Menggabung beberapa field dalam query saat ditampilkan

menggabung beberapa field mysqlPada tulisan ini saya akan berbagi tentang bagaimana menggabung beberapa field database saat ditampilkan ke layar. Untuk melakukan hal ini saya menggunakan teknik penggabungan field dengan fungsi string yang tersedia dalam mysql database.

Misal anda punya sebuah tabel pegawai dengan susunan nip, namadepan, namatengah, namabelakang seperti gambar berikut :

Menggabung beberapa field database

Kemudian anda mempunyai data yang sudah tersimpan seperti gambar berikut :

Menggabung beberapa field database

Biasanya untuk menampilkan data tersebut kita menggunakan query seperti berikut :

select * from tb_pegawai

atau

select nip, namadepan, namatengah, namabelakang from tb_pegawai

Dimana output contoh kedua query tersebut diatas terdiri dari 4 field yang terpisah sehingga laporannya seperti gambar diatas.

Bagaimana jika dari susunan tabel diatas, kita ingin membuat laporan berbeda misal ingin menampilkan laporan dengan format seperti berikut :

NIP NAMA LENGKAP
1 AA BB CC
2 DD EE FF

Secara programming dalam php, mungkin anda bisa gunakan teknik penggabungan field yang ditampilkan dengan operator string seperti berikut :

<?php echo $namadepan." ".$namatengah." ".$namabelakang?>

Akan tetapi cara tersebut kurang optimal karena harus menggabung lagi/ada proses tambahan dalam php. Alternatif lain yang menurut saya lebih optimal adalah menggabungnya langsung dalam query yang digunakan. Berikut ini cara menggabung beberapa field dalam query :

SELECT nip, CONCAT(namadepan,' ',namatengah,' ',namabelakang) as namalengkap from tb_pegawai;

Dari query diatas, maka hasil outputnya terdiri dari 2 field yaitu nip dan nama lengkap yang merupakan hasil penggabungan dari 3 field nama.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengganti password mysql lewat phpmyadmin
    Database Mysql memiliki user default/bawaan yaitu root dengan password kosong (tanpa password). Sering kali kita mengabaikan hal ini dan membiarkan sistem database mysql bisa diakses dengan mudah. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana mengganti password atau menambahkan user pada database mysql melalui phpmyadmin.
  • Mengubah tampilan format tanggal dalam query mysql
    Format tanggal yang tersimpan dalam mysql adalah yyyy-mm-dd, jika anda ingin menampilkannya dengan format lain misal dalam format dd-mm-yyyy maka kita bisa gunakan query untuk mengubah tampilan format tanggal berikut.
  • Menampilkan data acak dari mysql
    Pada dasarnya setiap kita menampilkan data melalui query, mysql akan menampilkan data secara urutan memasukkan datanya, yang terakhir akan berada dipaling bawah. Bagaimana jika kita ingin menampilkan datanya secara acak.
  • Mereset nilai auto increment dalam mysql
    Jika anda merancang sebuah tabel dalam database mysql dengan tipe angka, kemudian dijadikan index primary key dengan tambahan fitur AUTO_INCREMENT maka setiap ada record baru kolom/field tersebut akan otomatis diberi nilai secara urut. Nilai urut tersebut akan terus bertambah walaupun semua record telah dihapus. Bagaimana jika kita ingin mengembalikan nilai auto increment tersebut dari awal lagi? t.
  • Memindah/Menduplikat data antar tabel mysql
    Kadang kita perlu memindah atau menduplikat data dari tabel satu ke tabel lainya. Hal ini bisa kita lakukan dengan sangat mudah tanpa harus melakukan input ulang datanya. Berikut saya ingin berbagi cara menduplikat data antar tabel mysql.

Kiriman terbaru