Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 5

Login Aplikasi web data mahasiswa

Melanjutkan artikel saya tentang membuat aplikasi data mahasiswa dengan php, sekarang sedikit saya kembangkan untuk melindungi ruang pengelolaan data mahasiswa dengan sistem login pengguna/user. Ini diperlukan hampir pada tiap aplikasi yang dibangun agar tidak semua orang yang mengakses halaman pengelola bisa langsung melihat atau melakukan perubahan data tanpa proses login terlebih dahulu. Silahkan simak artikel berikut.

Membuat tabel login pengguna

Langkah pertama untuk membuat login adalah membuat desain tabel database myslq untuk menyimpan data user/pegguna. Untuk kasus ini saya buat sederhana dengan susunan :

Nama tabel : tb_pengguna

Field tabel :

  1. username tipe varchar (20) primary key
  2. password tipe varchar (255)
  3. nama tipe varchar (30)
  4. login_terakhir datetime

susunan query untuk membuat tabel pengguna

CREATE TABLE `db_datamhs`.`tb_pengguna` (
`username` VARCHAR( 20 ) NOT NULL ,
`password` VARCHAR( 255 ) NOT NULL ,
`nama` VARCHAR( 30 ) NOT NULL ,
`login_terakhir` DATETIME NOT NULL ,
PRIMARY KEY ( `username` )
) ENGINE = MYISAM ;

dan hasil view struktur tabelnya seperti gambar berikut :

view tabel pengguna pada phpmyadmin

Menyisipkan data awal pengguna

Kemudian untuk simulasi ini saya input data awal secara manual melalui phpmyadmin (nanti kalo sudah ada adminnya baru dibuatkan menu untuk mengelola pengguna). Menambahnya bisa langsung tekan menu insert pada bagian atas informasi tabel pada phpmyadmin, seperti gambar :

insert data tabel pengguna pada phpmyadmin

atau dengan susunan query :

INSERT INTO `db_datamhs`.`tb_pengguna` (
`username`,`password`,`nama`,`login_terakhir`
) VALUES ('admin', MD5( '12345' ) , 'Nama Admin', '2012-08-08 23:49:35');

Dalam tabel pengguna saya tambahkan user dengan password MD5(`12345`), ini maksudnya nanti password akan disimpan dalam mode algoritma sistem acak md5(Message-Digest algorithm 5) sehingga password tidak tersimpan dalam bentuk aslinya `12345' tapi dikodekan khusus dalam 128-bit.

Pada tabel juga saya tambahkan field login_terakhir yang nanti digunakan sebagai tempat mencatat tanggal dan jam login terakhir.

Masih ada tahap berikutnya yaitu membuat proses login dan mengamankan setiap halaman yang terhubung dengan pengelolaan data mahasiswa. Ini akan saya bahas pada artikel berikutnya yaitu bagian 6.

Semoga Bermanfaat, kritik saran, koreksi, pertanyaan jangan sungkan anda sampaikan. Silahkan berbagi buat yang lain jika ini menurut anda baik.

Zainal Hakim

Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1 Bagian 2 - Bagian 3 - Bagian 4 - Bagian 5 - Bagian 6

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membagi halaman laporan dalam php
    Jumlah data dari mysql yang tampil dalam laporan yang dibuat dengan php tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja aplikasi web yang kita buat. Semakin banyak data, pasti prosesnya akan semakin lama dan tentunya agak sedikit menyulitkan orang yang membacanya.
  • Upload banyak file dengan php
    Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang bagaimana membuat form serta script upload file dengan php, tapi masih dengan cara melampirkan satu file saja. Berikut ini saya akan berbagi lagi tentang bagaimana jika yang di upload terdiri dari beberapa file dan judul yang dikirim secara bersamaan dengan php.
  • Membuat laporan dari php ke excel
    Dalam sebuah aplikasi berbasis web, biasanya kita diminta untuk menghasilkan laporan dalam berbagai format. Yang paling umum yaitu format html (langsung ditampilkan di browser), kemudian format pdf dan format excel.
  • Menghindari duplikat data dalam mysql dengan php
    Menghindari duplikat data dalam mysql bisa dilakukan dengan dua cara, pertama dengan mendefinisikan salah satu field/kolom sebagai primary key atau index, dan cara kedua adalah dengan membuat rutin perintah pengecekan data pada saat akan melakukan insert data. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat rutin perintah php yang digunakan untuk menghindari duplikat data dalam mysql.
  • Cara Installasi PHP di lingkungan windows
    PHP adalah bahasa scripting yang menyatu dengan HTML dan dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan pada server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasilnya saja.

Kiriman terbaru