Perintah include dan require dalam php

penggunaan include dan require

Perintah require() dan include() dalam php digunakan untuk menyisipkan isi file tertentu menjadi bagian file yang memanggilnya. Keduanya sangat identik dalam banyak hal, kecuali cara penanganan kegagalan. include() menghasilkan suatu peringatan, sedangkan require() menghasilkan pesan kesalahan Fatal Error. Meskipun demikian, jangan takut menggunakan require() apabila anda menginginkan suatu file yang tidak ditemukan menghentikan proses terhadap halaman tersebut. include() tidak menghentikan proses tetapi melanjutkannya, jadi pastikan anda membuat include_path/alamat file yang akan disertakan benar.

Berikut kita lihat cara penggunaan serta cara kerja keduanya :

Perintah require

Statement require() merupakan konstruksi bagi parser PHP yang digunakan untuk membuka file yang diberi dan membaca nilai variabel serta fungsi yang terdapat di dalamnya untuk kemudian mengeksekusinya. File akan diperlakukan sebagai suatu script mengeksekusinya. File akan diperlakukan sebagai suatu script PHP normal. Apabila file tersebut berisi tag-tag PHP, maka akan dievaluasi terlebih dahulu sebelum mengirimnya ke browser. Namun bila file hanya berisi teks biasa, maka file akan langsung ke browser. Statement require() tidak dapat dimasukkan dalam struktur perulangan karena hanya boleh dipanggil satu kali.

Cara penulisan :

<?php
  require(nama file);
?>

Perintah include

sama seperti statement require(), Statement include() jugamerupakan konstruksi bagi parser PHP yang digunakan untuk membuka dan membaca nilai variabel dari file yang dinyatakan serta fungsi yang terdapat didalamnya untuk kemudian mengeksekusinya. File akan diperlakukan sebagai suatu script mengeksekusinya. File akan diperlakukan sebagai suatu script PHP normal. Apabila file tersebut berisi tag-tag PHP, maka akan dievaluasi terlebih dahulu sebelum mengirimnya ke browser. Namun bila file hanya berisi teks biasa, maka file akan langsung ke browser. Tetapi Statement include() dapat dimasukkan dalam struktur perulangan.

Cara penulisan :

<?php
  include(nama file);
?>

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat aplikasi data mahasiswa dengan PHP - Bagian 6
    Ini bagian terakhir artikel saya tentang tentang membuat aplikasi data mahasiswa dengan php, Pada artikel sebelumnya membuat aplikasi data mahasiswa bagian 5, saya sudah merancang tabel database pengguna dan menyisipkan 1 nama pengguna dengan password yang disimpan dalam format md5. Sekarang saya akan merancang form login dan proses login, serta melindungi semua halaman pengelolaan data mahasiswa yang sudah dibuat.
  • Membagi form dalam beberapa halaman
    Ada beberapa contoh kasus yang mengharuskan kita membagi form dalam beberapa halaman, agar proses input lebih mudah dan dapat memunculkan pilihan sesuai dengan inputan awal. Berikut ini saya akan berbagi trick bagaimana membuat beberapa form yang terpisah halaman bisa saling terhubung dalam sebuah proses.
  • Masalah seputar upload file dengan php
    Minat terhadap bahasan tentang upload file dengan php kayanya sangat tinggi, ini saya lihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke situs saya ini mencari informasi tentang bagaimana membuat form upload, membuat upload ke database dll. Oleh karena itu saya akan berbagi informasi tentang hal yang sering terjadi pada saat membuat fasilitas upload file dengan php, mudahan ini berguna buat teman-teman yang sedang mendalaminya.
  • Perintah php mysql
    PHP telah menyediakan banyak perintah fungsi bawaan yang bisa kita gunakan dalam membuat aplikasi web. Fungsi-fungsi tersebut juga sangat beragam dari pengolahan string, pengolahan dan manipulasi gambar, sampai melakukan komunikasi dengan database. PHP juga mendukung banyak database tidak terkecuali MySql. Apa saja perintah php mysql?
  • Menghapus dengan checkbox dalam php
    Anda menemui masalah dalam menghapus banyak data secara bersamaan pada laporan yang dibuat dengan PHP? Mungkin jawabnya ya, karena dulu saya pernah mengalami hal ini. Cara sederhana mengahapus record atau data dalam laporan php adalah satu-persatu dengan membuat link pada tiap baris data yang ditampilkan. Hal ini akan sangat menyulitkan anda jika ada banyak data yang harus dihapus. Bayangkan jika ada 100 recor harus anda hapus, berarti 100 kali mengklik data yang akan dihapus. Saya akan berbagi bagaimana membuat laporan php dengan fasilitas checkbox data yang akan dihapus. Silahkan simak artikel berikut.

Kiriman terbaru