Perbedaan javascript dan jquery

Perbedaan javascript dan jqueryPerbedaan antara javascript dan jquery sering menimbulkan pertanyaan, dari segi penulisan maupun penggunaanya. Berikut ini saya akan berbagi tentang apa Perbedaan javascript dan jquery tersebut.

Perbedaan dari definisi javascript dan jquery

Javascript adalah bahasa pemrograman yang dirancang untuk berjalan di lingkungan klien yang dikombinasikan dengan dokumen HTML. Javascript dijalankan dengan bantuan browser sehingga dapat melakukan interaksi dengan user, melakukan kontrol browser dan memanipulasi dokumen web saat ditampilkan.

Sedangkan jquery adalah komponen/librari/framework yang dibuat dari javascript dengan tujuan memudahkan seorang programmer dalam menggunakan fungsi-fungsi yang lebih rumit. Dengan jquery, seorang programmer bisa lebih leluasa dan mudah melakukan kontrol/manipulasi halaman web. Oleh karena kemudahan tersebut jquery memiliki semboyan "write less, do more" yang bisa kita artikan dengan sedikit menulis kode tapi dapat melakukan banyak hal.

Jquery dibangun dengan berorientasi objek sehingga akan lebih optimal dan memiliki kemampuan yang lebih luas untuk menciptakan serta memanipulasi halaman web yang dikirimkan ke browser pengguna.

Mari kita lihat bagaimana penulisan javascript dan javascript untuk melakukan sebuah manipulasi background dokumen html berikut :

Javascript

<script language="javascript">
function changeBackground(color)
{
  document.body.style.background = color;
}
onload="changeBackground('red');"
</script>

Jquery

<script>
  $('body').css('background', '#ccc');
</script>

Dari script diatas bisa anda lihat, bahwa jquery lebih bepusat pada objek sehingga cara melakukan perubahannya akan lebih sederhana.

Sumber referensi :

  • http://onlydifferencefaqs.blogspot.in/2012/08/difference-between-javascript-and-jquery.html
  • http://coding.smashingmagazine.com/2008/09/16/jquery-examples-and-best-practices/

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Validasi form pada saat dikirim ke server dengan javascript
    Javascript merupakan bahasa pemrograman yang bejalan disisi klien dan dijalankan langsung oleh browser dikomputer yang mengakses. Semua browser yang ada sekarang dapat menjalankannya. Kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana melakukan pengecekan/validasi form input
  • Membuat input hanya angka atau huruf tertentu
    Pada kasus membuat aplikasi web, kadang kita perlu Membuat input hanya angka atau huruf tertentu seperti hanya membolehkan mengisi nilai dari 1 s/d 5 atau huruf dari a s/d e atau karakter tertentu saja atau bahkan kombinasi semuanya.
  • Membuat fungsi check uncheck dengan javascript
    Javascript digunakan untuk berinteraksi dengan pengguna secara langsung dengan bantuan browser. Artinya proses tidak perlu dikirimkan lagi ke server. Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan javacript, seperti artikel berikut yaitu melakukan check atau uncheck pada checkbox yang ada pada sebuah form.

Kiriman terbaru