Fungsi break dan continue dalam php

fungsi break dan continue dalam php

Fungsi break dalam php digunakan untuk menghentikan proses yang dilakukan oleh perintah php  : for, foreach, while, do-while atau switch. Sedangkan continue digunakan untuk melanjutkan proses pada perintah perulangan for dengan php. Kedua fungsi ini (break dan continue) memang tidak selalu digunakan, karena setiap kasus mungkin saja berbeda keperluan. Pada kasus seperti apa anda memerlukan fungsi break dan continue?

Fungsi break ini biasanya digunakan untuk mengendalikan alur kerja dari sebuah proses yang dilakukan dengan perintah seperti diatas. Fungsi break ini diletakkan dalam struktur if dengan menambahkan kriteria tertentu.

Contoh penggunaan fungsi break

<?php
switch ($nilai) {
  case '1':
    echo "$nilai=1";
    break;
  case '2':
    echo "$nilai=2";
    break;
  case '3':
    echo "$nilai=3";
    break;
  case '4':
    echo "$nilai=4";
    break;
  default:
    echo "$nilai";
}
?>

Pada contoh switch diatas bisa kita lihat bahwa setiap akhiran case diletakkan break. Ini fungsinya agar, pada saat variabel nilai sesuai dengan salah satu nilai case maka proses switch akan diakhiri setelah perintah break. Hal ini dikarenakan jika tidak diletakkan break maka php akan melanjutkan sampai case terakhir.

Contoh penggunaan fungsi continue

<?php
for ($i = 0; $i < 5; ++$i) {
    if ($i == 2)
  continue
    echo "$i\n";
}
?>

Jika kode php diatas dijalankan maka hasilnya adalah menuliskan angka 0 1 3 4, pada bagian program kita lihat ada if($i == 2) continue yang artinya pada saat perulangan dengan nilai i sama dengan 2 maka perulangan mengabaikan perintah menuliskan angka 2 dan melanjutkan ke perulangan nilai berikutnya.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengatur format tanggal dalam php
    PHP telah menyediakan fungsi untuk menampilkan tanggal dalam berbagai format yang dituliskan dalam bahasa inggris. Bagaimana jika kita perlu menampilkan tanggal dalam format indonesia? Artikel berikut akan menjelaskan beberapa format tanggal dalam php dan cara menampilkannya. SIlahkan anda simak.
  • Menyederhanakan operasi mysql dengan function dalam php
    Sering dalam sebuah aplikasi web khususnya php, kita melakukan operasi database mysql secara berulang. Misal melakukan pengecekan, perhitungan, perbandingan ataupun operasi-operasi umum lainya yang dilibatkan dalam sebuah proses besar. Hal ini sangat tidak efektif karena kita harus menyusunya berulang-ulang yang kadang berujung pada sulitnya melakukan pengembangan. Pada tulisan ini saya akan berbagi trik jitu agar masalah diatas bisa teratasi dengan mudah.
  • Menghapus dengan checkbox dalam php
    Anda menemui masalah dalam menghapus banyak data secara bersamaan pada laporan yang dibuat dengan PHP? Mungkin jawabnya ya, karena dulu saya pernah mengalami hal ini. Cara sederhana mengahapus record atau data dalam laporan php adalah satu-persatu dengan membuat link pada tiap baris data yang ditampilkan. Hal ini akan sangat menyulitkan anda jika ada banyak data yang harus dihapus. Bayangkan jika ada 100 recor harus anda hapus, berarti 100 kali mengklik data yang akan dihapus. Saya akan berbagi bagaimana membuat laporan php dengan fasilitas checkbox data yang akan dihapus. Silahkan simak artikel berikut.
  • Perbedaan session dan cookies dalam php
    Dalam php kita mengenal session dan cookies yang digunakan untuk menyimpan informasi pengguna. Secara umum memang sulit dibedakan karena dari segi fungsinya bisa dikatakan sama. Artikel berikut akan membantu anda membedakanya dari berbagai sisi implementasinya.
  • Membuat pesan error sendiri dengan php
    Pesan error yang sering kita temui di lingkungan pemrograman php sangat beragam tergantung proses apa yang sedang dilakukan. Contoh paling gampang seperti gagalnya melakukan koneksi database, gagalnya menjalankan query, atau salahnya penggunaan sebuah function. Secara mendasar memang semua error akan muncul dilayar tanpa diminta dengan format seadanya (bawaan php). Bagaimana jika kita ingin membuat bentuk tampilan error sendiri?? ini bisa kita lakukan selama yang salah bukan cara penulisan phpnya. Caranya akan saya bahas pada artikel ini.

Kiriman terbaru