Script penghitung waktu loading halaman dengan php

Berikut ini potongan kode php untuk menghitung dan menampilkan lama waktu tampilnya halaman dengan php. Fungsi ini bisa digunakan sebagai acuan menghitung performa sistem yang sudah kita rancang.

Letakkan bagian kode berikut pada bagian atas halaman :

<?php
// Mengambil waktu awal proses
$mtime = microtime();
$mtime = explode (" ", $mtime);
$mtime = $mtime[1] + $mtime[0];
$tstart = $mtime;
?>

Kalo kita lihat baris-baris kode php diatas melakukan pengambilan waktu start php mulai dijalankan dan kemudian memindah nilanya kealdam variabel $tstart.

Kemudian letakkan script berikut ini pada bagian bawah halaman :

<?php
// mengambil waktu selesai
$mtime = microtime();
$mtime = explode (" ", $mtime);
$mtime = $mtime[1] + $mtime[0];
// Store end time in a variable
$tend = $mtime;
// Calculate Difference
$totaltime = ($tend - $tstart);
// Output the result
printf ("Waktu menampilkan halaman %f detik.", $totaltime);
?>

dan pada bagian akhir, ditambahkan pula kode untuk mengambil waktu terakhir php selesai melakukan tugasnya dan melakukan perhitungan total waktu dengan mengurangkan waktu start awal dan waktu script terakhir dieksekusi. Dan terakhir menampilkanya ke layar.

Semoga bermanfaat

Zainal Hakim

Baca juga :

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Menampilkan kiriman twitter dengan php
    Twitter adalah salah satu media sosial terbesar yang sering digunakan oleh pengguna internet. Twitter menyediakan banyak fasilitas yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan dalam bentuk widget atau plugin yang bisa dengan mudah ditempel pada halaman web termasuk untuk menampilkan status yang sudah dikirim user tertentu. Karena sifatnya fasilitas umum dengan fitur yang sama maka tentunya kita tidak bisa mengubah format tampilanya sesuai keperluan kita. Tapi ini bisa kita lakukan dengan menggunakan php. SIlahkan baca atikel berikut.
  • Mengambil ip address dan jenis browser dengan php
    Setiap komputer yang terhubung ke sebuah web atau blog membawa banyak informasi yang bisa kita ketahui melalu php, diantaranya ip address dan jenis browser.
  • Membuat captcha dengan php
    Membuat captcha dengan php. CAPTCHA digunakan untuk melindungi pengiriman otomatis melalui form oleh mesin-mesin -nakal- yang kirimanya biasanya disebut spam. CAPTCHA ini memastikan bahwa yang mengirimkan data adalah human atau manusia. Anda mungkin sering menemui ini pada saat anda mengisi formulir secara online. Bentuknya beragam ada yang bentuk gambar angka, huruf, gabungan angka dan huruf secara acak, bahkan model perhitungan angka.
  • Mengambil informasi pengunjung dengan php
    Pada saat pengunjung membuka halaman web, browser yang digunakan mengirimkan informasi kepada web server yang sedang diaksesnya. Informasi yang dikirim diantaranya adalah ip address, jenis browser,dll. Semua informasi tersebut dapat kita peroleh dengan me
  • Mencari nilai min dan max dalam php
    PHP telah menyediakan fungsi sederhana untuk mengambil nilai minimum dan maksimum dalam sebuah deretan angka. Lihat kode singkat berikut.

Kiriman terbaru