Perbedaan notebook dan netbook

notebookMeskipun netbook dan laptop sama-sama dirancang untuk penggunaan mobile, netbook secara sederhana dapat dikatakan merupakan versi minimalis dari laptop biasa. Kebanyakan laptop cukup kuat untuk digunakan setiap hari dan dapat melakukan fungsi yang sama seperti komputer desktop seperti pengolahan kata, browsing web, multimedia dan banyak lagi. Selain itu, laptop juga memiliki ukuran standar keyboard dan layar 11 inci ke atas.

Istilah atau nama netbook sendiri sebenarnya merupakan penggabungan dari dua kata dasar, yaitu internet dan notebook. Dan seperti namanya, netbook memang dirancang untuk aplikasi yang mengandalkan akses internet, seperti email dan aplikasi berbasis web lainnya. Netbook lebih dirancang untuk memudahkan dan meningkatkan mobilitas penggunanya, dibekali dengan keyboard dan layar yang berukuran lebih kecil dari laptop biasa, dimana netbook umumnya berukuran dari 7 sampai 10 inci saja. Selain itu, berat netbook yang sekitar 1 kilogram juga lebih ringan dari kebanyakan laptop, dimana berat laptop dapat mencapai 5 kilogram.

Karena netbook umumnya hanya ditujukan untuk melakukan tugas yang ringan, netbook biasanya hanya dipasangi dengan aplikasi dan sistem operasi yang lebih sederhana karena spesifikasinya pun lebih sederhana jika dibandingkan dengan laptop. Netbook biasanya juga tidak memiliki optical drive, sehingga mereka tidak dapat membaca data pada DVD atau CD. Netbook juga menawarkan kemampuan penyimpanan data yang sangat sedikit.

Awal mula netbook berasal dari jajaran produk netbook milik Psion, sebuah perusahaan dari London yang dikenal karena memproduksi hardware, namun saat ini sudah tidak lagi diproduksi, dan proyek satu laptop untuk satu anak (One Laptop per Children, OLPC) dan Palm Foleo. Ketiganya merupakan perangkat komputer yang berukuran kecil, ringan, dan dapat digunakan untuk mengakses jaringan. Netbook kemudian mulai dikenal secara luas ketika produsen perangkat komputer Asus mulai memperkenalkan jajaran produk netbooknya ke pasaran.

ultrabookSelain notebook dan netbook, ada teknologi terbaru yaitu ultrabook yang merupakan perpaduan antara teknologi sebuah PC Game dengan Tablet PC. Ultrabook ini bisa digunakan dalam kondisi yang ekstrim layaknya PC desktop. Anda bisa mendapatkan: kemampuan dan responsivitas, keamanan/security tinggi, kemampuan HD/HQ media dan gaming, baterai yang tahan lama, performa prosesor yang sangat tinggi, dan juga harga yang kompetitif. Ultrabook sangat ringan dan tipis, merupakan suatu hal yang tidak bisa di kompromikan bila Anda menginginkan notebook yang portable dan tidak membebani Anda karena beratnya. Bertenaga, relative karena penggunaan sebuah perangkat berbeda-beda. Menawan, pengguna menginginkan tampilan menarik karena tuntutan lifestyle.

Semoga Bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Perangkat Input Device
    Input Device adalah sebuah perangkat keras yang dapat mengirimkan data ke komputer. Input device memungkinkan manusia dapat berinteraksi dengan komputer secara langsung. Tanpa Input Device sebuah komputer hanya berfungsi sebagai media visualisasi yang hanya bisa ditonton seperti televisi.
  • Perangkat Output Device
    Output Device atau dalam bahasa indonesia perangkat keluaran adalah sebuah perangkat keras yang berperan sebagai media penerjemah informasi yang dihasilkan oleh proses komputer. Dengan Output device maka komputer dapat menyampaikan hasil dari sebuah proses data kepada manusia sebagai pengguananya. Informasi yang disampaikan bisa dalam bentuk visual yang terlihat oleh mata melalui layar, terdengar oleh telinga atau tergambar/tertulis di kertas.
  • Komputer Server
    Server adalah sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer. Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.
  • Cara mengubah word ke pdf
    Aplikasi Ms-Word tidak menyediakan fasilitas untuk menyimpan dokumen dalam format pdf, oleh karena itu kita perlu aplikasi bantu. Aplikasi bantu untuk mengubah word ke pdf sebenarnya banyak, ada yang berbayar, gratis, sampai ada juga yang tersedia online di internet.
  • Cara menghapus virus shortcut Ramnit
    Virus shortcut adalah jenis penggangu yang cukup tangguh, karena dapat menyebar ke semua bagian hardisk atau media penyimpanan lainya tanpa permisi. Pasti bikin anda bingung apalagi saat dicoba menghapus virus shortcut kembali lagi bermunculan. Bagaimana cara menghapus virus shortcut, akan saya jelaskan disini.

Kiriman terbaru