Mengenal Microsoft Silverlight

mengenal microsoft silverlight

Silverlight adalah sebuah kerangka pengembangan atau framework untuk pengembangan aplikasi berbasis web kaya fitur yang diakses menggunakan penjelajah web dan dapat berjalan pada sistem operasi yang berbeda. Silverlight bekerja melalui sebuah plug-in untuk penjelajah web. Ketika halaman web yang mengandung konten silverlight plug-in akan dijalankan dan mengeksekusi kode serta merender isi yang secara khusus ditujukan pada area di dalam halaman web. Bagian yang terpenting adalah Silverlight memberikan lingkungan yang lebih variatif dibanding dokumen HTML tradisional dan JavaScript yang digunakan halaman web pada umumnya. Silverlight dikembangkan dilingkungan windows sebagai plugin pendukung produk-produk Microsoft.

Beberapa teknologi lainnya juga menggunakan plug-in untuk menjembatani perbedaan antar penjelajah web seperti Java, ActiveX, Shockwave, dan Adobe Flash. Namun tidak satupun diantara teknologi tersebut yang menjadi alat pengembangan dominan untuk pengembangan web yang kaya fitur. Hal ini dikarenakan banyaknya masalah yang ada pada teknologi tersebut, seperti kesulitan instalasi, alat pengembangan yang buruk, masalah kompatibilitas dengan penjelajah web, dan kompatibilitas dengan sistem operasi.

Teknologi yang dapat menjembatani hal ini adalah Flash, yang mempunyai dukungan untuk dasar pengembangan yang baik dan telah diadopsi secara luas. Tetapi Flash baru saja berevolusi dari pemutar multimedia sederhana menjadi sebuah set alat pengembangan dengan bahasa yang tidak sebaik lingkungan pemrograman modern seperi .NET. Silverlight bertujuan untuk mengkombinasikan kekuatan ­cross-platform dari Flash dengan perangkat pengembangan yang baik dengan berdasarkan flatform .NET.

Flash mempunyai keunggulan dibanding Silverlight dalam hal telah diadopsi secara luas dan kematangan teknologi. Tetapi Silverlight mempunyai beberapa fitur arsitektural yang tidak dimiliki oleh Flash, seperti Silverlight dibuat berdasarkan versi .NET CLR (Common Language Runtime) yang telah disederhanakan, yang memungkinkan pengguna membuat kode sisi klien dengan menggunakan kode C# murni.

Versi Microsoft Silverlight

Microsoft Silverlight mempunyai dua versi rilis yang telah beredar. Yaitu Silverlight versi 1.0 yang merupakan teknologi yang cukup sederhana. Silverlight 1.0 mempunyai fungsi penggambaran dua dimensi dan pemutar berkas media. Tetapi Silverlight 1.0 tidak memiliki dukungan terhadap CLR atau dukungan terhadap bahasa pemrograman .NET, jadi kode yang ada ditulis dengan menggunakan JavaScript.

Versi selanjutnya dari Silverlight adalah Silverlight 2.0 menambahkan dukungan terhadap fitur yang ada pada .NET. Fitur yang disertakan adalah CLR, subset dari kelas .NET Framework, dan model antar muka berdasarkan WPF.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Silverlight

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Apa itu web server, email server, database server
    Kita sudah sering mendengar kata server yang artinya sebuah komputer yang menjadi pusat penyedia layanan data dalam sebuah jaringan. Selain server ada nama-nama lain yang masih bisa kita hubungkan seperti web server, email server, dan database server.
  • Teknologi terbaru android - Samsung Galaxy Nexus - Android 4.0 Ice Cream
    Samsung Galaxy Nexus merupakan smartphone dengan OS android terbaru Ice Cream Sandwich (ICS) butaan Google bekerjasama dengan vendor Samsung. Samsung Galaxy Nexus dilengkapi dengan spesifikasi hardware yang tinggi, seperti prosesor dual core 1,2GHz dan chip grafik
  • Jenis-jenis handphone android dari beberapa generasi
    Ponsel android adalah sebuah handphone atau telepon genggam yang menggunakan sistem operasi linux. Ponsel Android tergolong gadget atau smartphone yang serba bisa khususnya untuk keperluan mobile. Handphone Android mendukung banyak aplikasi yang sebagian
  • Google Earth 3D untuk ponsel android sudah dirilis
    Google telah merilis aplikasi Google Earth versi terbaru yaitu 7 untuk Sistem operasi Android dan bisa didownload di toko aplikasi online Google Play. Pembaruan pada versi 7 ini mendukung tampilan peta dalam 3D.
  • Perbedaan monitor lcd led dan plasma
    Beberapa bulan ini di Indonesia mulai marak penjualan TV LED, mungkin kita bertanya ?tanya apa sih LED? Gimana teknologinya? Keunggulan dan kelemahannya? Artikel ini berusaha menjawab kegundahan Anda. Sekaligus kita bandingkan dengan LCD dan Plasma yang telah dikeluarkan lebih dahulu oleh perusahaan ? perusahaan elektronik. Plasma, LCD dan LED adalah tiga teknologi utama yang tersedia pada TV layar datar hari ini. Dan sebagian besar pembuat TV sekarang memiliki model di tiga teknologi.

Kiriman terbaru