Mengenal istilah blog

mengenal blog

Pada awal munculnya Blog, aplikasi ini sering digunakan orang untuk menulis catatan kegiatan. Kala itu, blog berperan seperti catatan harian (diary) yang hanya berisi ungkapan perasaan seseorang. Namun perkembangan selanjutnya, Blog dimanfaatkan untuk membangun image branding, memperkuat diri sebagai tought leader melalui ide-ide dan inovasi baru, sarana komunikasi dan hubungan masyarakat, sarana pendidikan secara online dan masih banyak lagi manfaat lain.
Interaksi antara pemiliki blog dan pengunjung membuat beberapa komunitas Blog perlu membuat sebuah kode etik dalam membuat artikel maupun memberikan komentar untuk memberikan perlindungan artikel yang telah dibuat. Saat ini, terdapat beberapa penyedia aplikasi untuk membuat Blog yang bersifat gratis maupun berbayar.

Sejarah Blog

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya diakuisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Sebuah blog (singkatan dari sebuah istilah weblog) adalah situs web yang biasanya dikelola oleh seorang individu dengan teratur masukan komentar, deskripsi peristiwa, atau bahan lainnya seperti grafis atau video. Masukan yang umumnya ditampilkan dalam urutan kronologis-mundur. "Blog" dapat juga digunakan sebagai kata kerja, yang berarti untuk memelihara atau menambahkan konten ke blog.
Sebuah blog pada dasarnya adalah sebuah jurnal yang tersedia di web. Kegiatan memperbarui blog sebut "blogging" dan seseorang yang membuat sebuah blog disebut "blogger." Blog biasanya Diperbaharui harian menggunakan software yang memungkinkan orang dengan sedikit atau tanpa latar belakang teknis untuk memperbarui dan memelihara blog.
Perkembangan blog yang semakin cepat, membuat para pakar blog mengelompokkan blog menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  2. Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
  3. Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu
  4. Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  5. Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  6. Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  7. Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  8. Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  9. Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
  10. Blog agama: Membahas tentang agama
  11. Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  12. Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  13. Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  14. Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  15. Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
  16. Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)

Manfaat Blog

Manfaat blog dapat uraikan dalam dua sisi, yang pertama bagi pemilik blog itu sendiri dan yang kedua manfaat blog bagi orang lain atau masyarakat luas pada umumnya.
Dari sisi pemilik blog, manfaat yang didapat adalah: mengasah ketrampilan dalam menulis, menambah ilmu, membangun image branding, peluang bisnis, bebas berekspresi dalam mengemukakan ide atau gagasan, dapat berinteraksi dengan pengguna. Sedangkan dari sisi pengguna (pengunjung), diperoleh manfaat: sumber informasi secara gratis, menemukan solusi dari permasalahan yang dialami, menambah keterampilan dalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet.
Manfaat yang telah diuraikan di atas hanyalah sebagian kecil saja, masih banyak lagi manfaat yang dapat dipetik oleh pengguna maupun pembuat itu sendiri, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Kode Etik dalam Blog

Kebebasan tanpa batas menimbulkan berbagai masalah diantaranya: memalsukan identitas penulis artikel dan pembuat komentar, banyaknya artikel yang “dicuri”, memberikan informasi yang menyesatkan, artikel yang mangadung “sara”, dan perbuatan negatif lainnya. Tidak heran, blog dapat dijadikan sarana untuk memprovokasi kepada masyarakat melalui tulisan-tulisannya.
Etika bukanlah tindakan menyensor. Tak ada yang berkata Anda tidak dapat menulis apapun yang Anda inginkan. Masalah di sini adalah: “Apa yang kita bicarakan di sini adalah orang-orang yang memiliki etika, orang-orang yang tidak berbohong, berkumpul bersama-sama untuk mengatakan bahwa mereka berada dalam perjanjian tertentu set standar. (Calcanis, Nov.18, 2004).
Blogger harus jujur dan adil dalam mengumpulkan, laporan dan informasi interpreting.

Istilah dalam blog

  1. Adsense. Periklanan online yang dimiliki oleh Google dan memberikan kesempatan kepada para Blogger untuk melakukan monetisasi blognya dengan menampilkan iklan kontekstual di blog mereka. stiap kali orang/atau pengunjung mengklik teks iklan Google Adsense, maka si pemilik blog akan mendapatkan sejumlah komisi. Selain dari Google, Adsense lokal pun tidak kalah pentingnya.
  2. Adwords. Kebalikan dari Adsense. Adwords memungkinkan perusahaan atau individu untuk memasang iklan dan mempromosikan produk, jasa atau situs mereka berdasarkan perhitungan cost per Click (CPC). seorang pemasang iklan harus menentukan kata kunci yang hendak dibidik nya dan berapa harga yang bisa ia berikan untuk setiap iklannya. Iklan Adwords bisa muncul di halaman hasil pencarian Google maupun di Unit iklan Adsense di situs atau blog yang mengikuti program Adsense.
  3. Affiliate Marketing. Affiliasi, sebuah cara yang dangat populer untuk mendapatkan uang dari internet di mana seorang pemilik program affiliasi memberi kesempatan orang lain untuk memasarkan produk atau jasanya dengan imbalan sejumlah komisi.
  4. RSS merupakan format web feed yang ditulis dalam format XML (eXtensible Marup Language) digunakan untuk menginformasi kan suatu konten digital yang sering di Update, seperti Blog, News feed, atau podcast.
  5. SEO (search Engine Optimizer) merupakan cara untuk meningkatkan page rank di mesin pencari.
  6. Hits. Jumlah pengunjung blog yang bisa dihitung berdasarkan IP atau ID unik.
  7. Blogging merupakan kegiatan mengisi, mengatur blog.
  8. Alexa. Sebuah perusahaan online (milik Amazon.com) yang memantau traffic semua situs di internet. sistem ranking yang digunakan didasarkan pada data statistik dari toolbar browser pengguna internet.
  9. Atom. Sebuah format sindikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan update artikel dari sebuah situs atau blog manakala ada posting baru.
  10. Blogversiting. Kegiatan adversiting di dalam blog.
  11. Posting merupakan kegiatan mengisi blog.
  12. Clix merupakan komunitas online dalam blog.
  13. Blogroll merupakan daftar link yang berada dalam sebuah blog.
  14. Blogger merupakan pengelola, pengguna blog.
  15. Multi-Blog untuk membuat dan mengelola blog secara bersama-sama atau lebih dikenal dengan konsep author.
  16. Index page : halaman depan dari blog.
  17. Header : bagian paling atas blog.
  18. Footer :bagian paling bawah blog.
  19. Sidebar : kolom-kolom yang berada di sisi blog.
  20. Link : proses untuk menghubungkan ke suatu postingan/kontent atau ke web/blog yang lain.
  21. Archive : sekumpulan/arsip dari semua posting/kiriman pemilik blog. Bisa dikelompokkan dalam bulan, tahun dsb.
  22. Categories : sekumpulan/sekelompok spesifik dari beberapa artikel.
  23. Commets : Komentar-komentar dari para pembaca/pengunjung blog.
  24. Captcha : kependekan dari "Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart", yaitu sebuah gambar yang berisi kata atau huruf yang harus diketikkan untuk verifikasi. Berguna untuk menangkal spam.
  25. Ping (Packet Internet Grouper) : berfungsi untuk memberitahu layanan-layanan yang berhubungan dengan blog (seperti tchnocarty dkk) bahwa kita baru menambah atau mengupdate konten blog kita.
  26. Trackback : berfungsi untuk memberitahu bahwa kita me-link ke postingan atau kontent blog orang lain.
  27. Blogroll : sekumpulan link yang dijukan ke blog yang lain.
  28. Template : desain dasar tampilan blog.
  29. Plugin : sebuah file yang berfungsi untuk menambah fitur blog.
  30. Dashboard : sebuah tampilan yang berisi kontrol-kontrol, tool, setting dll saat pertama kali kita login ke blog account.

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Pertimbangan sewa web hosting
    Seringkali orang bertanya kepada saya, web hosting apa yang baik jika saya ingin buat blog pribadi atau website kantor? Sulit bagi saya untuk menyampaikan atau menunjuk pihak penyedia hosting tertentu karena semua orang punya keperluan dan pertimbangan be
  • Mengenal Istilah Basis Data
    Sistem Basis Data atau yang sering disebut dengan database pasti sering terdengar bahkan ini merupakan istilah yang wajib diketahui para penyuka dunia komputer. Database ini banyak terlibat dalam urusan penyimpanan data digital dalam semua bidang yang menggunakan peralatan teknologi informasi. Bagaimana pendapat para pakar tentang sistem basis data ini dan perangkat lunak apa saja yang termasuk dalam kategori ini? silahkan anda simak artikel berikut.
  • Hati-hati penipuan berkedok pembeli online
    Yang namanya kejahatan kayanya gak pernah kehabisan akal, mungkin tambah canggih aja. Sudah sering terdengar cerita teman atau saudara yang dapat sms sebagai pemenang undian dari operator selular atau sebuah produk dan ujung-ujungnya ternyata penipuan.
  • Icon gratis untuk web atau komputer
    Icon/ikon adalah gambar dengan ukuran kecil yang sering digunakan untuk menghiasi web/blog agar kelihatan lebih menarik. Icon juga biasa digunakan untuk menghiasi desktop komputer agar tidak membosankan. Icon biasanya dikemas dalam beberapa format gambar seperti .ico, .gif, .png dan juga .psd. Jika anda berminat mengganti icon yang ada pada web/blog atau komputer anda, silahkan lihat daftar penyedia icon gratis yang saya rangkum berikut ini.
  • Mengapa perlu website?
    Mengapa perlu website? alasan paling dasar adalah untuk bisa dikenal orang secara luas, tidak terbatas tempat, tidak melihat waktu dan tidak terbatas orang. Website dapat digunakan untuk banyak keperluan mulai dari iseng, hobby, hiburan, rame-rame, pribadi, uji coba, pamer, persahabatan, komunitas, cari uang, jualan, pendidikan, sampai ke tingkat serius seperti kantor, lembaga dan perusahaan.

Kiriman terbaru