Menggunakan session dalam PHP

cara menggunakan session dalam phpSession PHP adalah sebuah variabel yang dapat digunakan untuk menyimpan informasi atau nilai tertentu. Session PHP juga mendukung sistem data berlapis atau array sehingga memungkinkan untuk menampung beragam informasi dalam satu nama session. Masing-masing session yang sudah dibuat hanya berlaku untuk satu pengguna yang sedang aktif, session ini bersifat global dan dapat dipanggil setiap saat pada semua halaman php yang digunakan. 

Setiap pengguna yang menggunakan halaman php yang ada variabel sessionnya, secara otomatis memiliki kode unik session yang akan otomatis hilang setelah pengguna menutup/meninggalkan halaman php.

Session php ini biasanya digunakan untuk menyimpan informasi yang akan dibawa ke semua halaman yang terhubung dalam sebuah server/alamat. Contoh penerapanya : Login Keanggotaan (menyimpan status login) dan Transaksi Online (menyimpan daftar pesanan)

Berikut ini kode PHP untuk mengaktifkan dan mendeklarasikan sebuah session

<?php
   session_start(); //perintah memulai mengaktifkan session
   $_SESSION['namauser']="Zainal Hakim";
   $_SESSION['leveluser']="Admin";

   echo $_SESSION['leveluser']; //Menuliskan isi session
?>

Perintah session_start() harus diletakkan pada baris awal program php.

Setiap session akan berakhir secara otomatis jika halaman berpindah ke alamat server lain atau browser ditutup. Jika kita ingin mengakhiri session secara manual (seperti proses logout) maka kita bisa gunakan kode berikut :

<?php
   unset($_SESSION['leveluser']); //digunakan untuk membuang session tertentu
   session_destroy();  //digunakan untuk membuang semua session yang aktif
?>

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

Baca juga :

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengatur tingkat transparan objek dengan css
    Berikut ini adalah script css yang digunakan untuk mengatur tingkat transparan objek. Misal anda punya sebuah tulisan atau kotak header atau footer yang ingin ditampilkan secara transparan maka anda bisa gunakan cara berikut.
  • Script mengirim email dengan php
    Mengirim email tidak hanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi seperti outlook atau thunderbird, tapi juga bisa menggunakan script/kode php.
  • Memastikan benar salah input tanggal
    Jika anda membuat sebuah inputan untuk tanggal secara manual, kemungkinan terjadinya kesalahan dalam inputnya pasti ada. Untuk memastikan benar salah input tanggal tersebut anda bisa lakukan sebuah rutin pengecekan dengan php.
  • Membuat captcha dengan php
    Membuat captcha dengan php. CAPTCHA digunakan untuk melindungi pengiriman otomatis melalui form oleh mesin-mesin -nakal- yang kirimanya biasanya disebut spam. CAPTCHA ini memastikan bahwa yang mengirimkan data adalah human atau manusia. Anda mungkin sering menemui ini pada saat anda mengisi formulir secara online. Bentuknya beragam ada yang bentuk gambar angka, huruf, gabungan angka dan huruf secara acak, bahkan model perhitungan angka.
  • Cara menyimpan data kedalam database mysql dengan php
    Berikut ini contoh kode php singkat, mudah dan serderhana untuk menyimpan data kedalam mysql database.

Kiriman terbaru