Membuat laporan dari php ke excel

Membuat laporan php ke excelDalam sebuah aplikasi berbasis web, biasanya kita diminta untuk menghasilkan laporan dalam berbagai format. Yang paling umum yaitu format html (langsung ditampilkan di browser), kemudian format pdf dan format excel. Semuanya bertujuan untuk memudahkan pengelolaan data lebih lanjut ke berbagai keperluan. Berikut ini saya akan berbagi tentang cara mudah membuat laporan dari php ke excel.

Kalau anda browsing, dan sudah mencari toturial bagaimana membuat laporan dari php ke excel mungkin akan menemukan banyak cara, dari yang menggunakan komponen khusus sampai yang paling sederhana. Semua cara yang disampaikan tentunya sudah pernah dicoba oleh penulisnya, hanya saja cara menuliskan kode programnya yang berbeda.

Pada tulisan ini saya akan menjelaskan singkat saja, tidak perlu modifikasi banyak terhadap laporan yang mungkin anda sudah buat, cukup menambahkan beberapa baris.

Misal anda punya sebuah laporan data pegawai, atau data barang yang sudah anda buat sebelumnya seperti berikut :

Contoh Laporan Data Pegawai

Mungkin saja punya anda lebih rumit lagi, tapi ada beberapa bagian laporan yang tidak perlu anda export ke excel, yang artinya anda harus membuang bagian-bagian yang tidak perlu tersebut. Contoh pada gambar diatas, di laporan excel nanti tidak perlu ada kolom tandai, tidak perlu tombol tambah data, dan tidak perlu ada bagian pencarian. Oleh karena itu anda harus membuangnya.

Sebelum membuang bagian-bagian yang tidak perlu tersebut (untuk membuat laporan excel), anda sebaiknya simpan dengan nama berbeda, misal laporan-excel.php (ini penting karena yang akan kita tambahkan script excel adalah file yang sudah kita ubah tersebut). Sehingga hasil akhir tampilanya dengan nama file laporan-excel.php seperti gambar berikut :

contoh laporan data pegawai

Setelah anda simpan di file berbeda dan tampilan yang berbeda, tinggal kita tambahkan perintah php berikut pada paling atas script laporan anda :

<?php
header("Content-type: application/octet-stream");
header("Content-Disposition: attachment; filename=contoh-pegawai.xls");//ganti nama sesuai keperluan
header("Pragma: no-cache");
header("Expires: 0");
//disini script laporan anda
?>

Perintah diatas, tujuanya adalah mengenalkan laporan anda pada prowser sebagai file excel dengan ekstensi xls. Sehingga pada saat halaman laporan dengan nama laporan-excel.php anda jalankan, maka browser akan mengirim laporan bukan bentuk tampilan, tapi dalam bentuk file excel. File excel ini bisa dikenali baik oleh apllikasi MS. Excel semua versi.

Silahkan anda dowload Contoh Membuat laporan dari php ke excel ini.

Gampang kan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Cara membuat dan menjalankan PHP
    Cara membuat dan menjalankan PHP. Untuk membuat file php kita bisa gunakan editor apa saja yang penting dapat menyimpan dalam format text, disini saya akan gunakan editor sederhana yang ada dilingkungan windows yaitu notepad.
  • Mengatur format tanggal dalam php
    PHP telah menyediakan fungsi untuk menampilkan tanggal dalam berbagai format yang dituliskan dalam bahasa inggris. Bagaimana jika kita perlu menampilkan tanggal dalam format indonesia? Artikel berikut akan menjelaskan beberapa format tanggal dalam php dan cara menampilkannya. SIlahkan anda simak.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 3
    Proses tahap awal dari membuat database, tabel, membuat formulir input data mahasiswa, proses simpan dan upload photo mahasiswa sudah dilakukan pada artikel Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1 dan Bagian 2, sekarang membuat laporan hasil input data mahasiswa. Laporan ini akan dibuat menghubungkan kebeberapa bagian yaitu pencarian data mahasiswa, delete/menghapus data mahasiswa dan mengupdate data mahasiswa. Silahkan menyimak tahapan lanjutan berikut ini.
  • Mengubah format tanggal mysql menjadi indonesia dalam php
    Anda mungkin sudah mengetahui kalau format tanggal yang disimpan dalam database mysql adalah tahun-bulan-tanggal. Pada saat kita menampilkan data tanpa ada perintah perubahan seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang mengubah tampilan format tanggal mysql, maka tentunya output ke layar akan tetap sama
  • Membuat paging dengan combo box
    Membuat paging dengan combo box. Sebelumnya saya menulis tentang bagaimana membuat paging sederhana dengan cara menampilkan nomor halaman sebagai pilihan halamanya. Dengan cara tersebut untuk kasus data yang sedikit tidak bemasalah karena pilihan halaman tentunya juga sedikit, akan tetapi pada kasus data yang banyak mungkin ribuan bahkan lebih akan bermasalah karena pilihan halaman akan sangat banyak. Ada beberapa alternatif agar lebih mudah, salah satunya dengan membuat pilihan halaman dalam list/menu atau yang sering disebut combo box.

Kiriman terbaru