Mengatur format tulisan dalam dreamweaver

mengatur format tulisan dengan dreamweaver

Mungkin masih ada yang bingung cara pengoperasian serta fungsi property bar untuk tulisan yang ada pada dreamweaver. Pada tutorial berikut ini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk membuat tulisan serta cara mengaturnya dengan dreamweaver.

Langkah pertama buatlah tulisan pada area kerja dreamweaver.

membuat tulisan

Kemudian tulisannya dipilih semua

memilih tulisan

kemudian lihat pada bagian property bar yang ada pada bagian bawah.

property bar

Property bar seperti gambar diatas, digunakan untuk mengatur semua objek yang kita sudah pilih di area kerja.

Di Property bar tersedia banyak pilihan yaitu :

  1. Format 
    pilihan format
    Bagian ini digunakan untuk mengatur format tulisan dengan pilihan paragraf (<p>), heading 1 (<h1>..</h1>) s/d heading 6 (<h6>..<h6>) dan preformatted (untuk menampilkan jeniskode)
  2. Font dan Size
    jenis tulisan
    Font digunakan untuk mengatur jenis tulisan, sedangkan size untuk ukuran tulisannya.
  3. Style
    pilihan style
    Ini digunakan untuk mengatur objek tulisan sesuai dengan css yang sudah dibuat. Pada bagian ini kita juga bisa menyisipkan style eksternal yang ada di file css lain.
  4. Warna, posisi tulisan
    warna dan posisi tulisan
    Bagian ini digunakan untuk mengatur warna tulisan, tebal dan miring tulisan, pengaturan rata kiri, rata tengah, kanan dan rata kiri kanan (justify). Pada bagian kanan bawahnya jga ada fasilitas untuk membuat list item dengan simbol atau angka. Kemudian mengatur tulisan masuk ke kanan dan ke kiri. Dan terakhir dibagian gambar terlihat page properties yang digunakan untuk mengatur tampilan halaman secara keseluruhan.

 Sekarang pilih salah satunya, misal kita pilih heading 1 untuk megatur tulisan menjadi heading yang biasanya dibuat untuk judul halaman, kemudian pilih warnanya. Hasilnya :

hasil tulisan

Anda bisa coba fasilitas yang lain seperti paragraf, heading, pilihan font/bentuk tulisan serta tombol lainya.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

Baca juga :

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengedit gambar dengan Adobe Dreamweaver CS3
    Mengedit gambar dengan Adobe Dreamweaver CS3. Tahukah anda bahwa Adobe Dreamweaver selain digunakan untuk menyusun layout halaman web dan menuliskan kode program berbasis web, juga bisa digunakan untuk mengedit gambar yang disisipkan dalam halaman web tersebut. Simak caranya berikut.
  • Tampilan web terbaik
    Jika saya ditanya apa tampilan web terbaik? saya pasti akan menjawab panjang lebar tentang tampilan web terbaik karena banyak faktor yang harus kita lihat, dan tentunya pasti ada tampilan web terbaik dan tampilan web terburuk.
  • Apakah menggunakan css lebih baik dari sisi SEO?
    Anda pasti sudah sering mengunjungi situs-situs ternama yang anda temukan melalui bantuan mesin pencari seperti google atau bing. Situs tersebut masuk pada halaman pertama hasil pencarian. Tampilanya terkadang terlihat cukup sederhana, tidak banyak gambar dan tampilnya sangat cepat.
  • Membuat tabel dengan dreamweaver
    Dreamweaver menyediakan fasilitas yang sangat mudah dalam membantu para web desainer untuk menerapkan kreatifitasnya dalam hal desain visual halaman web termasuk penyusunan tabel dalam berbagai bentuk. Bagi anda yang baru mulai belajar dengan dreamweaver mungkin perlu baca tutorial berikut. Saya akan berbagi tentang bagaimana membuat tabel dengan dreamweaver.
  • Membuat form dengan dreamweaver
    Membuat form dengan dreamweaver. Anda yang sudah terbiasa membuat form dengan aplikasi bukan visual (murni mengetik html), sepertinya perlu mempertimbangkan kembali dari segi efektifitas waktu membuat koding form. Karena banyak sekali pilihan aplikasi yang sudah tersedia lengkap dengan fitur-fitur super praktis yang dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat, salah satunya adalah dreamweaver.

Kiriman terbaru