Mengedit gambar dengan Adobe Dreamweaver CS3

Mengedit gambar dengan Adobe Dreamweaver CS3. Tahukah anda bahwa Adobe Dreamweaver selain digunakan untuk menyusun layout halaman web dan menuliskan kode program berbasis web, juga bisa digunakan untuk mengedit gambar yang disisipkan dalam halaman web tersebut.

Jalankan dreamweaver

cara menjalankan dreamweaver

Jalankan dreamweaver, kemudian pilih create new -> HTML atau silahkan buka file html yang sudah anda punya.

Jika anda membuat file baru, silahkan anda simpan terlebih dahulu dalam folder yang ada di komputer anda (misal anda beri nama latihan.html).

Masukkan Gambar

Kemudian masukkan gambar yang akan anda edit, atau silahkan pilih menu insert -> image kemudian pilih gambar dari hardisk anda.

Jika kemudian muncul tampilan seperti berikut :

konfirmasi copy dreamweaver

berarti gambar yang anda pilih tidak berada dalam folder yang sama dengan file html yang tadi kita buat. Saya sarankan untuk menekan tombol Yes untuk menduplikasi gambar tersebut, karena jika anda pilih no, maka nantinya yang akan diedit adalah file aslinya.

konfirmasi simpan gambar

Kemudian akan muncul tampilan seperti diatas, ketikkan nama file baru untuk gambar tersebut (misal gambarku.jpg). Kemudian tekan tombol save.

Setelah itu akan muncul lagi dialog box seperti berikut :

dreamweaver alt image dialog

Dialog ini boleh anda abaikan dengan menekan tombol cancel, atau anda isikan pada Alternate text = judul gambar, kemudian anda tekan ok.

Kemudian gambar akan tampil pada layar utama anda, jika gambar besar maka terlihat melebar kekanan.

Edit Gambar

Setelah gambar masuk ke halaman html, maka langkah berikutnya adalah melakukan edit. Pastikan anda telah memilih gambar yang ada dilayar, kemudian lihat pada bagian properti bar yang ada pada bagian bawah seperti pada gambar berikut :

properti bar dreamweaver

Lihat pada kotak merah, jika anda pada posisi memilih gambar maka tombol2 tersebut akan aktif. Itulah fasilitas yang dapat kita gunakan untuk mengedit gambar dengan dreamweaver.

Jika anda arahkan pada tiap bagian tombol maka akan muncul keterangan fungsi tombol tersebut.

  1. Gambar pensil : digunakan untuk mengedit gambar (ini bisa digunakan jika dreamweaver sudah dihubungkan dengan editor lain seperti photoshop)
  2. Tombol berikutnya seperti alat jepit : digunakan untuk mengoptimalkan ukuran file gambar (jika anda klik akan muncul sebuah layar untuk konfigurasi ukuran atau kompresi gambar)
  3. Tombol berikutnya adalah cropping : digunakan untuk memotong area gambar
  4. Berikutnya tombol resample : digunakan untuk mengubah ukuran gambar dan menyimpanya sesuai dengan skala terakhir yang kita atur (misal anda kecilkan, maka gambar akan disimpan dalam bentuk kecil)
  5. Berikutnya brighness and contras : digunakan untuk mengatur pencahayaan gambar
  6. dan terakhir sharpen : digunakan untuk mengatur ketajaman gambar.

Itu beberapa fungsi dasar editing gambar dengan dreamweaver yang bisa kita gunakan.

Saya akan bahas detail langkah masing-masing tombol pada tulisan berikutnya.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Template website gratis
    Template website gratis. Sekarang anda tidak perlu merepotkan diri untuk menyusun template website atau blog, karena sudah banyak template yang bisa anda dapat dengan gratis alias free. Kecuali anda memang ingin template web yang fresh, original, dan sesuai dengan web atau blog yang anda buat.
  • Apakah menggunakan css lebih baik dari sisi SEO?
    Anda pasti sudah sering mengunjungi situs-situs ternama yang anda temukan melalui bantuan mesin pencari seperti google atau bing. Situs tersebut masuk pada halaman pertama hasil pencarian. Tampilanya terkadang terlihat cukup sederhana, tidak banyak gambar dan tampilnya sangat cepat.
  • Membuat menu dengan icon seperti akun google
    Membuat menu seperti akun google. Yang punya akun google pasti sudah kenal tampilan menu seperti disamping ini. Jika anda sudah masuk ke layanan akun google, dan masuk ke menu produk maka akan terlihat menu layanan yang anda gunakan dalam bentuk daftar nama layanan serta ikon gambar kecil disampingnya.
  • Free online form generator
    Anda kesulitan membuat form dari html, atau udah coba membuat tapi tampilanya kurang menarik? Mungkin ini solusinya membuat form gak pakai lama, gratis dan hasilnya bisa kita gunakan langsung untuk aplikasi web tanpa harus memikirkan lagi kode html maupun cssnya. Berikut ini situs online yang menyediakan fasilitas form generator secara gratis.
  • Membuat form dengan dreamweaver
    Membuat form dengan dreamweaver. Anda yang sudah terbiasa membuat form dengan aplikasi bukan visual (murni mengetik html), sepertinya perlu mempertimbangkan kembali dari segi efektifitas waktu membuat koding form. Karena banyak sekali pilihan aplikasi yang sudah tersedia lengkap dengan fitur-fitur super praktis yang dapat membantu kita menyelesaikan pekerjaan dengan mudah dan cepat, salah satunya adalah dreamweaver.

Kiriman terbaru