Membuat koneksi database mysql dengan php

Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat koneksi database mysql dengan php. Silahkan simak panduan singkatnya.

Silahkan copy kode berikut ke notepad atau editor lainnya :

<?php
//INI FILE KONFIGURASI UTAMA
$nama_server="localhost"; //setting nama server
$nama_database="db_tokoonline"; //setting nama database
$nama_user="root"; //setting nama user
$pass_user=""; //setting password
mysql_connect($nama_server,$nama_user,$pass_user) or die("<h1 align=center>Gagal</h1>");
//melakukan koneksi ke server dengan nama user dan password yang sudah dibuat

mysql_select_db($nama_database) or die("<h1 align=center>Gagal</h1>");
//memilih database yang akan digunakan
?>

Kemudian simpan dengan nama config.php

Untuk menggunakan file config tersebut, anda buat file baru lagi dan dan dibaris paling atas tambahkan perintah berikut :

<?php
   include("config.php");
?>

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 4
    Melanjutkan artikel saya tentang membuat aplikasi data mahasiswa yang sempat tertunda, sekarang saya lanjutkan membahas tentang bagaimana membuat form update data mahasiswa serta menyimpanya kembali kedalam tabel database mysql yang sudah saya buat.
  • Membuat pengecekan tanggal masa aktif dengan php
    Kasus pengecekan tanggal masa aktif sering kita temui pada beberapa aplikasi web dengan php seperti masa pendaftaran siswa baru, masa registrasi ulang, masa aktif berlangganan, masa aktif keanggotaaan, masa berlaku kartu dll. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat pengecekan tanggal masa aktif pada kasus waktu pendaftaran online dengan php.
  • Membuat pesan error sendiri dengan php
    Pesan error yang sering kita temui di lingkungan pemrograman php sangat beragam tergantung proses apa yang sedang dilakukan. Contoh paling gampang seperti gagalnya melakukan koneksi database, gagalnya menjalankan query, atau salahnya penggunaan sebuah function. Secara mendasar memang semua error akan muncul dilayar tanpa diminta dengan format seadanya (bawaan php). Bagaimana jika kita ingin membuat bentuk tampilan error sendiri?? ini bisa kita lakukan selama yang salah bukan cara penulisan phpnya. Caranya akan saya bahas pada artikel ini.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1
    Pada artikel ini saya akan menjelaskan langkah-langkah secara lengkap membuat aplikasi data mahasiswa dengan php. Bahasan akan saya bagi menjadi beberapa bagian yaitu Langkah Membuat database, Membuat koneksi database, membuat menu utama, membuat form input data, membuat proses simpan dan upload gambar, membuat laporan membuat pencarian, membuat delete data, membuat form update, membuat proses update, membuat tabel login, membuat proses login, dan terakhir membuat proses logout.
  • Membuat nomor urut harian dengan php
    Ada teman bertanya, bagaimana membuat nomor urut yang setiap hari kembali ke awal? Secara logic prosesnya cukup sederhana yaitu melakukan pengecekan pada tabel mysql yang sudah dibuat apakah ada data hari sesuai tanggal sistem. Jika ada maka ambil dan tambahkan nilainya, kemudian perbaharui datanya. Jika tidak ada maka buat record baru dengan?tanggal tersebut kemudian set nilai urutan 1.

Kiriman terbaru