Menampilkan latar gambar/background secara acak dengan php

Random BackgroundMetode yang saya gunakan untuk menampilkan gambar latar secara acak adalah menggunakan PHP dan CSS.

Singkat saja, pertama kita menyiapkan beberapa gambar untuk background dengan format nama file bg-01.jpg, bg-02.jpg  dst  kemudian disimpan dengan dalam 1 folder misal images.

Kemudian kita membuat/menyisipkan kode php pada bagian halamannya, karena kodenya php digabung dengan css maka meletakkan kodenya pada bagian <head></head> atau sebelum <body>.

Sisipkan perintah berikut :

<?php
  $bg = array('images/bg-01.jpg', 'images/bg-02.jpg', 'images/bg-03.jpg', 'images/bg-04.jpg', 'images/bg-05.jpg'); // kita masukkan gambar dalam susunan array
  $i = rand(0, count($bg)-1); // melakukan acak angka sejumlah gambar dalam array
  $latargambar = "$bg[$i]"; // memindah hasil acak kedalam variabel latargambar
?>

Kemudian kita tambahkan css untuk menampilkan latar gambar dengan kode berikut :

<style type="text/css">
body{
   background: url("<?php echo $latargambar ; ?>");
}
</style>

Lihat demo

Anda juga bisa kembangkan ke model database sehingga nama-nama file gambar tersimpan dalam database dan dipanggil secara acak

Selamat berkreasi

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 4
    Melanjutkan artikel saya tentang membuat aplikasi data mahasiswa yang sempat tertunda, sekarang saya lanjutkan membahas tentang bagaimana membuat form update data mahasiswa serta menyimpanya kembali kedalam tabel database mysql yang sudah saya buat.
  • Perintah php mysql
    PHP telah menyediakan banyak perintah fungsi bawaan yang bisa kita gunakan dalam membuat aplikasi web. Fungsi-fungsi tersebut juga sangat beragam dari pengolahan string, pengolahan dan manipulasi gambar, sampai melakukan komunikasi dengan database. PHP juga mendukung banyak database tidak terkecuali MySql. Apa saja perintah php mysql?
  • Membuat function di php
    Function adalah kumpulan baris program yang digunakan untuk melakukan proses tertentu dengan tujuan yang sama. Function akan mengembalikan nilai atau hasil yang sudah diproses kepada rutin atau variabel yang menggunakannya. Function dibuat agar program utama dapat ditulis lebih sederhana dan pengulangan proses dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dalam php terdapat tiga jenis function yang bisa dijalankan yaitu User-defined, internal dan anonymous functions. Pada artikel berikut saya akan menjelaskan tentang bagaimana membuat function sediri (User Defined) dalam php.
  • Cara upload file dengan PHP Script
    Php memiliki fasilitas untuk mengirimkan file dari komputer pengguna melalui browser ke server sehingga kita tidak perlu lagi aplikasi khusus seperti ftp atau login ke panel hosting hanya untuk sekedar upload file biasa, dokumen, maupun gambar.
  • Cara menampilkan gambar dari database mysql dengan php
    Artikel ini akan membahas tentang bagaimana menampilkan gambar yang sudah diupload kedalam database mysql. Bahasa yang digunakan adalah PHP. Cara pembuatanya sangat sederhana sama dengan membuat laporan php biasa

Kiriman terbaru