Mengubah format tanggal mysql menjadi indonesia dalam php

Anda mungkin sudah mengetahui kalau format tanggal yang disimpan dalam database mysql adalah tahun-bulan-tanggal. Pada saat kita menampilkan data tanpa ada perintah perubahan seperti pada tulisan saya sebelumnya tentang mengubah tampilan format tanggal mysql, maka tentunya output ke layar akan tetap sama. Berikut ini saya akan berbagi tentang bagaimana mengubah tampilan tanggal yang semula tertulis dengan format angka tahun-bulan-tanggal menjadi tanggal-nama bulan-tahun dalam bahasa indonesia.

Sekarang kita lihat contoh sederhana untuk menampilkan data dari sebuah tabel mysql dengan php

<?php
mysql_connect('localhost','root','');
mysql_select_db('db_mahasiswa');
$myquery="select tanggal_lahir from tb_mahasiswa";
$daftarsiswa=mysql_query($myquery) or die (mysql_error());
while($dataku=mysql_fetch_object($daftarsiswa))
{
   echo $dataku->tanggal_lahir; //menuliskan tanggal_lahir
}
?>

Pada saat data ditampilkan, maka yang muncul adalah field tanggal_lahir dengan format 2000-01-20. Sekarang bagaimana jika formatnya diubah menjadi : 20 Januari 2000?

Anda hanya perlu menambahkan beberapa perintah seperti berikut ini :

<?php
mysql_connect('localhost','root','');
mysql_select_db('db_mahasiswa');
//tambahkan daftar nama bulan
$namabulan = array("","Januari","Pebruari","Maret","April","Mei","Juni","Juli","Agustus","September","Oktober","November","Desember");
$myquery="select tanggal_lahir from tb_mahasiswa";
$daftarsiswa=mysql_query($myquery) or die (mysql_error());
while($dataku=mysql_fetch_object($daftarsiswa))
{
   list($thn,$bln,$tgl)=explode('-',$dataku->tanggal_lahir); //memindah tanggal kedalam array
   echo $tgl.' '.$namabulan[(int)$bln].' '.$thn; //menuliskan tanggal lahir dalam format indonesia
}
?>

Jika anda lihat, perintah program diatas, saya menambahkan sebuah array $namabulan yang isinya deretan nama bulan. Pada array pertama yang ada tanda petik 2x tidak diberi isi karena tidak ada bulan dengan index 0, sehingga langsung pada index ke 1 yaitu bulan januari.

Kemudian ada perintah list yang akan menampung hasil pemisahan tanggal lahir, dan yang terakhir adalah penulisan nama bulan $namabulan ada perintah (int) yang difungsikan mengubah nilai yang berawalan angka 0 seperti 01 menjadi integer sehingga sesuai dengan index array nama bulan.

Semoga bermanfaat, dan jangan takut untuk mencoba. Tolong koreksi jika ada yang kurang/salah.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengenal variabel dan keterangan dalam php
    PHP juga memiliki data penampung sementara yang disebut variabel seperti halnya bahasa pemrograman lainnya. Tapi sedikit ada perbedaan cara penulisanya jika anda terbiasa dengan bahasa pemrograman lain. Silahkan simak berikut ini.
  • Membuat form kontak dengan html dan php
    Form kontak adalah salah satu bagian penting yang harus ada dalam sebuah website. Anda bisa lihat website-website yang pernah anda kunjungi, semuanya pasti menyediakan form kontak ini.
  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 3
    Proses tahap awal dari membuat database, tabel, membuat formulir input data mahasiswa, proses simpan dan upload photo mahasiswa sudah dilakukan pada artikel Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 1 dan Bagian 2, sekarang membuat laporan hasil input data mahasiswa. Laporan ini akan dibuat menghubungkan kebeberapa bagian yaitu pencarian data mahasiswa, delete/menghapus data mahasiswa dan mengupdate data mahasiswa. Silahkan menyimak tahapan lanjutan berikut ini.
  • Fungsi break dan continue dalam php
    Fungsi break dalam php digunakan untuk menghentikan proses yang dilakukan oleh perintah php : for, foreach, while, do-while atau switch. Sedangkan continue digunakan untuk melanjutkan proses pada perintah perulangan for dengan php. Kedua fungsi ini (break dan continue) memang tidak selalu digunakan, karena setiap kasus mungkin saja berbeda keperluan. Pada kasus seperti apa anda memerlukan fungsi break dan continue?
  • Membuat fungsi cek data mysql dengan php
    Proses pengecekan apakah data sudah ada dalam database tentunya pasti kita lakukan berulang-ulang dalam sebuah aplikasi php. Untuk mempermudah proses pengecekannya kita memerlukan sebuah fungsi/function yang gampang dipanggil setiap saat. Berikut ini saya ingin berbagi tentang bagaimana membuat fungsi tersebut.

Kiriman terbaru