Menghapus file dengan php

Dengan php kita bisa melakukan operasi terhadap file yang berada dalam server. Operasi file yang bisa dilakukan diantaranya adalah menghapus file. Kode php dasar yang digunakan untuk menghapus file yaitu unlink. Berikut contoh penerapanya :

<?php
function HapusFile($namafile) {
    $berhasil = false;
    if (file_exists($namafile)) {
  unlink ($namafile);
  $berhasil = true;
    }
    return $berhasil;    
}

$namafile="hapus-file.txt";
if(HapusFile($namafile))
{
    echo "Berhasil";
} else {
    echo "Gagal";
}
?>

Semoga bermanfaat.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Upload banyak file dengan php
    Beberapa waktu lalu saya sempat menulis tentang bagaimana membuat form serta script upload file dengan php, tapi masih dengan cara melampirkan satu file saja. Berikut ini saya akan berbagi lagi tentang bagaimana jika yang di upload terdiri dari beberapa file dan judul yang dikirim secara bersamaan dengan php.
  • Membuat animasi flash dengan php
    Anda mungkin sudah mengenal apa itu flash, yaitu sebuah jenis media digital yang bisa menampilkan gambar, tulisan dan memutar audio. Flash ini sering digunakan untuk membuat animasi yang ditampilkan di internet. Flash atau yang sering disebut animasi flash ini umumnya dibuat dengan aplikasi khusus seperti Adobe Flash. Tapi kita juga bisa membuatnya dengan php, walaupun hanya dengan animasi-animasi sederhana.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 2
    Melanjutkan artikel saya tentang bagaimana membuat aplikasi data mahasiswa dengan php bagian 1, pada bagian 2 ini akan saya bahas tentang bagaimana membuat form/formulir input data mahasiswa, membuat proses simpan dan upload photo mahasiswa.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 5
    Melanjutkan artikel saya tentang membuat aplikasi data mahasiswa dengan php, sekarang sedikit saya kembangkan untuk melindungi ruang pengelolaan data mahasiswa dengan sistem login pengguna/user. Ini diperlukan hampir pada tiap aplikasi yang dibangun agar tidak semua orang yang mengakses halaman pengelola bisa langsung melihat atau melakukan perubahan data tanpa proses login terlebih dahulu.
  • Mengenal variabel dan keterangan dalam php
    PHP juga memiliki data penampung sementara yang disebut variabel seperti halnya bahasa pemrograman lainnya. Tapi sedikit ada perbedaan cara penulisanya jika anda terbiasa dengan bahasa pemrograman lain. Silahkan simak berikut ini.

Kiriman terbaru