Perbedaan id dan name dalam html

Perbedaan id dan name dalam HTMLDua atribut HTML ini (id dan name) mungkin sedikit bikin bingung karena kurang mengetahui fungsinya. Masing-masing sering digunakan, kadang id dan name digunakan terpisah dan sering pula digunakan bersamaan. Apa Perbedaan id dan name dalam html dan kapan menggunakan id dan kapan menggunakan name?

Kita mulai dengan contoh penggunaan atribut id dan name pada halaman web.

<div id="menu">Contoh penggunaan id pada div</div>

<p id="judul">Contoh penggunaan id pada paragraf</p>

<input type="text" name="nama" />

<input type="text" name="nama" id="nama" />

Bisa kita lihat pada contoh diatas, ada beberapa model penggunaan id dan name. Untuk 2 contoh yang diterapkan pada tag div dan p, tujuanya adalah memberikan identitas unik pada tag tersebut agar tampilanya bisa diatur dengan css. Sedangkan pada contoh berikutnya name digunakan pada tag objek form dengan tujuan memberi nama unik yang bisa diakses melalui server side seperti php.

Perbedaan id dan name dalam html :

id memiliki ruang lingkup kerja sebuah halaman dan lebih dikhususkan untuk ditangani dengan css atau javascript, id yang diberikan pada sebuah tag/objek pada sebuah halaman harus unik.

name memiliki ruang lingkup pada sebuah form, tidak diperkenankan terjadi duplikat pada form yang sama. name dikhusukan untuk penanganan dengan metode GET atau POST pada saat sebuah form dikirim ke sebuah proses dengan pemrograman seperti php.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Pengertian istilah TAG, ATRIBUT dan VALUE dalam HTML
    Mungkin istilah TAG, ATRIBUT dan VALUE dalam HTML agak terlupakan, karena kebanyakan teman-teman yang sedang belajar membuat web sekarang lebih dimanjakan oleh editor web visual yang sangat praktis dan instan. Berikut ini saya coba mengingatkan kembali tentang 3 istilah dasar tersebut agar pemahaman serta penggunaan HTML lebih mudah.
  • Cara memasukkan file flash ke halaman website
    Berikut ini tutorial tentang memasukkan file animasi flash ke dalam halaman website atau blog dengan perintah html. Flash adalah salah satu jenis hasil karya multimedia yang dapat digunakan untuk menampilkan animasi berbentuk gambar, tulisan, video, dan suara dengan kualitas yang cukup baik.
  • Mengatur urutan pengisian form
    Sebagian orang mengabaikan urutan pengisian form karena proses input data masih bisa dibantu dengan adanya mouse, sehingga bisa dengan leluasa berpindah dari isian satu ke lainya. Tapi kita bisa Mengatur urutan pengisian form dengan atribut tabindex
  • Membuat tabel dengan HTML
    Tabel adalah salah satu objek terpenting yang bisa kita gunakan untuk banyak keperluan. Tabel bisa digunakan untuk membuat laporan dengan HTML, bisa digunakan untuk menyusun objek lain seperti gambar atau tulisan, bahkan tabel juga bisa digunakan untuk menata layout tampilan web. Bagi anda yang sedang belajar bahasa pemrograman web seperti PHP atau yang lainya, tabel ini juga bagian terpenting yang harus anda ketahui karena bentuk laporan dari database tentunya akan disajikan dalam bentuk tabel. Bagaimana cara membuat tabel yang benar? dan bagaimana contohnya?
  • Perbedaan form method POST dan GET
    Bagi anda yang sudah terbiasa membuat form dalam HTML pasti sudah sering melihat kode yang tersusun dalam sebuah form, termasuk atribut form yang digunakan. Salah satu atribut yang digunakan dalam form adalah method. Atribut method bisa diberi nilai dengan POST atau GET.

Kiriman terbaru