Membuat tabel dengan dreamweaver

Membuat tabel dengan dreamweaverDreamweaver menyediakan fasilitas yang sangat mudah dalam membantu para web desainer untuk menerapkan kreatifitasnya dalam hal desain visual halaman web termasuk penyusunan tabel dalam berbagai bentuk. Bagi anda yang baru mulai belajar dengan dreamweaver mungkin perlu baca tutorial berikut. Saya akan berbagi tentang bagaimana membuat tabel dengan dreamweaver.

Pada tutorial kali ini saya akan membantu anda membuat beberapa bentuk tabel sederhana untuk keperluan data pegawai.

Langkah pertama 

SIlahkan jalankan dreamweaver, anda bisa gunakan dreamweaver versi apa saja boleh Dreamweaver versi 8, CS1, CS2, CS3, CS4, CS5, atau CS6 (Secara umum fasilitas dasarnya sama)

Pilih jenis file dreamweaver

Biasanya akan muncul tampilan pilihan file seperti berikut, untuk contoh ini kita pilih yang basic yaitu HTML.

Setelah itu anda akan masuk ke halaman utama desain web dengan dreamweaver.

Langkah kedua

Kita akan mulai mendesain tampilan tabelnya, sebelumnya anda bisa tambahkan judul tabel terlebih dahulu dengan format heading 1.

tabel dengan dreamweaver

Kemudian, kita mulai memasukkan tabel. Ada 3 cara memasukkan tabel dalam dreamweaver, bisa menggunakan menu insert - tabel, bisa juga dengan menekan tombol keyboard CTRL+ALT+T, atau klik ikon pada tab insert - common.

 tabel dengan dreamweaver

 Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas. Ada beberapa bagian yang harus kita isi, yaitu :

  1. Rows : diisikan dengan nilai jumlah baris yang kita perlukan, misal 5 baris
  2. Columns : diisikan dengan nilai jumlah kolom, misal 4 kolom
  3. Tabel Width : diisikan dengan nilai lebar tabel. Lebar bisa kita tentukan dalam pixel layar yang artinya fix tidak berubah dalam pengecilan ukuran browser berapapun. Kita bisa juga membuat dengan percent yang artinya bisa berubah-ubah tergantung lebar layar pada browser yang kita gunakan. Misal kita buat pakai pixel saja.
  4. Border Thickness : diisikan nilai ketebalan garis, bisa 0 (tidak menggunakan garis) atau 1 (garis standard)
  5. Cell padding : diisikan nilai jarak antara garis cell dengan objek didalamnya
  6. Cell spacing : diisikan nilai jarak antara tiap cell
  7. Header : ini pilihan letak header (judul baris atau kolom). Jika kita pilih yang pertama, maka tabel tidak langsung mengatur letak header, pilihan left maka judul disediakan pada kolom kiri dst.
  8. Caption : ini untuk judul tabel (boleh tidak diisi)
  9. Align caption : posisi judul (boleh tidak diisi)
  10. Summary : keterangan tabel (boleh tidak diisi)

Lalu tekan oke. Maka akan muncul hasil sebuah tebel seperti berikut :

tabel dengan dreamweaver

Langkah ketiga

Sekarang kita mulai, mengisikan judul tabelnya misal seperti gambar berikut :

tabel dengan dreamweaver

Sekarang anda bisa isikan data pegawainya, jika perlu penambahan baris anda bisa menekan tombol TAB pada bagian baris dan kolom terakhir. Atau jika ingin menambah baris atau kolom dengan jumlah tertentu anda bisa klik kanan pada baris atau kolom yang ingin ditambahkan, lihat gambar :

tabel dengan dreamweaver

Anda juga bisa menghapus kolom atau baris pada menu tersebut.

Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengatur warna tabel dengan dreamweaver
    Sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana membuat tabel dengan dreamweaver, berikut ini lanjutanya tentang bagaimana mengatur warna tabel dengan dreamweaver. Saya akan bahas tentang cara memberi warna pada tabel utama, mengganti warna baris atau kolom, mengganti posisi serta pengaturan lainnya yang berhubungan dengan tabel menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.
  • Membuat menu dengan icon seperti akun google
    Membuat menu seperti akun google. Yang punya akun google pasti sudah kenal tampilan menu seperti disamping ini. Jika anda sudah masuk ke layanan akun google, dan masuk ke menu produk maka akan terlihat menu layanan yang anda gunakan dalam bentuk daftar nama layanan serta ikon gambar kecil disampingnya.
  • Apakah menggunakan css lebih baik dari sisi SEO?
    Anda pasti sudah sering mengunjungi situs-situs ternama yang anda temukan melalui bantuan mesin pencari seperti google atau bing. Situs tersebut masuk pada halaman pertama hasil pencarian. Tampilanya terkadang terlihat cukup sederhana, tidak banyak gambar dan tampilnya sangat cepat.
  • Mengedit gambar dengan Adobe Dreamweaver CS3
    Mengedit gambar dengan Adobe Dreamweaver CS3. Tahukah anda bahwa Adobe Dreamweaver selain digunakan untuk menyusun layout halaman web dan menuliskan kode program berbasis web, juga bisa digunakan untuk mengedit gambar yang disisipkan dalam halaman web tersebut. Simak caranya berikut.
  • Software WYSIWYG Editor untuk pembuatan halaman web
    WYSIWYG cenderung identik dengan sebuah program aplikasi visual yang digunakan untuk membuat/menuliskan kode program atau dokumen yang berisi rangkaian perintah-perintah yang hanya akan muncul setelah dijalankan dengan bantuan program lain seperti browser

Kiriman terbaru