Mengapa Menggunakan MySQL?

Menggapa menggunakan mysqlMySQL merupakan salah satu database yang paling banyak digunakan dalam membangun aplikasi berbasis desktop maupun berbasis web. Alasan umum mengapa menggunakan MySQL adalah karena database ini bersifat Open Source sehingga dapat digunakan olah siapapun tanpa dibebani biaya lisensi yang lumayan tinggi. Selain alasan itu, ada yang bilang kalo MySql mampu menangani data yang cukup besar dan memiliki kecepatan yang stabil. Selain beberapa alasan serta pertimbangan diatas, ada beberapa alasan lagi yang patut anda ketahui.

Alasan mengapa menggunakan MySQL

  1. Dapat bekerja di beberapa platform yang berbeda, seperti LINUX, Windows, MacOS dll.
  2. Dapat dijadikan aplikasi database yang portable dan memiliki ukuran database yang cukup kecil.
  3. MySQL dapat diperoleh dengan mudah dan gratis.
  4. Sintaksnya lebih mudah dipahami dan tidak rumit serta Pengaksesan database dapat dilakukan dengan mudah.
  5. Memiliki lebih banyak type data seperti : signed/unsigned integer yang memiliki panjang data sebesar 1,2,3,4 dan 8 byte, FLOAT, DOUBLE, CHAR, VARCHAR, TEXT, BLOB, DATE, TIME, DATETIME, TIMESTAMP, YEAR, SET dan tipe ENUM.
  6. Mendukung penuh terhadap perintah/query SQL GROUP BY dan ORDER BY. Mendukung fungsi ( COUNT ( ),COUNT (DISTINCT), AVG ( ), STD ( ), SUM ( ), MAX ( ) AND MIN ( ) ).
  7. Mendukung terhadap LEFT OUTHER JOIN dengan ANSI SQL dan sintak ODBC.
  8. Dapat dengan mudah di Backup dan Restore database dari satu sistem ke sistem yang lain.
  9. Mendukung ODBC(Open Database Connectivity) dalam lingkungan Windows. Sebagai contoh kita dapat menggunakan Access untuk connect ke MySQL server.
  10. MySQL merupakan program yang multithreaded, sehingga dapat dipasang pada server yang memiliki multiCPU.
  11. Dapat dikoneksikan dengan banyak bahasa pemrograman seperti bahasa C, C++, Java, Perl, PHP dan Python.
  12. Privilege (hak) dan password sangat fleksibel dan aman serta mengijinkan ‘Host-Based’ Verifikasi.

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Jenis query pada mysql
    Mysql query adalah perintah atau instruksi yang dapat digunakan untuk mengelola database atau tabel mysql. Query juga dikenal dengan SQL (Structured Query Language) yang artinya adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini merupakan bahasa standar yang digunakan dalam mengelola basis data atau database. Secara umum ada 2 jenis query pada mysql yaitu DML dan DML.
  • Cara import export mysql database
    Cara import export mysql database - Anda mungkin pernah bermasalah dengan memindah website, blog atau aplikasi yang dibuat dengan php mysql ke komputer lain atau internet? Trus web atau aplikasi tersebut memiliki database mysql yang juga harus dipindah? Bagaimana cara memindahnya? Kali ini saya akan berbagi cara impor export mysql database tersebut.
  • Menggabung beberapa field dalam query saat ditampilkan
    Pada tulisan ini saya akan berbagi tentang bagaimana menggabung beberapa field database saat ditampilkan ke layar. Untuk melakukan hal ini saya menggunakan teknik penggabungan field dengan fungsi string yang tersedia dalam mysql database.
  • Membuat database mysql dalam cpanel hosting
    Pada artikel berikut, saya akan berbagi informasi tentang bagaimana membuat database mysql dalam cpanel hosting. Informasi ini mungkin anda perlukan jika suatu saat ingin menempatkan aplikasi web atau membangun sebuah website dengan php dalam sebuah hosting di internet. Silahkan simak berikut ini.
  • Menampilkan data dengan kriteria tertentu pada mysql
    Seringkali dalam membuat laporan tabel mysql, kita memerlukan output dengan kriteria tertentu misal tanggal, nilai, atau juga karakter. Saya akan berbagi informasi bagaimana melakukan itu dengan query dalam mysql.

Kiriman terbaru