Membuat nilai random dengan php

PHP telah menyediakan function yang dapat digunakan untuk mengambil nilai secara acak/random dalam batasan nilai tertingi dan terendah, caranya sangat mudah. Lihat kode singkat berikut.

<?php
//fungsi dasarnya adalah rand(nilai_min,nilai_max);
echo "Nilai random yang dihasilkan adalah = ".rand(100,1000);
?>

Setiap kali fungsi rand dipanggil, maka akan menghasilkan nilai seacra acak dari nilai miniman dan nilai maksimal seperti contoh diatas.

Nilai random ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti nomor pendaftaran, kode validasi dll.

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Cara memotong gambar dengan php
    PHP dapat melakukan operasi manipulasi sebuah gambar yang sudah dikirim/upload ke server. Gambar dapat dipotong, diubah ukuran, ditambahkan tulisan dll.
  • Membuat layout sederhana dengan css
    Berikut ini saya akan berbagi tentang cara membuat layout/tampilan halaman web sederhana dengan html dan css. Layout yang saya buat sangat sederhana dengan susunan 2 kolom yang dilengkapi pula dengan header, menu pada bagian atas serta bagian footer. Silahkan anda simak berikut.
  • Menghitung jumlah hari dalam 1 bulan
    Jumlah hari pada tiap bulan bisa berbeda, ada yang 29, 30 dan ada yang 31. Kita bisa menghitung jumlah hari pada bulan tertentu dengan php. Silahkan simak kode singkat berikut.
  • Memformat angka dengan php
    Nilai yang dihasilkan dalam perhitungan di php bisa kita format sesuai keperluan dengan menggunakan fungsi number_format(). Berikut contoh penggunaanya.
  • Menggunakan session dalam PHP
    Session PHP adalah sebuah variabel yang dapat digunakan untuk menyimpan sebuah informasi atau nilai. Masing-masing session yang sudah dibuat hanya berlaku untuk satu pengguna yang sedang aktif, session ini bersifat global dan dapat dipanggil setiap saat

Kiriman terbaru