Mengenal control panel di windows

Anda pasti sudah sering mendengar istilah control panel yang digunakan pada banyak aplikasi baik itu dikomputer maupun di internet. Control panel digunakan untuk mengatur sebuah aplikasi baik itu tampilan, peralatan, cara kerja dll. Begitu juga di lingkungan windows, control panel digunakan untuk mengatur sistem windows yang sedang berjalan. Control panel adalah kumpulan jalan pintas untuk mengatur perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan dalam sistem operasi windows.

Contoh pengaturan yang bisa dilakukan melalui control panel windows adalah : mengatur konfigurasi perangkat keras (mouse, keyboard, printer, scanner, kamera), konfigurasi layar/display, konfigurasi sistem seperti bahasa, lokasi, mata uang, konfigurasi program (mengelola daftar aplikasi) dll.

Tampilan Control Panel Windows

Setiap versi windows, control panel dibuat hampir berbeda baik itu tampilannya maupun menu-menu yang disediakan. Hal ini dipengaruhi oleh fitur yang disediakan serta optimalisasi pengunaannya. Berikut tampilan control panel windows beberapa generasi.

Control Panel Windows 3.11

control panel windows 3.11

Jika anda lihat gambar diatas, pilihan menunya sangat minimal karena ini digunakan pada versi awal windows dikembangkan.

Control Panel Windows 95

control panel windows 95

Ada penambahan kira-kira 8 pengaturan dari versi sebelumnya, ini juga didukung dengan tampilan yang lebih baik.

Control Panel Windows 98

control panel windows 98

Sekitar 10 fitur control panel tambahan yang ditanamkan pada windows 98 dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Control Panel Windows XP

control panel windows xp

Pada versi windows xp ini, control panel sudah dikelompokkan dalam beberapa kategori karena menu yang ditambahkan sudah banyak perubahan dari versi sebelumnya.

Control Panel Windows 7

control panel windows 7

Secara visual tidak banyak perubahan, masih disajikan dalam kategori walaupun ada beberapa fitur tambahan pada masing-masing ketegori.

Control Panel Windows 8

control panel windows 8

Desain berubah menjadi minimalis, walaupun secara fasilitas ada peningkatan dengan beberapa penambahan.

Menjalankan control panel windows

Cara menjalankan control panel dilingkungan windows hampir sama, yaitu dengan mengklik menu control panel. Yang berbeda hanya letaknya saja. Seperti pada lingkungan windows 95, 98, dan xp, control panel terletak pada start menu, setting, lalu control panel. Sedangkan di lingkungan windows 7 langsung start menu, lalu control panel.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Cara membersihkan virus sality
    Sality merupakan virus berjenis PE Infector (Polymorphic) yang menginfeksi file-file Executabe ?exe?. Virus yang memiliki nama asli w32.Hllp.KukuJoker ini banyak dikeluhkan pengguna computer diseluruh dunia, terutama di indonesia banyak sekali pengguna komputer yang melaporkan telah terinfeksi oleh virus ini.
  • Perangkat Input Device
    Input Device adalah sebuah perangkat keras yang dapat mengirimkan data ke komputer. Input device memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan komputer secara langsung. Tanpa Input Device sebuah komputer hanya berfungsi sebagai media visualisasi yang hanya bisa ditonton seperti televisi.
  • Jenis Hardisk
    Dari perkembangan sejarah awal digunakannya komputer, banyak sekali jenis media penyimpanan data sejenis hardisk yang digunakan. Dengan tujuan serta fungsi yang sama yaitu menyimpan data, tapi dikemas dalam teknologi serta bentuk berbeda. Ada yang jenis ATA, SATA, SCSI dan lainnya.
  • Perbedaan notebook dan netbook
    Jika dilihat secara sekilas, laptop atau yang biasa juga disebut dengan notebook maupun netbook memang terlihat hampir sama. Baik notebook maupun netbook, sama-sama memiliki layar LCD dan keyboard dalam bentuk yang sama. Dari segi ukuranpun sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Keduanya juga dijalankan dengan menggunakan baterai yang dapat diisi ulang. Namun, ternyata hanya di situlah letak persamaan notebook dan netbook.
  • Jenis file video
    File video adalah sebuah jenis file digital yang menyimpan informasi karakteristik (metafile) serta pengkodean khusus dalam menyajikan susunan video yang ditanamkan. Jenis file video ini bermacam-macam tergantung pada siapa pengembangnya, media outputnya, teknologi pengkodeannya, perangkat lunak pemutarnya, perangkat lunak yang membuatnya serta sistem operasi yang mengenalinya. Yang umum kita kenal hanya beberapa saja seperti avi, mpg, mp4, 3gp karena ini yang paling sering kita gunakan. Ternyata selain itu masih banyak lagi jenis file video lainya yang sangat asing buat kita.

Kiriman terbaru