Mengatur format tulisan dalam dreamweaver

mengatur format tulisan dengan dreamweaver

Mungkin masih ada yang bingung cara pengoperasian serta fungsi property bar untuk tulisan yang ada pada dreamweaver. Pada tutorial berikut ini saya akan menjelaskan langkah-langkah untuk membuat tulisan serta cara mengaturnya dengan dreamweaver.

Langkah pertama buatlah tulisan pada area kerja dreamweaver.

membuat tulisan

Kemudian tulisannya dipilih semua

memilih tulisan

kemudian lihat pada bagian property bar yang ada pada bagian bawah.

property bar

Property bar seperti gambar diatas, digunakan untuk mengatur semua objek yang kita sudah pilih di area kerja.

Di Property bar tersedia banyak pilihan yaitu :

  1. Format 
    pilihan format
    Bagian ini digunakan untuk mengatur format tulisan dengan pilihan paragraf (<p>), heading 1 (<h1>..</h1>) s/d heading 6 (<h6>..<h6>) dan preformatted (untuk menampilkan jeniskode)
  2. Font dan Size
    jenis tulisan
    Font digunakan untuk mengatur jenis tulisan, sedangkan size untuk ukuran tulisannya.
  3. Style
    pilihan style
    Ini digunakan untuk mengatur objek tulisan sesuai dengan css yang sudah dibuat. Pada bagian ini kita juga bisa menyisipkan style eksternal yang ada di file css lain.
  4. Warna, posisi tulisan
    warna dan posisi tulisan
    Bagian ini digunakan untuk mengatur warna tulisan, tebal dan miring tulisan, pengaturan rata kiri, rata tengah, kanan dan rata kiri kanan (justify). Pada bagian kanan bawahnya jga ada fasilitas untuk membuat list item dengan simbol atau angka. Kemudian mengatur tulisan masuk ke kanan dan ke kiri. Dan terakhir dibagian gambar terlihat page properties yang digunakan untuk mengatur tampilan halaman secara keseluruhan.

 Sekarang pilih salah satunya, misal kita pilih heading 1 untuk megatur tulisan menjadi heading yang biasanya dibuat untuk judul halaman, kemudian pilih warnanya. Hasilnya :

hasil tulisan

Anda bisa coba fasilitas yang lain seperti paragraf, heading, pilihan font/bentuk tulisan serta tombol lainya.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

Baca juga :

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Kriteria Desain web atau blog yang baik
    Sebuah website dapat dinilai memiliki desain yang baik apabila memenuhi kriteria penilaian tertentu yang mungkin saja berbeda tergantung dari sudut pandang penilai. Meskipun demikian, secara umum terdapat lima kriteria desain website/blog yang baik yang bisa digunakan sebagai acuan bagi Anda untuk membuat desain website/blog Anda sendiri atau hanya sekedar memperbaiki desain website/blog yang sedang Anda gunakan.
  • Cara mengganti jenis huruf di blog atau website dengan font unik dengan cufon font
    Dengan kemajuan teknologi web yang sangat pesat, sekarang jenis tulisan atau font untuk web atau blog sudah bisa diganti sesuai keinginan. Kalau sebelumnya jenis tulisan yang ada di blog atau web kita hanya sebatas font atau jenis tulisan standar yang ada diinternet saja, kini sudah bisa lebih variasi sesuai selera pemilik blog atau webnya.
  • Kombinasi warna dalam desain website
    Kombinasi warna pada desain website adalah salah satu komponen yang sangat penting. Seorang desainer yang sudah memiliki "jam terbang" cukup tinggi sangat mengetahui pentingnya kombinasi warna dan hati-hati dalam memilih warna. Akan tetapi, hal ini tentu sangat berbeda bagi mereka yang baru terjun dalam masalah desain. Warna apa yang cocok untuk website tertentu, bagaimana membuat kombinasi dari beberapa warna agar sesuai dengan tema yang dibuat, adalah sebagian dari banyak masalah warna.
  • Mengatur warna tabel dengan dreamweaver
    Sebelumnya saya sudah membahas tentang bagaimana membuat tabel dengan dreamweaver, berikut ini lanjutanya tentang bagaimana mengatur warna tabel dengan dreamweaver. Saya akan bahas tentang cara memberi warna pada tabel utama, mengganti warna baris atau kolom, mengganti posisi serta pengaturan lainnya yang berhubungan dengan tabel menggunakan fasilitas yang sudah disediakan.
  • Membuat form dengan dreamweaver
    Membuat form dengan dreamweaver. Anda yang sudah terbiasa membuat form dengan aplikasi bukan visual (murni mengetik html), sepertinya perlu mempertimbangkan kembali dari segi efektifitas waktu membuat koding form. Karena banyak sekali pilihan aplikasi yang sudah tersedia lengkap dengan fitur-fitur super praktis yang dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat, salah satunya adalah dreamweaver.

Kiriman terbaru