Kumpulan Artikel Islami

Jadwal Puasa Ramadhan 2013/1434 H

Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2013/1434 HUmat Islam sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa Ramadan 2013/1434H. Bulan yang oleh Allah subhanahu wata'ala dihimpun di dalamnya segala kebaikan, rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan), dan itqun minan naar (terselamatkan dari api neraka). Bulan Ramadan yang mulia ini juga disebut dengan "shahrul Qur'an", dimana bulan diturunkannya al-Qur'an yang merupakan lentera hidayah ketuhanan yang sangat dibutuhkan umat manusia dalam membedakan mana yang baik dan mana yang buruk serta mana jalan yang benar dan mana jalan yang sesat.

Doa Harian Bulan Ramadhan - Bahasa Indonesia

Doa adalah memohon atau meminta sesuatu yang bersifat baik kepada Allah SWT seperti meminta keselamatan, rizki yang banyak dan halal, anak yang sholeh, keampunan atas segala kesalahan, keteguhan iman dan bentuk permintaan lainya. Sebaiknya kita berdoa kepada Allah SWT setiap saat karena akan selalu didengar olehNya, lebih utama lagi pada bulan Ramadhan. Berdoa tidak harus dalam bahasa arab, kita diperbolehkan mengucapkanya dalam bahasa sehari-hari. Apa doa harian yang dianjurkan dalam bulan ramadhan?

Doa-doa dalam bulan ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan mulia. Umat islam memperbanyak amal ibadah dengan melakukan tadarus, membaca doa-doa, sedekah, zakat, umrah dan amal-amal utama lainya. Berikut ini beberapa amalan serta doa dalam bulan ramadhan.

Adab dan sunnah dalam bulan puasa

Adab dan sunnah puasaDalam Islam kita mengenal yang namanya adab dalam melakukan ibadah baik itu yang sunnah maupun yang wajib. Adab ini biasanya diambilkan dari sikap maupun prilaku keseharian, serta sabda yang disampaikan Nabi Muhammad S.A.W yang disaksikan oleh para sahabat ataupun kerabat beliau pada masa hidup. Bagaimanakah adab dan sunnah yang patut kita tiru dalam melaksanakan ibadah puasa? Silahkan simak adab serta sunnah dalam bulan puasa yang dihabarkan oleh para sahabat dan kerabat Rasulullah S.A.W.

Puasa Ramadhan 2012Umat Islam sebentar lagi akan menjalankan ibadah puasa Ramadan. Bulan yang oleh Allah subhanahu wata'ala dihimpun di dalamnya rahmah (kasih sayang), maghfirah (ampunan), dan itqun minan naar (terselamatkan dari api neraka). Bulan Ramadan juga disebut dengan "shahrul Qur'an", bulan diturunkannya al-Qur'an yang merupakan lentera hidayah ketuhanan yang sangat dibutuhkan umat manusia dalam membedakan mana yang baik dan mana yang buruk serta mana jalan yang benar dan mana jalan yang sesat.