Cara mengubah word ke pdf

cara mengubah word ke pdf

File PDF(Portable Document Format) merupakan sebuah dokumen yang memiliki kemampuan menyimpan semua informasi tatanan letak, jenis tulisan, gambar, dan objek lainya dalam satu file, sehingga pada saat dibuka isinya persis seperti aslinya. File pdf ini juga sangat fleksibel dengan ukuran yang cukup kecil dan menjadi salah satu dokumen standard di internet. Umumnya dokumen dibuat dengan bantuan aplikasi pengolah kata seperti Ms-Word, bagaiman cara mengubah word ke pdf, silahkan simak artikel berikut.

Aplikasi Ms-Word tidak menyediakan fasilitas untuk menyimpan dokumen dalam format pdf, oleh karena itu kita perlu aplikasi bantu. Aplikasi bantu untuk mengubah word ke pdf sebenarnya banyak, ada yang berbayar, gratis, sampai ada juga yang tersedia online di internet.

Secara umum fitur aplikasi untuk mengubah word ke pdf sama, yang berbeda biasanya hanya kualitas hasil serta cara melakukannya. Ada beberapa aplikasi yang dapat menghasilkan dokumen pdf yang persis seperti susunan aslinya, ada juga yang hasilnya malah berantakan.

Salah satu aplikasi yang saya sering gunakan yaitu doPDF. doPDF ini aplikasi gratis dan bisa anda download di situs resminya : http://www.dopdf.com
Kelebihan doPDF yang saya suka adalah :

  1. Gratis
  2. Ukuran file cukup kecil dibanding yang lain, hanya sekitar 4MB
  3. Hasil pdf cukup kecil
  4. Cara mengubah word ke pdf gampang
  5. Mendukung untuk banyak keperluan bukan hanya file word saja tapi juga DOC, DOCX, DJVU, XLS, XLSX, XPS, PPT, PPTX, DOT, EML, VSD, PUB, PUBX, MPP, WPD, OpenOffice, DWG, HTML, TXT, PNG, JPEG, GIF, TIFF dan banyak file lainya.

Jika anda punya masalah dalam mengubah word ke pdf, saya sarankan gunakan doPDF. Anda tinggal lakukan langkah berikut :

  1. Download doPDF di http://www.dopdf.com
  2. Kemudian install/jalankan dikomputer anda, ikuti saja petunjuk installnya sampai selesai
  3. Kemudian buka dokumen word atau file lain yang akan diubah ke pdf
  4. Tekan menu print atau ctrl+p (untuk mencetak)
  5. Pilih printer dengan nama doPDF
  6. Kemudian cetak dan arahkan tempat menyimpan hasil pdf

Gampang kan, sekarang anda bisa membuat file pdf dari file apa saja tanpa kesulitan.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Komputer Server
    Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.
  • Cara membersihkan virus sality
    Sality merupakan virus berjenis PE Infector (Polymorphic) yang menginfeksi file-file Executabe ?exe?. Virus yang memiliki nama asli w32.Hllp.KukuJoker ini banyak dikeluhkan pengguna computer diseluruh dunia, terutama di indonesia banyak sekali pengguna komputer yang melaporkan telah terinfeksi oleh virus ini.
  • Cara menghapus virus shortcut Ramnit
    Virus shortcut adalah jenis penggangu yang cukup tangguh, karena dapat menyebar ke semua bagian hardisk atau media penyimpanan lainya tanpa permisi. Pasti bikin anda bingung apalagi saat dicoba menghapus virus shortcut kembali lagi bermunculan. Bagaimana cara menghapus virus shortcut, akan saya jelaskan disini.
  • Mengubah format video
    Anda pasti sudah mengetahui bahwa banyak format video yang didapat dari media cd maupun secara online seperti AVI, MOV, M2TS, OGM, RMVB, RM, WMV, QT, WebM, FLV, MOD, TS, TP, DVR-MS, Divx, etc. to AVI, WMV, MP4, MPEG-1, MPEG-2, FLV, SWF, MKV, 3GP and 3G2 dll. Mungkin anda ingin mengubah format video tersebut dengan format lain yang lebih kecil ukurannya atau mengoptimalkan kualitasnya.
  • Perbedaan notebook dan netbook
    Jika dilihat secara sekilas, laptop atau yang biasa juga disebut dengan notebook maupun netbook memang terlihat hampir sama. Baik notebook maupun netbook, sama-sama memiliki layar LCD dan keyboard dalam bentuk yang sama. Dari segi ukuranpun sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Keduanya juga dijalankan dengan menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Namun, ternyata hanya di situlah letak persamaan notebook dan netbook.

Kiriman terbaru