Memindah/Menduplikat data antar tabel mysql

Menduplikat data antar tabel mysqlKadang kita perlu memindah atau memindah/menduplikat data dari tabel satu ke tabel lainya. Hal ini bisa kita lakukan dengan sangat mudah tanpa harus melakukan input ulang datanya. Berikut saya ingin berbagi cara menduplikat data antar tabel mysql.

Contoh sederhana, anda buat aplikasi penerimaan siswa baru. Kemudian anda merancang beberapa tabel yang diantaranya ada tabel calon siswa yang digunakan untuk menampung data calon siswa yang mendaftar. Tabel ini sifatnya hanya sementara sebelum si calon siswa benar-benar diterima. Setelah diterima maka data calon siswa tersebut anda pindah ke tabel siswa yang nanti akan digunakan untuk proses lainya seperti akademik dll.

Kalo dilihat kasusnya, kan tidak mungkin data siswa harus diinput manual lagi, sehingga perlu proses pemindahan data yang mungkin dilakukan pada saat registrasi ulang. Proses pemindahan data tersebut bisa dilakukan tersendiri atau melalui proses input data tambahan.

Contoh susunan tabel yang akan di duplikat/dicopy

Tabel calon siswa : nomorpendaftaran, nama, tempatlahir, tgllahir, alamat, dll

Tabel siswa : nis, nama, tempatlahir, tgllahir, alamat, namaorangtua, dll

Dari kedua tabel diatas kita akan memindah data dari tabel calon siswa ke tabel siswa yang fieldnya meliputi : nama, tempatlahir, tgllahir, alamat. Untuk nis akan di generate/dibuat pada saat input registrasi ulang.

Untuk melakukanya anda cukup membuat query seperti berikut :

insert into tb_siswa(nama, tempatlahir, tgllahir, alamat) select nama, tempatlahir, tgllahir, alamat from tb_calon_siswa

Dengan cara diatas, maka proses registrasi ulang tidak perlu melakukan input data nama dll lagi cukup menyisipkan field yang memang tidak tersedia pada proses awal input tabel calon siswa.

Contoh kasus lain penerapan pemindahan/duplikat data ini mungkin akan sering anda temui pada kasus-kasus lain seperti backup data, rekap data dll.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Cara membuat database dan table mysql dengan phpmyadmin
    Php merupakan bahasa script yang sangat kompatibel dengan bermacam database, salah satunya adalah mysql. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana mengelola database dan table mysql dengan bantuan phpmyadmin yang berbasis web.
  • Mengambil dan menyimpan tanggal otomatis mysql
    Mengambil dan menyimpan tanggal otomatis mysql sering kita perlukan dalam sebuah transaksi data. Misal pada saat anda menyimpan data ingin menyisipkan sebuah field tanggal yang isinya adalah tanggal dan jam otomatis sesuai waktu input data.
  • Jenis query pada mysql
    Mysql query adalah perintah atau instruksi yang dapat digunakan untuk mengelola database atau tabel mysql. Query juga dikenal dengan SQL (Structured Query Language) yang artinya adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini merupakan bahasa standar yang digunakan dalam mengelola basis data atau database. Secara umum ada 2 jenis query pada mysql yaitu DML dan DML.
  • Mengapa Menggunakan MySQL?
    MySQL merupakan salah satu database yang paling banyak digunakan dalam membangun aplikasi berbasis desktop maupun berbasis web. Alasan umum mengapa menggunakan MySQL adalah karena database ini bersifat Open Source
  • Membuat database mysql dalam cpanel hosting
    Pada artikel berikut, saya akan berbagi informasi tentang bagaimana membuat database mysql dalam cpanel hosting. Informasi ini mungkin anda perlukan jika suatu saat ingin menempatkan aplikasi web atau membangun sebuah website dengan php dalam sebuah hosting di internet. Silahkan simak berikut ini.

Kiriman terbaru