Fungsi break dan continue dalam php

fungsi break dan continue dalam php

Fungsi break dalam php digunakan untuk menghentikan proses yang dilakukan oleh perintah php  : for, foreach, while, do-while atau switch. Sedangkan continue digunakan untuk melanjutkan proses pada perintah perulangan for dengan php. Kedua fungsi ini (break dan continue) memang tidak selalu digunakan, karena setiap kasus mungkin saja berbeda keperluan. Pada kasus seperti apa anda memerlukan fungsi break dan continue?

Fungsi break ini biasanya digunakan untuk mengendalikan alur kerja dari sebuah proses yang dilakukan dengan perintah seperti diatas. Fungsi break ini diletakkan dalam struktur if dengan menambahkan kriteria tertentu.

Contoh penggunaan fungsi break

<?php
switch ($nilai) {
  case '1':
    echo "$nilai=1";
    break;
  case '2':
    echo "$nilai=2";
    break;
  case '3':
    echo "$nilai=3";
    break;
  case '4':
    echo "$nilai=4";
    break;
  default:
    echo "$nilai";
}
?>

Pada contoh switch diatas bisa kita lihat bahwa setiap akhiran case diletakkan break. Ini fungsinya agar, pada saat variabel nilai sesuai dengan salah satu nilai case maka proses switch akan diakhiri setelah perintah break. Hal ini dikarenakan jika tidak diletakkan break maka php akan melanjutkan sampai case terakhir.

Contoh penggunaan fungsi continue

<?php
for ($i = 0; $i < 5; ++$i) {
    if ($i == 2)
  continue
    echo "$i\n";
}
?>

Jika kode php diatas dijalankan maka hasilnya adalah menuliskan angka 0 1 3 4, pada bagian program kita lihat ada if($i == 2) continue yang artinya pada saat perulangan dengan nilai i sama dengan 2 maka perulangan mengabaikan perintah menuliskan angka 2 dan melanjutkan ke perulangan nilai berikutnya.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengatur format tanggal dalam php
    PHP telah menyediakan fungsi untuk menampilkan tanggal dalam berbagai format yang dituliskan dalam bahasa inggris. Bagaimana jika kita perlu menampilkan tanggal dalam format indonesia? Artikel berikut akan menjelaskan beberapa format tanggal dalam php dan cara menampilkannya. SIlahkan anda simak.
  • Perintah php mysql
    PHP telah menyediakan banyak perintah fungsi bawaan yang bisa kita gunakan dalam membuat aplikasi web. Fungsi-fungsi tersebut juga sangat beragam dari pengolahan string, pengolahan dan manipulasi gambar, sampai melakukan komunikasi dengan database. PHP juga mendukung banyak database tidak terkecuali MySql. Apa saja perintah php mysql?
  • Mengenal php framework
    Framework dapat diartikan sebagai sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah penyelesaian sebuah pekerjaan. Jika dikaitkan dengan PHP maka dapat diartikan sebagai suatu kerangka kerja yang telah terpola dengan tujuan memudahkan pengembang web dalam menyusun rangkaian proses dengan bahasa pemrograman PHP. Misal dalam membuat sebuah aplikasi web, pengembang harus menuliskan kode program secara berulang dengan kompleksitas tinggi. Hal tersebut tentunya akan sangat mengurangi tingkat efisien waktu serta menguras pikiran bahkan kode yang dihasilkan mungkin saja kurang optimal dari segi penulisan serta proses yang dilakukan dalam program.
  • Menampilkan latar gambar/background secara acak dengan php
    Tampilan sebuah halaman tentunya harus menarik dan memiliki kesan khusus pada saat ditampilkan kepada pengunjung. Ada tips khusus bagi yang senang ganti-ganti latar gambar halaman web dengan kode php.
  • Membuat thumbnail dengan php
    Istilah kata thumbnail diartikan sebagai versi kecil dari sebuah gambar yang ditampilkan di komputer. Thumbnail ini digunakan untuk menggantikan gambar yang memiliki ukuran besar sehingga dapat ditampilkan lebih kecil dan cepat ke layar.

Kiriman terbaru