Cara mengganti background blog atau website

Mengganti Background blog

Untuk mengganti background blog atau website tentunya anda harus punya akses untuk memodifikasi susunan kode halamannya, baik lewat control panel, ftp maupun fasilitas yang sudah disediakan sistem kelola kontent (CMS). Setelah itu baru kita bisa lakukan dengan dua cara berikut :

1. Mengganti background blog atau website dengan html

Anda buka kode halaman utama/template blog atau website, kemudian cari kode <body> dan tambahkan kode seperti contoh berikut ini :

Jika anda ingin mengganti background dengan warna

<body bgcolor="blue">

Warna yang bisa digunakan sangat banyak bukan hanya dengan nama seperti blue, yellow, red, tapi bisa dengan kode khusus. Silahkan liat posting saya Referensi Warna untuk html dan css

Jika anda ingin mengganti background dengan gambar

<body background="nama-file-gambar.jpg">

2. Mengganti background blog atau website dengan css

Anda buka kode halaman utama/template blog atau website, kemudian cari kode body diantara perintah body {..}, trus tambahkan kode seperti contoh berikut ini :

Jika anda ingin mengganti background dengan warna

body
{
   background-color:blue;
}

Untuk warna silahkan lihat posting saya Referensi Warna untuk html dan css

Jika anda ingin mengganti background dengan gambar

body 
{
   background: url(file-gambar.jpg);
}

khusus perintah background ini bisa ditambahkan beberapa elemen opsional : warna, pengulangan, dan posisi, sehingga jika lengkap bis dituliskan :

background:#cccccc url(file-gambar.jpg) repeat-x;

yang diawali tanda # adalah kode warna, sehingga jika ada area bacground yang tidak tertutup gambar akan ditutup oleh warna tersebut. Trus url(...) adalah nama file gambar. Trus repeat-x digunakan untuk mengulang tampil background ke titik x atau horizontal. Opsi lain ada no-repeat (hanya ditampilkan sekali) repeat-y (diulang ke bawah atau vertikal) jika tidak dituliskan berarti ikut defaultnya yaitu diulang horizontal dan vertikal.

Ada juga opsi lanjutan yaitu scroll dan fixed, top, bottom, center, left dan right dana metode penulisan lainya untuk posisi seperti 10px. Untuk metode menggunakan css ini memang lebih banyak pilihan tergantung keperluan. Secara susunan hirarki     :
    background-color
    background-image
    background-repeat
    background-attachment
    background-position

Jika ada komentar atau pertanyaan silahkan kirimkan lewat form komentar.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Pengertian dan cara membuat Hyperlink
    Hyperlink dalam HTML/web/blog merupakan komponen yang sangat penting karena tanpa ada hyperlink sebuah halaman web akan terlihat mati. Simak apa pengertian dan cara membuat Hyperlink dalam html
  • Perbedaan form method POST dan GET
    Bagi anda yang sudah terbiasa membuat form dalam HTML pasti sudah sering melihat kode yang tersusun dalam sebuah form, termasuk atribut form yang digunakan. Salah satu atribut yang digunakan dalam form adalah method. Atribut method bisa diberi nilai dengan POST atau GET.
  • Mengatur urutan pengisian form
    Sebagian orang mengabaikan urutan pengisian form karena proses input data masih bisa dibantu dengan adanya mouse, sehingga bisa dengan leluasa berpindah dari isian satu ke lainya. Tapi kita bisa Mengatur urutan pengisian form dengan atribut tabindex
  • Pengertian istilah TAG, ATRIBUT dan VALUE dalam HTML
    Mungkin istilah TAG, ATRIBUT dan VALUE dalam HTML agak terlupakan, karena kebanyakan teman-teman yang sedang belajar membuat web sekarang lebih dimanjakan oleh editor web visual yang sangat praktis dan instan. Berikut ini saya coba mengingatkan kembali tentang 3 istilah dasar tersebut agar pemahaman serta penggunaan HTML lebih mudah.
  • Karakter dan simbol khusus dalam html
    Umumnya html digunakan hanya untuk menampilkan informasi yang dapat dibaca yang ditampilkan dalam bentuk gambar, tulisan, atau tabel. Sehingga simbol ataupun karakter yang sering digunakan untuk keperluan menuliskan rumus biasanya akan ditampilkan dalam bentuk gambar, padahal sebenarnya html sudah menyediakan karakter/simbol tersebut dengan pengkodean khusus. Simbol dan karakter apa saja yang bisa kita gunakan dalam html? Simak artikel berikut.

Kiriman terbaru