Mengenal variabel dan keterangan dalam php

PHPVariabel berfungsi menyimpan nilai yang dapat diubah sewaktu-waktu. Aturan pemberian nama variabel dalam PHP diantaranya yaitu :

  1. Karakter yang dapat digunakan, yaitu huruf, angka dan garis bawah (_)
  2. Karakter pertama harus huruf atau garis bawah (tidak boleh angka)
  3. Sebelum karakter pertama diawali dengan tanda $
  4. Panjang variabel bisa sampai 256 karakter
  5. Huruf besar dan kecil dibedakan (bersifat case sensitif)
    Misal $var1 tidak sama dengan $Var1 (lihat huruf awal kecil dan besar berbeda)

Itu diantara hal-hal wajib yang anda harus ikuti jika membuat program dari php. Jika diabaikan akan muncul pesan error dan tidak bisa melanjutkan eksekusi program. Berikut contoh singkat penulisan variavel dalam php :

<?php //awal php

$nama="Zainal Hakim";
$alamat="Banjarmasi";
//itu contoh variabel

//anda bisa sisipkan keterangan dengan cara menambahkan 2 garis miring diawal keterangan
//Ini cara menampilkan nilai variabel ke layar

echo "Nama : ".$nama."<br />"; //<br /> merupakan perintah html untuk pindah baris
echo "Alamat : ".$alamat;

?>

Jika ada pertanyaan jangan sungkan beri komentar.

 

Semoga bermanfaat
Zainal Hakim

 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat animasi flash dengan php
    Anda mungkin sudah mengenal apa itu flash, yaitu sebuah jenis media digital yang bisa menampilkan gambar, tulisan dan memutar audio. Flash ini sering digunakan untuk membuat animasi yang ditampilkan di internet. Flash atau yang sering disebut animasi flash ini umumnya dibuat dengan aplikasi khusus seperti Adobe Flash. Tapi kita juga bisa membuatnya dengan php, walaupun hanya dengan animasi-animasi sederhana.
  • Menghitung umur dengan php
    Menghitung umur dengan php. Sering kali jika kita membuat aplikasi web dengan php yang berhubungan dengan data personal seperti karyawan, siswa, mahasiswa, dan pasien kita ingin menampilkan informasi umur yang dihitung dari tanggal lahirnya. Berikut ini contoh kode singkat cara melakukan perhitungan umur dengan php.
  • Membuat file dengan php
    Dengan php kita bisa melakukan operasi terhadap file yang berada dalam server. Operasi file yang bisa dilakukan diantaranya adalah membuat file.
  • Mengenal php framework
    Framework dapat diartikan sebagai sebuah kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah penyelesaian sebuah pekerjaan. Jika dikaitkan dengan PHP maka dapat diartikan sebagai suatu kerangka kerja yang telah terpola dengan tujuan memudahkan pengembang web dalam menyusun rangkaian proses dengan bahasa pemrograman PHP. Misal dalam membuat sebuah aplikasi web, pengembang harus menuliskan kode program secara berulang dengan kompleksitas tinggi. Hal tersebut tentunya akan sangat mengurangi tingkat efisien waktu serta menguras pikiran bahkan kode yang dihasilkan mungkin saja kurang optimal dari segi penulisan serta proses yang dilakukan dalam program.
  • Cara mudah mengirim email dari PHP dengan PHPMailer
    Untuk mengirim email dengan php biasanya bisa dilakukan dengan cara sederhana yaitu dengan fungsi mail. Cara ini cukup ampuh untuk mengirim email dengan format text/pesan tanpa ada pengaturan tampilan.

Kiriman terbaru