Jenis-jenis hosting

jenis hosing, web hostingKita sudah mengetahui bahwa hosting merupakan jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu dapat menyimpan dokumen berupa gambar, text, animasi, video, suara dll di jaringan internet.

Sebuah hosting juga menyediakan layanan dan fitur htttp (hyper text transfer protocol) yang digunakan untuk mempublikasi informasi yang ada didalamnya, email yang digunakan untuk berkomunikasi surat menyurat melalui internet, ftp (file transfer protocol) yang digunakan untuk mengirim dokumen ke server hosting, database yang digunakan untuk menyimpan sekumpulan data dengan format tertentu, web server yang digunakan untuk memberikan layanan informasi yang bisa diakses menggunakan browser dan beberapa fitur lainya seperti DNS, POP3, SMTP, Web Mail, dan Cpanel.

Jenis-jenis hosting

Jasa Hosting yang sekarang banyak ditawarkan dikenal dalam beberapa jenis yaitu :

  1. Shared Hosting
    Jenis ini biasanya ditawarkan dengan harga cukup murah, karena hosting jenis ini diletakkan dalam sebuah server yang didalamnya terdapat banyak pengguna hosting lainya. Web hosting jenis ini berbagi resource seperti cpu, memory, ruang data, bandwidth. Pemakaian masing-masing hosting akan saling berpengaruh sehingga jangan kaget jika suatu saat hosting yang anda sewa sulit untuk diakses.
  2. Virtual Private Server (VPS)
    Virtual Private Server ini memungkinkan anda memiliki server virtual yang terpasang dalam sebuah server utama. VPS berbagi hardware secara fisik tapi tidak dalam hal software. VPS dibangun dalam sebuah software virtualisasi sehingga semua konfigurasi virtual server berdiri sendiri-sendiri tanpa terpengaruh oleh virtual server lainya yang berada pada perangkat hardware yang sama.
  3. Dedicated Server
    Harga yang ditawarkan memang tinggi tapi dengan layanan ini anda memiliki server dengan hardware dan software sendiri. Anda memiliki hak penuh dalam pengelolaan server ini. Jenis layanan ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar atau pihak tertentu yang ingin menjual lagi layanan hosting.
  4. Colocation Server
    Adalah jasa penyediaan tempat dan koneksi dimana server yang digunakan disediakan sendiri oleh pengguna/pelanggan. Jadi perusahaan penyedia hosting hanya memberikan layanan berupa penyewaan koneksi internet, perawatan server, keamanan, jaringan listrik, dan tempat/ruang untuk meletakkan server yang dipergunakan.

Istilah dalam hosting

Free web hosting adalah layanan serta dukungan hosting yang terbatas. Karena sifatnya gratis maka biasanya ruang penyimpanan, bandwidth, masa penggunaan, alat pengelolaan dan akses ke server dibatasi. Jenis hosting ini biasanya digunakan sebagai media promosi sehingga seringkali kita menemukan float banner atau iklan muncul tiba-tiba dihalaman yang kita miliki.

Reseller hosting adalah jasa yang ditawarkan untuk pihak tertentu yang ingin menjual lagi layanan hosting.

Managed hosting mirip dengan dedicated server tapi kendali server dipegang oleh pihak penyedia hosting.

Clustered hosting ini istilah untuk hosting alternatif untuk sebuah website, jika terjadi sesuatu dengan hosting utam misal sedang perawatan atau update maka website akan otomatis diarahkan ke hosting lainya

Referensi lengkap tentang hosting ini anda bisa baca di situs wikipedia

 

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Google Earth 3D untuk ponsel android sudah dirilis
    Google telah merilis aplikasi Google Earth versi terbaru yaitu 7 untuk Sistem operasi Android dan bisa didownload di toko aplikasi online Google Play. Pembaruan pada versi 7 ini mendukung tampilan peta dalam 3D.
  • Layar Amoled
    AMOLED merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. AMOLED ini merupakan teknologi layar OLED (Organic Light Emitting Diode). OLED ialah perangkat padat yang terdiri dari film-film tipis. Film-film tersebut mengandung molekul organik yang dapat menghasilkan cahaya apabila dialiri listrik. OLED ini digunakan sebagai layar dalam suatu perangkat dengan tingkat ketajaman yang lebih tinggi serta konsumsi daya yang relatif rendah. AMOLED ini dikeluarkan oleh Samsung, salah satu perusahaan teknologi yang bermarkas di Korea Selatan (Seoul).
  • Mengenal Teknologi sistem Operasi Android
    Android merupakan platform perangkat lunak untuk perangkat mobile yang didukung oleh Google OS, yang pada awalnya dikembangkan oleh Google setelah itu diselesaikan oleh Handset Alliance. Android merupakan sebuah system operasi terbuka yang diperuntukan un
  • Kamera terkecil di dunia
    Sebuah kamera terkecil di dunia berhasil diciptakan. Meski ukurannya tidak lebih besar dari ujung jari, namun ia bisa beroperasi layaknya kamera berukuran normal.
  • Kamera Digital tahan air
    Perkembangan teknologi kamera digital saat ini sangat pesat, beragam kamera digital dengan berbagai fitur hadir dipasaran. Bagi para petualang alam bebas tentunya kamera yang tahan terhadap perubahan cuaca akan menjadi pilihan terbaik. Seperti kamera digi

Kiriman terbaru