Membuat function di php

membuat function dalam php

Function adalah kumpulan baris program yang digunakan untuk melakukan proses tertentu dengan tujuan yang sama. Function akan mengembalikan nilai atau hasil yang sudah diproses kepada rutin atau variabel yang menggunakannya. Function dibuat agar program utama dapat ditulis lebih sederhana dan pengulangan proses dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dalam php terdapat tiga jenis function yang bisa dijalankan yaitu User-defined, internal dan anonymous functions. Pada artikel berikut saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat function sediri (User Defined) dalam php.

Apa saja jenis function dalam php?

Seperti pada penjelasan singkat saya diatas, bahwa dalam php terdapat 3 jenis function yaitu :

  1. User-defined
    Function jenis ini adalah fungsi yang dibuat sendiri oleh si programmer agar dapat melakukan proses sesuai dengan apa yang diinginkan. Artinya alur program akan diatur oleh logika yang disusun oleh si programmer
     
  2. Internal
    Internal function adalah fungsi bawaaan yang sudah disediakan oleh php. Contohnya : mysql_connect(), str_replace(), substr() dll. Penulisan yang salah dalam pemanggilan fungsi ini dapat menimbulkan pesan error pada saat program dijalankan.
     
  3. Anonymous functions
    Function jenis ini agak jarang digunakan karena scope kerjanya cukup kecil dan merupakan fungsi yang tidak bernama.
    Contohnya :
    <?php
    $greet = function($name)
    {
        printf("Hello %s\r\n", $name);
    };
    $greet('World');
    $greet('PHP');
    ?>

Bagaimana memanggil function dalam php?

Secara umum untuk memanggil function dalam php sangat mudah, misal kita ingin menggunakan fungsi ubah tulisan ke huruf kecil, maka penulisannya seperti berikut :

<?php
  $text = strtolower("HELLOOO");
?>

Ada beberapa kondisi juga sesuai fungsinya (untuk fungsi buatan) kita bisa panggil dengan cara :

<?php
  cetakHeader();
?>

Bagaimana membuat sendiri function?

Fungsi sendiri kita perlukan jika proses dilakukan secara berulang. Bisa berlaku untuk menuliskan ke layar atau sekedar melakukan proses dan mengembalikan nilainya ke program pemanggil. Contoh paling sederhana struktur function ditulis seperti berikut :

<?php
function coba1()
{
  //kode program
}
//contoh lain
function coba2($var)
{
  //kode program
  return $nilai; //mengembalikan nilai
}
//cara memanggilnya
coba1();
$var_a=coba2($var);
?>

Contoh implementasi secara lengkap misal dalam menuliskan text dan melakukan perhitungan :

<?php
//contoh fungsi menuliskan ke layar
function coba1()
{
  echo "<h1>Hello</h1>";
  echo "<hr />";
  echo "<p align=center>Contoh Function</p>";
}
//contoh melakukan perhitungan
function coba2($var1,$var2)
{
  $nilai=$var1+$var2;
  return $nilai; //mengembalikan nilai
}
//cara memanggilnya
coba1();
echo coba2(10,12);
?>

Dengan penulisan fungsi yang benar maka kita bisa menghemat waktu dan menyederhanakan penulisan bagian program utama.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Menghindari duplikat data dalam mysql dengan php
    Menghindari duplikat data dalam mysql bisa dilakukan dengan dua cara, pertama dengan mendefinisikan salah satu field/kolom sebagai primary key atau index, dan cara kedua adalah dengan membuat rutin perintah pengecekan data pada saat akan melakukan insert data. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat rutin perintah php yang digunakan untuk menghindari duplikat data dalam mysql.
  • Membuat koneksi database mysql dengan php
    Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat koneksi database mysql dengan php. Silahkan simak panduan singkatnya. Cara mudah Membuat koneksi database mysql dengan php
  • Masalah seputar upload file dengan php
    Minat terhadap bahasan tentang upload file dengan php kayanya sangat tinggi, ini saya lihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke situs saya ini mencari informasi tentang bagaimana membuat form upload, membuat upload ke database dll. Oleh karena itu saya akan berbagi informasi tentang hal yang sering terjadi pada saat membuat fasilitas upload file dengan php, mudahan ini berguna buat teman-teman yang sedang mendalaminya.
  • Menampilkan data mysql dalam list menu dengan php
    List menu atau yang sering disebut combo box adalah sebuah objek dalam form yang disediakan oleh HTML. List menu digunakan untuk menampilkan pilihan yang umumnya bersifat statis misal pilihan nama kota, nama kategori, jenis jabatan dll. Bagaimana seandainya kita ingin menampilkan pilihan dengan sumber datanya dari mysql? Saya akan jelaskan langkahnya pada artikel berikut.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1
    Pada artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkah secara lengkap membuat aplikasi data mahasiswa dengan php. Bahasan akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu Langkah Membuat database, Membuat koneksi database, membuat menu utama, membuat form input data, membuat proses simpan dan upload gambar, membuat laporan membuat pencarian, membuat delete data, membuat form update, membuat proses update, membuat tabel login, membuat proses login, dan terakhir membuat proses logout.

Kiriman terbaru