Membuat file dengan php

Dengan php kita bisa melakukan operasi terhadap file yang berada dalam server. Operasi file yang bisa dilakukan diantaranya adalah menghapus file.  Operasi dasar yang digunakan untuk membuat file dengan php adalah fopen. Berikut contohnya :

<?php
   $filecontoh = 'file.txt';
   $handle = fopen($filecontoh, 'w') or die('Gagal membuat file :  '.$filecontoh); 
?>

Jika ingin menulis isi file bisa gunakan kode berikut

<?php
   $filecontoh  = 'file.txt';
   $handle = fopen($filecontoh , 'w') or die('Gagal membukua:  '.$filecontoh );
   $data = 'Ini contoh menulis isi tex kedalam file';
   fwrite($handle, $data);
?>

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1
    Pada artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkah secara lengkap membuat aplikasi data mahasiswa dengan php. Bahasan akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu Langkah Membuat database, Membuat koneksi database, membuat menu utama, membuat form input data, membuat proses simpan dan upload gambar, membuat laporan membuat pencarian, membuat delete data, membuat form update, membuat proses update, membuat tabel login, membuat proses login, dan terakhir membuat proses logout.
  • Membuat laporan dari php ke excel
    Dalam sebuah aplikasi berbasis web, biasanya kita diminta untuk menghasilkan laporan dalam berbagai format. Yang paling umum yaitu format html (langsung ditampilkan di browser), kemudian format pdf dan format excel.
  • Membuat function di php
    Function adalah kumpulan baris program yang digunakan untuk melakukan proses tertentu dengan tujuan yang sama. Function akan mengembalikan nilai atau hasil yang sudah diproses kepada rutin atau variabel yang menggunakannya. Function dibuat agar program utama dapat ditulis lebih sederhana dan pengulangan proses dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dalam php terdapat tiga jenis function yang bisa dijalankan yaitu User-defined, internal dan anonymous functions. Pada artikel berikut saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat function sediri (User Defined) dalam php.
  • Membuat clean url dengan htaccess dan php
    Apakah anda sudah pernah mendengar istilah clean url dalam php? Dan apakah sudah mencoba sendiri membuatnya? Jika belum inilah saatnya anda mengetahui dan mencoba menerapkannya dalam php. Apa clean url, keuntunganya serta bagaimana membuatnya, simak tulisan saya berikut ini.
  • Cara upload file dengan PHP Script
    Php memiliki fasilitas untuk mengirimkan file dari komputer pengguna melalui browser ke server sehingga kita tidak perlu lagi aplikasi khusus seperti ftp atau login ke panel hosting hanya untuk sekedar upload file biasa, dokumen, maupun gambar.

Kiriman terbaru