Menghapus dengan checkbox dalam php

Menghapus data dengan checkbox dalam php

Anda menemui masalah dalam menghapus banyak data secara bersamaan pada laporan yang dibuat dengan PHP? Mungkin jawabnya ya, karena dulu saya pernah mengalami hal ini. Cara sederhana mengahapus record atau data dalam laporan php adalah satu-persatu dengan membuat link pada tiap baris data yang ditampilkan. Hal ini akan sangat menyulitkan anda jika ada banyak data yang harus dihapus. Bayangkan jika ada 100 recor harus anda hapus, berarti 100 kali mengklik data yang akan dihapus. Saya akan berbagi bagaimana membuat laporan php dengan fasilitas checkbox data yang akan dihapus. Silahkan simak artikel berikut.

Pertama yang harus kita siapkan adalah laporan dengan php, anda bisa baca artikel saya sebelumnya Cara membuat laporan sederhana database mysql dengan php, saya coba kembangkan dari kode php untuk laporan tersebut. Misal kita simpan dengan nama laporan.php

<?php
  //Masukkan koneksi database disini
  $datatamu = mysql_query("select nim,nama_lengkap, alamat_lengkap from tb_siswa order by nis asc;") or die("Gagal :".mysql_error());
  echo "<form name=\"FEdit\" method=\"post\" action=\"hapus-data.php\" onSubmit=\"return confirm('Hapus data terpilih?')\">";
  echo '<table width="400" align="center" border="1">';
  echo '<tr>';
  echo '<th>Pilih</th>';
  echo '<th>Nama Lengkap</th>';
  echo '<th>Alamat Lengkap</th>';
  echo '</tr>';
  while ($rec=mysql_fetch_object($datatamu)) 
  { 
     echo '<tr>';
     echo '<td><input type="checkbox" name="item[]" id="item[]" value="'.$rec->nim.'" /></td>';
     echo '<td>'.$rec->nama_lengkap.'</td>';
     echo '<td>'.$rec->alamat_lengkap.'</td>';
     echo '</tr>';
  }
  echo '</table>';
  echo '<p align="center"><input name="btnHapus" type="submit" value="Delete"></p>';
  echo '</form>';
  mysql_close();//tutup koneksi database
  ?>

Kemudian kita buat halaman hapus-data.php dengan kode berikut :

<?php
//Masukkan koneksi database disini
$jumlah = count($_POST["item"]);
for($i=0; $i < $jumlah; $i++) 
{
    $id=$_POST["item"][$i];
    mysql_query("DELETE FROM  where id='$id' LIMIT 1;"); 
}
header ("location:laporan.php");
exit;
?>

Oke, program siap dijalankan.

Semoga bermanfaat, masukan kritik dan saran silahkan kirim melalui form komentar dibawah.

Zainal Hakim 

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat animasi flash dengan php
    Anda mungkin sudah mengenal apa itu flash, yaitu sebuah jenis media digital yang bisa menampilkan gambar, tulisan dan memutar audio. Flash ini sering digunakan untuk membuat animasi yang ditampilkan di internet. Flash atau yang sering disebut animasi flash ini umumnya dibuat dengan aplikasi khusus seperti Adobe Flash. Tapi kita juga bisa membuatnya dengan php, walaupun hanya dengan animasi-animasi sederhana.
  • Contoh penggunaan fungsi string dalam php
    PHP telah menyediakan banyak sekali function yang berhubungan dengan pengolahan string/text. Jika dihitung-hitung sekitar 98 function. Fungsi-fungsi tersebut dibuat pasti karena alasan agar dapat digunakan untuk benyak keperluan. Saya pikir kita tidak perlu pusing menghafalnya, cukup mengetahui saja bagaimana penggunaan serta fungsinya. Berikut ini saya akan buatkan beberapa contoh penggunaan fungsi string tersebut.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 5
    Melanjutkan artikel saya tentang membuat aplikasi data mahasiswa dengan php, sekarang sedikit saya kembangkan untuk melindungi ruang pengelolaan data mahasiswa dengan sistem login pengguna/user. Ini diperlukan hampir pada tiap aplikasi yang dibangun agar tidak semua orang yang mengakses halaman pengelola bisa langsung melihat atau melakukan perubahan data tanpa proses login terlebih dahulu.
  • Membuat laporan dari php ke excel
    Dalam sebuah aplikasi berbasis web, biasanya kita diminta untuk menghasilkan laporan dalam berbagai format. Yang paling umum yaitu format html (langsung ditampilkan di browser), kemudian format pdf dan format excel.
  • Cara upload file dengan PHP Script
    Php memiliki fasilitas untuk mengirimkan file dari komputer pengguna melalui browser ke server sehingga kita tidak perlu lagi aplikasi khusus seperti ftp atau login ke panel hosting hanya untuk sekedar upload file biasa, dokumen, maupun gambar.

Kiriman terbaru