Mengenal Teknologi sistem Operasi Android

Teknologi Android

Android merupakan platform perangkat lunak untuk perangkat mobile yang didukung oleh Google OS, yang pada awalnya dikembangkan oleh Google setelah itu diselesaikan oleh Handset Alliance. Android merupakan sebuah system operasi terbuka yang diperuntukan untuk perangkat bergerak (Mobile device). Pada Juli 2005 android telah diakuisisi oleh google dan pada 5 November 2007 barulah secara resmi Android di rilis oleh Google. Dalam pengembangan aplikasi android menyediakan Android SDK yang menyediakan tools dan API untuk para pengembang aplikasi dengan flatform android. Android menggunakan java sebagai bahasa pemogramannya, jadi bagi anda yang sudah lama bermain dengan java tidak ada salahnya untuk mencoba Android.

PERKEMBANGAN

Pada bulan Juli 2005, Google mengakuisisi Android, Inc, kecil startup perusahaan yang berbasis di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Androiddari co-pendiri yang pergi untuk bekerja di Google termasuk Andy Rubin (co-pendiri Danger), Kaya Miner (co-pendiri Wildfire Communications, Inc), Nick Sears (sekali VP di T-Mobile), dan Chris White (kepala desain antarmuka dan pembangunan di Webtv). Pada saat itu, sedikit yang diketahui tentang fungsi Android, Inc selain mereka yang membuat perangkat lunak untuk ponsel. Hal ini dimulai rumors bahwa Google telah berencana untuk memasukkan ponsel pasar, walaupun ianya tidak jelas apa fungsi mungkin melakukan di pasar.  Di Google, tim yang dipimpin oleh Rubin, dikembangkan perangkat mobile platform yang didukung oleh Google OS yang dipasarkan ke handset keputusan dan operator pada premis pemberian yang fleksibel, upgradeable sistem.

Android telah mengalami pembaharuan sejak peluncuran awalnya. Berikut versi perkembangan android :

Versi 1.1

Sebagai hasil pengembangan versi perdana, versi ini dirilis pada 9 Maret 2009. Android versi ini dilengkapi dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

Versi 1.5 (Cupcake)

Pada Mei 2009, versi 1.5 dirilis dengan beberapa pembaruan. Beberapa fitur yang ditambahakan pada versi ini antaralain kemampuan upload video ke Youtube dan gambar ke Picasa langsung dari telepon.Versi 1.6 (Donut) Sedangkan versi 1.6 dirilis September 2009 dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan kita untuk memilih foto yang akan dihapus.

Android versi 1.6 (Donut)

Donut (versi 1.6) dirilis pada September dengan menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibanding sebelumnya, penggunaan baterai indikator dan kontrol applet VPN. Fitur lainnya adalah galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; CDMA / EVDO, 802.1x, VPN, Gestures, dan Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech (tidak tersedia pada semua ponsel; pengadaan resolusi VWGA

Versi 2.0/2.1 (Eclair)

Android versi 2.0/2.1 dirilis 3 Desember 2009 dilengkapi dengan Google Maps 3.1.2, browser baru dan dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1.

Versi 2.2 (Froyo)

Android versi 2.2 dengan julukan Froyo, singkatan Frozen Yoghurt dirilis pada 20 Mei 2010. Pada versi ini kecepatan kinerja dan aplikasi naik 2 sampai 5 kali lebih cepat. Dan pada versi ini, ponsel Android memiliki kemampuan untuk menjadi Hotspot Wifi.

Versi 2.3 (Gingerbread)

Dirilis pada 6 Desember 2010 Gingerbread makin memanjakan para penggemar game. Format video, peningkatan kualitas suara menjadi kelebihan Gingerbread dibanding versi sebelumnya.

Versi 3.0 (Honeycomb)

Versi paling baru ini yang dirilis pada tahun 2011 ini mendukung multi prosesor dan juga peningkatan kemampuan hardware untuk grafis.

Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)

Diumumkan pada tanggal 19 Oktober 2011, membawa fitur Honeycomb untuk smartphone dan menambahkan fitur baru termasuk membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.

Android versi 5.0 (Jelly Bean)

Android Jelly Bean dirilis Akhir Juni 2012. Android Jelly Bean ini diperuntukkan untuk komputer tablet dan memungkinkan untuk digunakan pada sistem operasi PC atau Komputer. Sehingga rumornya kemunculan Android Jelly Bean ini untuk menyaingi rilis terbaru Windows 8 yang juga akan segera dirilis. Karena kita ketahui bersama perbincangan versi Android sebelumnya yaitu Android Ice Cream Sandwhich pun masih hangat di telinga.

 

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Kamera terkecil di dunia
    Sebuah kamera terkecil di dunia berhasil diciptakan. Meski ukurannya tidak lebih besar dari ujung jari, namun ia bisa beroperasi layaknya kamera berukuran normal.
  • Jenis-jenis memory komputer
    Memory adalah Salah satu Perangkat Keras (Hardware) yang berfungsi mengolah data dan melakukan instruksi oleh dan dari sebuah perangkat digital. Semakin besar memori yang tersedia, maka semakin banyak pula data maupun intruksi yang dapat dilakukan. Semua
  • Mengenal Microsoft Silverlight
    Silverlight adalah sebuah kerangka pengembangan atau framework untuk pengembangan aplikasi berbasis web kaya fitur yang diakses menggunakan penjelajah web dan dapat berjalan pada sistem operasi yang berbeda.
  • Jenis-jenis hosting
    Kita sudah mengetahui bahwa hosting merupakan jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu dapat menyimpan dokumen berupa gambar, text, animasi, video, suara dll di jaringan internet. Jenis hosting yang ditawarkan biasanya ada 4 jenis yaitu shared hosting, virtual private server, Dedicated server dan Colocation Server.
  • Layar Amoled
    AMOLED merupakan kependekan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. AMOLED ini merupakan teknologi layar OLED (Organic Light Emitting Diode). OLED ialah perangkat padat yang terdiri dari film-film tipis. Film-film tersebut mengandung molekul organik yang dapat menghasilkan cahaya apabila dialiri listrik. OLED ini digunakan sebagai layar dalam suatu perangkat dengan tingkat ketajaman yang lebih tinggi serta konsumsi daya yang relatif rendah. AMOLED ini dikeluarkan oleh Samsung, salah satu perusahaan teknologi yang bermarkas di Korea Selatan (Seoul).

Kiriman terbaru