Membuat fungsi cek data mysql dengan php

Membuat fungsi cek data mysql dengan phpProses pengecekan apakah data sudah ada dalam database tentunya pasti kita lakukan berulang-ulang dalam sebuah aplikasi php. Untuk mempermudah proses pengecekannya kita memerlukan sebuah fungsi/function yang gampang dipanggil setiap saat.

Saya akan contohkan kasus sederhana misal kita akan membuat sebuah aplikasi nilai siswa yang melibatkan banyak tabel seperti siswa, guru, mata pelajaran, jadwal dan lainya.

Setiap anda ingin menambahkan data tentunya akan melakukan proses pengecekan apakah data yang ditambahkan sudah terdaftar atau belum. Umumnya untuk melakukan pengecekan seperti pada saat ingin menambah data siswa kita membuat perintah seperti berikut :

<?php
  $cekdata="select nis from tb_siswa where nis='$nis'";
  $ada=mysql_query($cekdata) or die(mysql_error());
  if(mysql_num_rows($ada)>0)
  { 
     die("NIS telah Terdaftar!"); 
  }
  else
  {
     //Simpan data
  }
?>

Dan kemudian pada saat anda ingin menambahkan data guru juga akan melakukan hal yang sama, begitu juga pada saat anda ingin menambah data mata pelajaran atau jadwal dan lainya. Berapa baris yang harus anda ketik, tentunya lumayan lah apalagi ada proses yang sama atau mirip selain tambah data. Bagaimana solusinya?

Membuat Function Cek Data

Secara mendasar kita tetap melakukan rutin pengecekan seperti biasa, tapi kita sederhanakan dengan membuat function yang lebih mudah sehingga kita bisa panggil lebih sederhana. Lihat function berikut :

<?php
function CheckKey($query)
{
   $ketemu=mysql_query($query);
   if(mysql_num_rows($ketemu)>0) 
   {
     return true;
   }
   else
   {
     return false;
   }
}
?>

Jika kita lihat function diatas digunakan untuk menerima sebuah query yang kita kirimkan dari sebuah proses, kemudian dijalankan dan hasilnya dikembalikan dalam status true atau false.

Cara Menggunakan Function Cek Data

Pada saat anda ingin menambah data siswa, anda tinggal panggil seperti berikut :

<?php
$nis="001"; //contoh
if(CheckKey("SELECT nis from tb_siswa WHERE nis='$nis'")==false)
{
   //simpan data
}
?>

Jika kita lihat pemanggilan fungsi diatas, kita mengirimkan sebuah query mengecek nis yang kemudian diproses dan mengembalikan nilai true atau false. Jika nilai kembalian fungsi CheckKey false berarti tidak ditemukan kunci yang sama sehingga kita bisa melanjutkan dengan proses simpan data.

Dan pada saat anda ingin menambah data guru anda panggil lagi dengan cara berikut :

<?php
$nip="001"; //contoh
if(CheckKey("SELECT nip from tb_guru WHERE nip='$nip'")==false)
{
   //simpan data
}
?>

Dan pada saat anda ingin menambah mata pelajaran, anda panggil lagi seperti berikut :

<?php
$kode="001"; //contoh
if(CheckKey("SELECT kodefrom tb_mapel WHERE kode='$kode'")==false)
{
   //simpan data
}
?>

Bisa anda bayangkan, berapa baris koding yang bisa kita sederhanakan?? Tunggu function berikutnya dari saya

Selamat Mencoba dan semoga bermanfaat.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Menghitung umur dengan php
    Menghitung umur dengan php. Sering kali jika kita membuat aplikasi web dengan php yang berhubungan dengan data personal seperti karyawan, siswa, mahasiswa, dan pasien kita ingin menampilkan informasi umur yang dihitung dari tanggal lahirnya. Berikut ini contoh kode singkat cara melakukan perhitungan umur dengan php.
  • Membuat koneksi database mysql dengan php
    Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat koneksi database mysql dengan php. Silahkan simak panduan singkatnya. Cara mudah Membuat koneksi database mysql dengan php
  • Menampilkan data mysql dalam list menu dengan php
    List menu atau yang sering disebut combo box adalah sebuah objek dalam form yang disediakan oleh HTML. List menu digunakan untuk menampilkan pilihan yang umumnya bersifat statis misal pilihan nama kota, nama kategori, jenis jabatan dll. Bagaimana seandainya kita ingin menampilkan pilihan dengan sumber datanya dari mysql? Saya akan jelaskan langkahnya pada artikel berikut.
  • Menyimpan data dalam banyak tabel bersamaan
    Jika anda membuat aplikasi php dan mysql yang menggunakan beberapa tabel database mungkin akan menemui proses menyimpan data ke dalam banyak tabel secara bersamaan dalam satu proses. Contoh sederhana membuat aplikasi php penjualan yang dalam prosesnya menyimpan data dalam tabel transaksi dan sub transaksi.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 3
    Proses tahap awal dari membuat database, tabel, membuat formulir input data mahasiswa, proses simpan dan upload photo mahasiswa sudah dilakukan pada artikel Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1 dan Bagian 2, sekarang membuat laporan hasil input data mahasiswa. Laporan ini akan dibuat menghubungkan kebeberapa bagian yaitu pencarian data mahasiswa, delete/menghapus data mahasiswa dan mengupdate data mahasiswa. Silahkan menyimak tahapan lanjutan berikut ini.

Kiriman terbaru