transparan. Pada tutorial kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat efek gambar grayscale atau hitam putih dengan css.
  • Membuat header tetap diatas halaman
    Banyak variasi tampilan header atau footer yang digunakan untuk menghiasi halaman web dan dapat kita temukan diinternet, mulai dari yang sekedar tulisan judul, gambar logo sampai dengan model otomatis muncul dan hilang. Pada tulisan berikut ini, saya akan berbagi trick cara membuat header dan footer yang tetap diatas dan dibawah bagian halaman.
  • Membuat background gradient dengan css3
    Salah satu fitur unggulan yang dihadirkan pada teknologi css3 adalah kemampuanya membuat warna latar/background gradient. Gradient adalah perubahan warna dari satu warna ke warna lainya yang dilakukan secara teratur. Gradient lebih identik pada hasil gambar yang diciptakan melalui proses penempatan kombinasi beberapa warna yang memenuhi sebuah area gambar. Biasanya untuk menghasilkan gambar gradient digunakan aplikasi pengolah gambar seperti photoshop, atau corel draw. Pada artikel ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat latar gradient dengan css3.

Kiriman terbaru