Membuat koneksi database mysql dengan php

Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat koneksi database mysql dengan php. Silahkan simak panduan singkatnya.

Silahkan copy kode berikut ke notepad atau editor lainnya :

<?php
//INI FILE KONFIGURASI UTAMA
$nama_server="localhost"; //setting nama server
$nama_database="db_tokoonline"; //setting nama database
$nama_user="root"; //setting nama user
$pass_user=""; //setting password
mysql_connect($nama_server,$nama_user,$pass_user) or die("<h1 align=center>Gagal</h1>");
//melakukan koneksi ke server dengan nama user dan password yang sudah dibuat

mysql_select_db($nama_database) or die("<h1 align=center>Gagal</h1>");
//memilih database yang akan digunakan
?>

Kemudian simpan dengan nama config.php

Untuk menggunakan file config tersebut, anda buat file baru lagi dan dan dibaris paling atas tambahkan perintah berikut :

<?php
   include("config.php");
?>

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat pengecekan tanggal masa aktif dengan php
    Kasus pengecekan tanggal masa aktif sering kita temui pada beberapa aplikasi web dengan php seperti masa pendaftaran siswa baru, masa registrasi ulang, masa aktif berlangganan, masa aktif keanggotaaan, masa berlaku kartu dll. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana membuat pengecekan tanggal masa aktif pada kasus waktu pendaftaran online dengan php.
  • Membuat upload video dengan php
    Secara teknik dasar membuat form upload untuk video tidak berbeda dengan cara membuat form upload gambar yang sudah saya tulis pada tutorial sebelumnya. Hanya berbeda pada bagian proses menangani file yang diupload ke server.
  • Membuat database dan tabel mysql dengan php
    Cara umum membuat database dan tabel mysql menggunakan command line di mysql atau dengan alat bantu seperti phpmyadmin atau aplikasi pengelola mysql lainya. Bagaimana jika kita ingin menyusun sendiri proses pembuatan database dan tabel tersebut dengan php? Proses ini akan diperlukan jika kita ingin membuat sebuah paket aplikasi yang dilengkapi dengan tahapan installasi seperti aplikasi CMS.
  • Perintah include dan require dalam php
    Perintah require() dan include() dalam php digunakan untuk menyisipkan isi file tertentu menjadi bagian file yang memanggilnya. Keduanya sangat identik dalam banyak hal, kecuali cara penanganan kegagalan. include() menghasilkan suatu peringatan, sedangkan require() menghasilkan pesan kesalahan Fatal Error.
  • Fungsi break dan continue dalam php
    Fungsi break dalam php digunakan untuk menghentikan proses yang dilakukan oleh perintah php : for, foreach, while, do-while atau switch. Sedangkan continue digunakan untuk melanjutkan proses pada perintah perulangan for dengan php. Kedua fungsi ini (break dan continue) memang tidak selalu digunakan, karena setiap kasus mungkin saja berbeda keperluan. Pada kasus seperti apa anda memerlukan fungsi break dan continue?

Kiriman terbaru