Mengenal istilah Multimedia

Mengenal istilah multimediaMultimedia berasal dari bahasa latin yang terdiri dari kata multum dan medium yang merupakan media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafik, gambar, foto, audio, video, dan animasi secara terintegrasi. Pada umumnya aplikasi multimedia di komputer meliputi game, software pembelajaran, dan materi referensi seperti ensiklopedia dimana pengguna aplikasi dapat berinteraksi dengan aplikasi tersebut serta dapat berpindah dari satu topik bahasan ke topik bahasan lainnya. Namun multimedia juga dapat didefinisikan dalam berbagai pengertian, bergantung pengertian seseorang terhadap multimedia itu sendiri. (Manongga dkk, 2009)

Menurut Vaughan (2004) Multimedia merupakan penggabungan dari berbagai elemen yang digabungkan seperti teks, seni, suara, gambar, dan video yang disampaikan dengan komputer secara interaktif. Menurut Bonnie dan Cipta (2008) Multimedia adalah sebuah media yang menggabungkan berbagai jenis media lain, misalnya penggabungan visual dan auditory.
Menurut Burger (1993) multimedia adalah gabungan dari dua atau lebih media yang berbeda pada satu komputer personal. Sedangkan menurut Andleigh dan Thakrar (1996) multimedia merupakan teknologi yang dikembangkan dengan penggabungan teks, grafik, animasi, suara, video dalam suatu produksi berbasiskan komputer yang dapat dinikmati secara interaktif.

Multimedia interaktif adalah bila suatu aplikasi terdapat seluruh elemen multimedia yang ada dan pemakai (user) diberi kebebasan / kemampuan untuk mengontrol dan menghidupkan elemen-elemen tersebut.

Jenis Multimedia

Menurut Vaughan (2004), ada tiga jenis multimedia yaitu :

  1. Multimedia Interaktif
    Pengguna dapat mengontrol apa dan kapan elemen-elemen multimedia akan dikirimkan atau ditampilkan.
  2. Multimedia Hiperaktif
    Multimedia jenis ini memiliki suatu struktur dari elemen-elemen terkait dengan pengguna yang dapat mengarahkannya. Dapat dikatakan bahwa multimedia jenis ini mempunyai banyak tautan (link) yang menghubungkan elemen-elemen multimedia yang ada.
  3. Multimedia Linear
    Pengguna hanya menjadi penonton dan menikmati produk multimedia yang disajikan dari awal hingga akhir.

Elemen dalam Multimedia

  1. Audio
    Penyajian audio merupakan cara lain untuk memperjelas pengertian suatu informasi. Contohnya, narasi merupakan kelengkapan dari penjelasan yang dilihat melalui video. Suara dapat lebih menjelaskan karakteristik suatu gambar, misalnya musik dan suara efek (sound effect), maupun suara asli (real sound). Authoring software yang digunakan harus mempunyai kemampuan untuk mengontrol recording dan playback.
    Perekaman musik yang baik memerlukan sampling size dan sampling rate yang tinggi. Beberapa macam authoring software dapat menkonversi suara seperti format .WAV, .MID (MIDI), .VOC ATAU .INS dan dapat dihubungkan dengan sekuens dari animasi.
  2. Video
    Terdiri dari full-motion dan life-video. Full-motion video berhubungan dengan penyimpanan sebagai video clip, sedangkan live-video merupakan hasil pemrosesan yang diperoleh dari kamera.
    Beberapa authoring tool dapat menggunakan full-motion video, seperti hasil rekaman menggunakan VCR, yang dapat menyajikan gambar bergerak dengan kualitas tinggi. File animasi memerlukan penyimpanan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan file gambar.
  3. Teks
    Teks merupakan dasar dari pengolahan kata dan informasi berbasis multimedia. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah penggunaan hypertext, auto-hypertext, text style, import text dan export text.
  4. Grafik
    Secara umum, image atau grafik berarti still image seperti foto dan gambar. Manusia sangat berorientasi pada visual (visual-oriented), dan gambar merupakan sarana yang sangat baik untuk menyajikan informasi. Semua objek yang disajikan dalam bentuk grafik adalah bentuk setelah encoding dan tidak mempunyai hubungan langsung dengan waktu.
  5. Animasi
    Animasi berarti gerakan image atau video seperti gerakan orang yang sedang melakukan sutau kegiatan, dll. Konsep dari animasi adalah menggambarkan sulitnya menyajikan informasi dengan satu gambar atau sekumpulan gambar. Demikian juga tidak dapat menggunakan teks untuk menerangkan informasi.
    Animasi seperti halnya film, dapat berupa frame-based atau cast-based. Frame-based animation (animasi berbasis frame) dibuat dengan merancang setiap frame tersendiri sehingga mendapatkan tampilan akhir. Cast-based animation (animasi berbasis cast) mencakup pembuatan kontrol dari masing-masing objek (kadang disebut cast member atau actor) yang bergerak melintasi background. Hal ini merupakan bentuk umum animasi yang digunakan dalam game dan object-oriented software untuk lingkungan Window.
    Dalam authoring software, biasanya animasi mencakup kemampuan ‘recording’ dan ‘playback’. Fasilitas yang dimiliki oleh software animasi mencakup integrated animation tool, animation clip, import animation, recording, playback dan transition effect.

Pemanfaatan Multimedia

  1. Bidang Bisnis
    1. Menggunakan voice mail dan video conferencing pada jaringan LAN dan WAN.
    2. Pada presentasi ditambahkan audio dan klip video.
    3. Pada training : melalui simulasi, seorang mekanik belajar perbaiki mesin, mengetahui pembuatan baja.
    4. Pada database : penangkapan gambar oleh kamera video dapat dibuat ID pegawai dan database.
    5. Termasuk juga : pemasaran, periklanan, demo produk, dll
  2. Bidang Pendidikan
    1. Multimedia pendidikan mengenai ilmu alam / sosial pada laserdisk.
    2. Multimedia belajar membaca pada anak-anak 3-8 tahun (berhitung, bahasa Inggris).
    3. Multimedia pada kedokteran mengenai anatomi tubuh manusia dan mendiagnosa penyakit mata, dll
  3. Di Rumah Tangga
    1. Permainan sega / atari dimana mesinnya dapat dihubungkan ke TV.
    2. Kumpulan resep masakan untuk ibu-ibu.
    3. Foto-foto keluarga dan aktifitas yang dilakukan keluarga direkam pada CD
  4. Di Tempat Umum
    1. Kios / terminal stand-alone yang dapat memberi informasi, contoh : kios di hotel menyediakan daftar restoran, peta kota, jadwal pesawat, dll
    2. Kios di museum untuk memandu pengunjung dalam suatu pameran, informasi detail mengenai setiap pameran
  5. Pada Virtual Reality
    1. Presentasi suatu proyek tata kota yang dilaksanakan misalkan, dapat dilakukan dengan pembuatan model sehingga seolah-olah orang menelusuri jalan, bangunan, taman, dll.
    2. Digunakan juga pada aplikasi pariwisata, pelestarian budaya dan sejarah. Misalkan, suatu bangunan yang sudah hancur / tak ada, museum dan yang lain dapat dibuat dengan pemodelan 3D berdasarkan dokumentasi sejarah dari perpustakaan.
  6. Pada Teknologi Internet
    1. Berbagai macam aplikasi multimedia dalam internet yang biasa disebut MoIP (Multimedia over Internet Protocol) seperti chatting, e-learning, videoconference, game, dll.
    2. Bila aplikasi di internet menggunakan database, diperlukan script yang dapat mengakses database di server seperti ASP (Active Serves Pages), CGI / Perl, PHP dan JSP (Java Serves Pages).

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Teori Internet
    Teori tentang internet. Tahukah Anda, bahwa perkembangan internet pada awalnya hanya menghubungkan beberapa komputer dalam sebuah lokasi dengan sebuah kabel dan beberapa perangkat keras?. Namun perkembangan teknologi internet yang semakin cepat dan canggih, memungkinkan komputer dapat berhubungan tanpa mengenal batas wilayah maupun negara dengan memanfaatkan kabel maupun tanpa kabel. Teknologi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan informasi dan komunikasi seperti: email, groups, chatting, pencarian, download, upload, dan aktifitas lainnya.
  • Kamus Istilah dalam dunia internet - A
    Kamus Istilah dalam dunia internet
  • Mitos profesi programmer dan dunia pemrograman
    Ada beberapa mitos yang berkembang terkait dengan profesi programmer dan dunia pemrograman. Ada yang bilang profesi programmer hanya pria, programmer itu sulit, programmer itu kuper dll. Mari kita lihat mitos-mitos profesi programmer dan dunia pemrograman ini satu-persatu dan penjelasannya.
  • Apa sih query database itu?
    Apa sih query database itu? Pertanyaan ini mungkin masih ada dan bahkan sering terdengar diantara kita. Artikel berikut sangat bermanfaat buat anda yang masih belum mengetahui persis seperti apa bentuk rupa query database itu.
  • Internet bagi Dunia Kedokteran
    Pertumbuhan dan perkembangan internet selama ini memberikan banyak dampak positif ke berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor kesehatan. Dalam bidang kedokteran, sudah banyak sekali manfaat yang diberikan hasil dari perkembangan internet seperti antara dokter dan pasien dapat melakukan konsultasi medis jarak jauh, seminar melalui video konferens, ataupun menampilkan video tentang simulasi.

Kiriman terbaru