Mengenal variabel dan keterangan dalam php

PHPVariabel berfungsi menyimpan nilai yang dapat diubah sewaktu-waktu. Aturan pemberian nama variabel dalam PHP diantaranya yaitu :

  1. Karakter yang dapat digunakan, yaitu huruf, angka dan garis bawah (_)
  2. Karakter pertama harus huruf atau garis bawah (tidak boleh angka)
  3. Sebelum karakter pertama diawali dengan tanda $
  4. Panjang variabel bisa sampai 256 karakter
  5. Huruf besar dan kecil dibedakan (bersifat case sensitif)
    Misal $var1 tidak sama dengan $Var1 (lihat huruf awal kecil dan besar berbeda)

Itu diantara hal-hal wajib yang anda harus ikuti jika membuat program dari php. Jika diabaikan akan muncul pesan error dan tidak bisa melanjutkan eksekusi program. Berikut contoh singkat penulisan variavel dalam php :

<?php //awal php

$nama="Zainal Hakim";
$alamat="Banjarmasi";
//itu contoh variabel

//anda bisa sisipkan keterangan dengan cara menambahkan 2 garis miring diawal keterangan
//Ini cara menampilkan nilai variabel ke layar

echo "Nama : ".$nama."<br />"; //<br /> merupakan perintah html untuk pindah baris
echo "Alamat : ".$alamat;

?>

Jika ada pertanyaan jangan sungkan beri komentar.

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat laporan detail bercabang dengan php
    Kali ini saya ingin bahas tentang bagaimana membuat laporan detail bercabang dengan php. Maksud bercabang disini adalah sebuah laporan memiliki sub detail, dan didalam sub masih ada lagi laporan lagi sesuai sub yang dipilih.
  • Membuat thumbnail dengan php
    Istilah kata thumbnail diartikan sebagai versi kecil dari sebuah gambar yang ditampilkan di komputer. Thumbnail ini digunakan untuk menggantikan gambar yang memiliki ukuran besar sehingga dapat ditampilkan lebih kecil dan cepat ke layar.
  • Membuat animasi flash dengan php
    Anda mungkin sudah mengenal apa itu flash, yaitu sebuah jenis media digital yang bisa menampilkan gambar, tulisan dan memutar audio. Flash ini sering digunakan untuk membuat animasi yang ditampilkan di internet. Flash atau yang sering disebut animasi flash ini umumnya dibuat dengan aplikasi khusus seperti Adobe Flash. Tapi kita juga bisa membuatnya dengan php, walaupun hanya dengan animasi-animasi sederhana.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 5
    Melanjutkan artikel saya tentang membuat aplikasi data mahasiswa dengan php, sekarang sedikit saya kembangkan untuk melindungi ruang pengelolaan data mahasiswa dengan sistem login pengguna/user. Ini diperlukan hampir pada tiap aplikasi yang dibangun agar tidak semua orang yang mengakses halaman pengelola bisa langsung melihat atau melakukan perubahan data tanpa proses login terlebih dahulu.
  • Menampilkan data mysql dalam list menu dengan php
    List menu atau yang sering disebut combo box adalah sebuah objek dalam form yang disediakan oleh HTML. List menu digunakan untuk menampilkan pilihan yang umumnya bersifat statis misal pilihan nama kota, nama kategori, jenis jabatan dll. Bagaimana seandainya kita ingin menampilkan pilihan dengan sumber datanya dari mysql? Saya akan jelaskan langkahnya pada artikel berikut.

Kiriman terbaru