Photo editing dengan photoshop

Anda punya photo jadul (jaman dulu)? atau punya photo yang kurang bersih dan ingin photo tersebut bisa dicetak ulang kembali dengan sedikit perbaikan gambar. Maka ini solusinya, saya akan sedikit berbagi tentang photo editing dengan photoshop.

Saya coba cari gambar diinternet dan ketemu gambar berikut (mohon maaf jika ini keluarga atau orang tua anda atau yang memiliki photo ini) ini hanya contoh sebagai bahan belajar bagi yang lain. Anda bisa ambil photo ini dengan klik kanan pada gambar ini dan simpan dikomputer anda.

photo editing

Kita akan lakukan photo editing dengan photoshop dengan menghilangkan rokok yang sedang berada di mulut. Caranya :

  1. Jalankan photoshop
  2. Kemudian buka file yang sudah anda miliki atau gambar yang diatas tadi dengan memilih menu open atau ctrl + o
  3. Sebenarnya banyak cara menghilangkan/mengubah sebagian objek tanpa harus merusak keseluruhan gambar, kita akan menggunakan fasilitas yang ada di toolbar photo shop berikut.

    photo editing

     

  4. Tekan tahan pada tombol seperti stempel, kemudian pilih yang clone stamp tool
  5. Kemudian kita coba perbesar penampilan gambar dengan menekan keyboard ctrl+ atau bisa juga menggunakan window navigator (jika gak ada pilih menu window navigator, pastikan itu aktif)

    photo editing

  6. Kemudian kita sesuaikan ukuran stamp tool dengan klik kanan pada gambar, aturlah nilai master diameter kurang lebih 15px, dan hardness 0%

    photo editing

  7. Tekan tombol alt pada keyboard dan tahan sambil tekan klik pada area gambar yang ingin diambil contoh, misal kita awali menghilangkan bagian ujung rokok (klik 1x dekat ujung rokok) kemudian lepas tombol keyboar.

    photo editing

  8. Sekarang kita mulai menghilangkan bagian ujung rokok dengan menekan klik pada bagian rokoknya, lihat gambar. Lakukan sampai bagian rokok digantikan dengan sampel area lain (hilang). Lakukan dengan hati-hati dan pelan. Jika teksture gambar yang menggantikan area tersebut kurang pas (janggal), tekan undo atau ctrl+z dan lakukan kembali seperti poin ke 7.

    photo editing

  9. Jika kurang rapi pertemuan antara area gambar, anda bisa gunakan tombol smudge tool dan menggeser bagian2nya sampai lebih bagus atau atur kembali ukuran stamp seperti poin 6.

    photo editing

  10. Hasil akhir????

    hasil photo editing dengan photo shop

Anda bisa coba dengan objek lain, misal menghilangkan jerawat, merapikan rambut atau baju asal jangan disalah gunakan. Untuk mendapatkan hasil yang baik anda harus melakukanya dengan sabar dan teliti. Tidak ada salahnya mencoba toh gak bayar juga. hehhe

Semoga bermanfaat, jika ini membantu anda silahkan dibagikan keteman yang lain melalui tombol sosial yang ada diweb saya ini.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Membuat wallpaper dengan adobe photoshop
    Wallpaper dalam dunia digital dikenal sebagai sebuah gambar yang digunakan sebagai latar belakang dari sebuah tampilan layar, walpaper sering disebut sebagai background layar komputer atau handphone. Ukuran wallpaper ini bisa berbeda pada masing-masing perangkat yang digunakan, biasanya tergantung teknologi dari layar dan perangkat pendukung tampilan lainya.
  • Mengenal istilah tipografi
    Anda pernah mendengar mendengar istilah tipografi atau dalam bahasa inggris Typography? Jika anda ingin belajar desain grafis wajib mengetahui istilah ini karena akan sangat membantu anda dalam mengerjakan sebuah pekerjaan desain. Artikel berikut akan menjelaskan apa itu tipografi serta hal-hal apa saja yang kira-kira melibatkan tipografi.
  • Mengenal layout desain
    Layout adalah penyusunan dari elemen-elemen desain yang berhubungan kedalam sebuah bidang sehingga membentuk susunan artistik. Hal ini bisa juga disebut manajemen bentuk dan bidang. Tujuan utama layout adalah menampilkan elemen gambar dan teks agar menjadi komunikatif dalam sebuah cara yang dapat memudahkan pembaca menerima informasi yang disajikan.
  • Mengenal istilah warna
    Dalam kehidupan sehari-hari kita dapat menemukan berbagai warna yang sangat beraneka ragam. Tetapi, tahukah anda bahwa warna itu terbagi dalam berapa jenis? Secara biologis, mata kita dapat mengangkap warna dikarenakan spektrum cahaya yang di pantulkan benda-benda disekeliling kita ke indra penglihatan kita yaitu mata lalu diproses oleh otak kita menjadi warna-warna tertentu sumber cahaya bisa dari matahari atau sumber cahaya buatan. Dalam artikel berikut anda akan mengenal teori tentang warna serta pembagian jenis-jenisnya.
  • Gambar digital dan non digital
    Gambar digital adalah gambar yang dihasilkan dari proses yang dilakukan dengan bantuan komputer, kamera, scanner atau perangkat elektronik lainya yang disimpan dalam bentuk file digital. Gambar digital tidak bisa dilihat secara langsung tanpa bantuan peralatan elektronik. Contohnya : gambar wallpaper komputer, gambar yang ada diinternet, dll

Kiriman terbaru