Mengenal Istilah Basis Data

sistem basis data

Basis Data atau yang sering disebut dengan database pasti sering terdengar bahkan ini merupakan istilah yang wajib diketahui para penyuka dunia komputer. Database ini banyak terlibat dalam urusan penyimpanan data digital dalam semua bidang yang menggunakan peralatan teknologi informasi. Bagaimana pendapat para pakar tentang sistem basis data ini?

Basis data atau database, berasal dari dua kata yaitu basis dan data, adapun pengertian dari kedua pengertian tersebut adalah sebagai berikut :

Basis
Kata basis dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul.

Data
Menurut Dhanta (2009:136), data adalah kumpulan dari angka-angka maupun karakter-karakter yang tidak memiliki arti. Data dapat diolah sehingga menghasilkan informasi.
Sedangkan menurut Anisyah (2000:96), data adalah keterangan yang benar dan nyata.

Dari kedua pengertian tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pengertian dari  basis data adalah kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh program komputer untuk memperoleh informasi dari sekumplan basis data tersebut.

Basis Data Menurut para ahli

  1. Menurut Chendramata, database adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang dan diperuntukkan sebagai media untuk menyimpan data-data transaksi yang dihasilkan pada sebuah proses bisnis. Database minimal terdiri dari satu file yang cukup untuk dimanipulasi oleh komputer sedemikian rupa.
  2. Menurut Nugroho, database adalah sebuah bentuk media yang digunakan untuk menyimpan sebuah data. Database dapat diilustrasikan sebagai rumah atau gudang yang akan dijadikan tempat menyimpan berbagai macam barang.
  3. Menurut Gordon C. Everest
    Database adalah koleksi atau kumpulan data yang mekanis, terbagi/shared, terdefinisi secara formal dan dikontrol terpusat pada organisasi .
  4. Menurut C.J. Date
    Database adalah koleksi “data operasional” yang tersimpan dan dipakai oleh sistem aplikasi dari suatu organisasi.
    1. Data input adalah data yang masuk dari luar sistem
    2. Data output adalah data yang dihasilkan sistem
    3. Data operasional adalah data yang tersimpan pada sistem
  5. Menurut Toni Fabbri
    Database adalah sebuah sistem file-file yang terintegrasi yang mempunyai minimal primary key untuk pengulangan data.
  6. Menurut S. Attre
    Database adalah koleksi data-data yang saling berhubungan mengenai suatu organisasi / enterprise dengan macam-macam pemakaiannya.
  7. Menurut Chou, database adalah kumpulan informasi yang bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus. Menurut fabbri dan Schwab, database adalah system berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan (redundancy) data. Sedangkan menurut Date, database dapat dianggap sebagai tempat sekumpulan berkas dan terkomputerisasi, jadi system database menurut Date pada dasarnya adalah system terkomputersisai yang tujuan utamanya adalah melakukan pemeliharaan terhadap informasi dan membuat informasi tersebut tersedia saat dibutuhkan.

Dari beberapa pendapat diatas dapat kita simpulkan bahwa database berfungsi untuk menampung atau menyimpan data, dimana masing-masing data yang ada pada table atau file tersebut saling berhubungan dengan satu sama lainnya. Basis data telah digunakan pada hampir seluruh bidang dimana komputer digunakan, dunia bisnis, kesehatan, hukum, pendidikan,keagamaan dan sebagainya. Tujuan penggunaan basis data ini pada dasarnya adalah agar proses pelaporan dapat dilakukan dengan cepat, dan akurat.

Jadi secara konsep, database atau basis data adalah kumpulan dari data-data yang membentuk suatu berkas (file) yang saling berhubungan (relation) dengan tatacara yang tertentu untuk membentuk data baru atau infromasi. Atau basis data (database) adalah kumpulan dari data yang saling berhubungan (relation) antara satu dengan yang lainnya yang diorganisasikan berdasarkan skema atau struktur tertentu. Pada komputer, basis data disimpan dalam perangkat hardware penyimpanan, dan dengan software tertentu dimanipulasi untuk kepentingan atau kegunaan tertentu. Hubungan atau relasi data biasanya ditunjukkan dengan kunci (key) dari tiap file yang ada.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Hati-hati penipuan berkedok pembeli online
    Yang namanya kejahatan kayanya gak pernah kehabisan akal, mungkin tambah canggih aja. Sudah sering terdengar cerita teman atau saudara yang dapat sms sebagai pemenang undian dari operator selular atau sebuah produk dan ujung-ujungnya ternyata penipuan.
  • Kamus Istilah dalam dunia Adsense
    Banyak istilah dalam adsense yang bagi kita masih asing, silahkan simak daftarnya disini.
  • Algoritma Pemrograman
    Algoritma merupakan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis berdasar dari masalah yang akan diselesaikan. Dalam bidang komputer, algoritma sangat diperlukan dalam menyelesaikan berbagai masalah pemrograman, terutama dalam proses komputasi numerik. Tanpa algoritma yang dirancang dengan baik maka proses pemrograman akan menjadi salah, rusak, atau lambat dan tidak efisien.Sekarang ini, algoritma juga dikenal sebagai jantung dari ilmu komputer atau informatika.
  • Hosting Gratis
    Hosting gratis, Free Hosting, Hosting tidak bayar. Jangan takut mencoba sesuatu yang gratis apalagi untuk belajar. Banyak orang sukses belajar dari yang gratisan asal petunjuk penggunaan serta aturan mainya diikuti.
  • Mengenal istilah Multimedia
    Multimedia berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata multum dan medium yang merupakan media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi. Pada umumnya aplikasi multimedia di komputer meliputi game, software pembelajaran, dan materi referensi seperti ensiklopedia dimana pengguna aplikasi dapat berinteraksi dengan aplikasi tersebut serta dapat berpindah dari satu topik bahasan ke topik bahasan lainnya.

Kiriman terbaru