Masalah seputar upload file dengan php

upload file dengan phpMinat terhadap bahasan tentang upload file dengan php kayanya sangat tinggi, ini saya lihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke situs saya ini mencari informasi tentang bagaimana membuat form upload, membuat upload ke database dll. Oleh karena itu saya akan berbagi informasi tentang masalah yang sering terjadi pada saat membuat fasilitas upload file dengan php, mudahan ini berguna buat teman-teman yang sedang mendalaminya.

Saya sebelumnya sudah membuat 2 artikel tentang upload yaitu :

Cara upload gambar dengan php dan menyimpan kedalam database mysql

Cara upload file dengan PHP Script

Pada dasarnya setiap proses upload dengan php akan membawa nilai kembalian yang dibawa melalui $_FILES["file"]["error"]. Nilai kembalian ini bisa kita evaluasi untuk memunculkan pesan kepada pengguna. Diantara hasil kembalian tersebut ada yang menyatakan upload berhasil, dan ada yang menyatakan upload gagal dilakukan. Semuanya termasuk masalah umum dalam upload akan saya jelaskan dalam point-poin berikut :

  1. Bagaimana membuat form upload?
    Contoh membuat form upload dapat dibaca pada artikel Cara upload file dengan PHP Script, saya sudah jelaskan perbaris kode dengan rinci.
  2. Bagaimana membuat kode upload dengan php?
    Kode php untuk upload dapat dibaca pada artikel Cara upload file dengan PHP Script, saya sudah jelaskan perbaris kode dengan rinci.
  3. Bagaimana membatasi jenis file yang diupload?
    Setiap file yang dikirim/upload membawa informasi jenis filenya dalam  $_FILES['nama_file']['type'], dengan ini kita bisa melakukan pengecekan sebelum disimpan dalam folder tujuan. Untuk melihat contoh kodenya silahkan baca artikel Cara upload gambar dengan php dan menyimpan kedalam database mysql
  4. Bagaimana membatasi besar file yang diupload?
    Untuk membatasi besar file kita bisa lakukan dengan 3 cara :
    Pertama mengatur besar file pada php.ini :
    tentukan : upload_max_filesize = 5M dan post_max_size = 5M
    Kedua mengatur besar file pada form dengan menambahkan elemen :
    <input type="hidden" name="MAX_FILE_SIZE" value="500" />
    nilai "value" dalam kilobyte
    Ketiga membatasi lewat kode program dengan menambahkan pengecekan :
    $HTTP_POST_FILES['ufile']['size']
  5. Proses upload berhasil tapi file tidak ada?
    Ada kemungkinan alamat folder ditentukan otomatis oleh php sehingga tempat upload berbeda dengan yang anda harapkan, atau anda lupa menambahkan kode untuk memindah/copy file dari temporary ke folder anda. Lihat kode berikut :
    copy($HTTP_POST_FILES['file']['tmp_name'], $path) //untuk copy kefolder
    
    move_uploaded_file($_FILES['file']['tmp_name'], $uploadfile) //Untuk memindah
    Salah satu kode diatas harus anda tambahkan pada script upload. Contoh kodenya silahkan baca artikel Cara upload gambar dengan php dan menyimpan kedalam database mysql
  6. Dimana membuat folder upload?
    Folder tempat upload file bisa kita atur/definisikan melalui kode program
  7. Apakah file yang diupload ditempatkan pada folder berbeda dengan kode php?
    Ini bisa kita lakukan dengan mengarahkannya pada proses move atau copy
  8. Bagaimana mengganti nama file yang diupload?
    Bisa dengan menggunakan move_uploaded_file($_FILES['file']['tmp_name'], "namafolder/namafilebaru")
  9. Kenapa muncul pesan "The uploaded file exceeds the upload_max_filesize directive in php.ini"?
    Ini terjadi karena file yang diupload melebihi dari nilai yang sudah ditetapkan pada php ini (lihat point 4)
  10. Kenapa muncul pesan "The uploaded file exceeds the MAX_FILE_SIZE directive that was specified in the HTML form"?
    Ini terjadi karena ukuran file yang diupload melebihi nilai yang sudah diatur melalui form
  11. Kenapa muncul pesan "No file was uploaded"?
    Ini terjadi karena salah mengambil nama elemen input sehingga file yang anda upload dianggap kosong
  12. Kenapa muncul pesan "Missing a temporary folder"?
    Ini terjadi karena sistem (php.ini) tidak mengatur alamat folder temporary untuk upload atau folder temporary tidak ada (jarang terjadi). Anda bisa buat folder temporary di root folder.
  13. Kenapa muncul pesan "Failed to write file to disk"?
    Ini terjadi karena gagal menyimpan. Ada kemungkinan folder tidak tersedia atau hak akses/permission folder tidak dalam mode write. 

Semoga bermanfaat, jika ada tambahan silahkan masukkan pada komentar. Silahkan bagikan keteman anda yang mungkin berminat mempelajari tentang upload dalam php.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Cara menampilkan gambar dari database mysql dengan php
    Artikel ini akan membahas tentang bagaimana menampilkan gambar yang sudah diupload kedalam database mysql. Bahasa yang digunakan adalah PHP. Cara pembuatanya sangat sederhana sama dengan membuat laporan php biasa
  • Membuat paging dengan combo box
    Membuat paging dengan combo box. Sebelumnya saya menulis tentang bagaimana membuat paging sederhana dengan cara menampilkan nomor halaman sebagai pilihan halamanya. Dengan cara tersebut untuk kasus data yang sedikit tidak bemasalah karena pilihan halaman tentunya juga sedikit, akan tetapi pada kasus data yang banyak mungkin ribuan bahkan lebih akan bermasalah karena pilihan halaman akan sangat banyak. Ada beberapa alternatif agar lebih mudah, salah satunya dengan membuat pilihan halaman dalam list/menu atau yang sering disebut combo box.
  • Cara menuliskan css dan html dalam php
    Mungkin anda sudah mengetahui bahwa PHP bekerja disisi server sedangkan HTML dan CSS bekerja disisi klien. Ketiganya bisa saling melengkapi sehingga menghasilkan halaman web yang dinamis dengan tampilan yang menarik. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana menuliskan css dan html tersebut dalam php.
  • Upload banyak file dengan php
    Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang bagaimana membuat form serta script upload file dengan php, tapi masih dengan cara melampirkan satu file saja. Berikut ini saya akan berbagi lagi tentang bagaimana jika yang di upload terdiri dari beberapa file dan judul yang dikirim secara bersamaan dengan php.
  • Membuat pesan error sendiri dengan php
    Pesan error yang sering kita temui di lingkungan pemrograman php sangat beragam tergantung proses apa yang sedang dilakukan. Contoh paling gampang seperti gagalnya melakukan koneksi database, gagalnya menjalankan query, atau salahnya penggunaan sebuah function. Secara mendasar memang semua error akan muncul dilayar tanpa diminta dengan format seadanya (bawaan php). Bagaimana jika kita ingin membuat bentuk tampilan error sendiri?? ini bisa kita lakukan selama yang salah bukan cara penulisan phpnya. Caranya akan saya bahas pada artikel ini.

Kiriman terbaru