Cara menambah dan menggunakan add-ons firefox

Add-ons adalah komponen atau alat bantu tambahan yang dapat digunakan untuk meningkatkan fungsi dasar firefox sebagai aplikasi web browser. Add-ons yang kebanyakan dikembangkan oleh pihak lain seperti komunitas, perusahaan dan personal dengan tujuan non komersil sehingga bisa kita download secara gratis di Internet. Dengan terpasangnya add-ons tambahan ini, firefox bisa dimanfaatkan untuk banyak keperluan seperti melakukan analisis halaman web yang sedang dibuka, mempermudah memperoleh informasi di Internet seperti download dokumen, gambar, musik atau video, memperindah tampilan browser, pilihan bahasa, meninggkatkan privasi dan keamanan, dan banyak juga tersedia untuk para penyuka game online.

add-ons firefox

Bagaimana menambahkan add-ons firefox?

  • Jalankan Mozilla Firefox
  • Masuk ke menu tools, kemudian pilih Add-Ons atau anda bisa tekan Ctrl+Shift+A
    menambah add ons
  • Dari layar halaman Add-Ons anda bisa gunakan 3 cara untuk menambahkan add-ons ini :
    1. Melakukan pencarian dan memilih add-ons yang akan diinstall
    2. Menambahkan dengan memilih file add-ons yang sudah tersimpan di Komputer
    3. Melakukan pencarian ke situs firefox
    cara install add-ons firefox

    cara install addons
  • Setelah anda memilih dan menekan tombol install, tunggu beberapa detik/menit sampai proses download selesai
  • Kemudian anda akan diminta melakukan restart ulang firefox untuk mengaktifkan add-ons secara otomatis

Bagaimana menggunakan add-ons firefox?

Setelah terpasang/terinstall, add-ons umumnya akan muncul pada bagian toolbar atas atau bagian status bar yang ada dibawah. Lihat contoh gambar berikut, di toolbar firefox saya telah menambahkan add-ons web developer yang saya gunakan untuk menganalisa halaman web, dan pada bagian status bar terlihat saya menggunakan WebRank Toolbar.

 cara menggunakan add-ons firefox

Dari toolbar-toolbar add-ons yang baru, anda bisa menggunakanya dengan memilih salah satu fasilitas yang di sediakan. Umunya add-ons juga menyediakan fasilitas untuk mengatur fasilitas mana saja yang akan dimunculkan di toolbar, sehingga kita bisa munculkan bagian-bagian yang perlu saja.

Pada bagian kelola add-ons anda juga bisa mematikan semuanya dengan mendisable fasilitas yang tidak anda perlukan dan dapat mengaktifkan kembali pada saat perlu.

Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi daftar add-ons yang bisa anda download dengan gratis di situs resmi mozilla firefox berikut :

https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/extensions/

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengganti default searchengine firefox
    Anda sering melakukan pencarian cara praktis dengan mengetikkan apa yang ingin dicari pada bagian address bar atau pada isian pencarian yang ada pada toolbar firefox. Tapi pada saat anda tekan enter, ternyata proses pencarian tidak menuju pada searchengine yang anda sukai? Berikut sedikit trick cara mengganti default searchengine firefox.
  • 10 Program web design gratis untuk windows
    Untuk membuat sebuah hasil karya web design yang baik tentunya memerlukan kematangan dalam pengetahuan serta dukungan dari alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatanya. Termasuk program web design yang kita pilih.
  • Tombol pintas windows 8
    Setiap sistem operasi tentunya memiliki cara masing-masing dalam mempermudah penggunaan aplikasinya. Diantaranya yaitu menyedikan tombol-tombol akses cepat/pintas untuk menjalankan bagian-bagian dari sistem operasi tensebut. Termasuk windows 8 yang di kembangkan oleh microsoft. Banyak sekali tombol/cara pintas yang bisa kita gunakan dalam mempercepat pemanggilan aplikasi dan penggunaan fasilitas yang ada di dalam windows 8
  • Sejarah Adobe Photoshop
    Adobe photoshop, nama itu sudah tidak asing lagi ditelinga kita apalagi bagi anda pencinta desain grafis. Software ini adalah salah satu aplikasi yang sangat populer sebagai pengolah gambar bitmap. Mungkin anda belum tau sejarah awal-awal kehadiranya di dunia teknologi informasi, artikel berikut akan menceritakan keapada anda sejarah perkembangan dari pertama dikembangkan.
  • Program Aplikasi Perkantoran Alternatif
    Salah satu tujuan kita menggunakan komputer tentunya adalah agar memudahkan dan mempercepat pekerjaan kita. Yang paling umum digunakan oleh semua pengguna komputer adalah untuk mengetik dengan bantuan aplikasi pengolah kata, pengolah angka, presentasi dll. Mungkin sebagian orang terlanjur dimanjakan oleh salah satu paket aplikasi perkantoran sehingga kurang meminati paket aplikasi lainya yang mungkin saja memiliki kelebihan. Aplikasi perkantoran alternatif apa saja yang layak anda coba?

Kiriman terbaru