Tips memilih nama domain untuk web atau blog pribadi

Tips memilih domainNama domain dari segi teknis bisa dikatakan sebagai pengganti deretan angka yang disebut IP Address, sehingga sebuah web/blog gampang diingat oleh pengunjungnya.

Dari sisi lain, sebuah domain adalah merk dagang di dunia internet sehingga kita sebagai pemilik harus mencari nama yang tepat agar familiar disebut oleh pengunjung kita. contoh untuk nama hotel, nama perusahaan atau kantor bahkan nama pribadi.

Beberapa pertimbangan dalam memilih domain adalah :

  1. Usahakan memberi nama yang identik dengan nama pemilik atau isi web/blog. Misal untuk toko online kaos anda bisa memberi nama kaos-cantik, toko-kaos, kaos-murah dan lainya.
  2. Singkat, jelas dan mudah diingat. Jangan membuat domain lebih dari 3 kata, usahakan seperti pada poin pertama. Hindari penamaan seperti toko-online-murah-meriah, atau kantor-pemerintah-kota-namakota karena ini sangat menyulitkan. Atau kadang kita temui dengan nama yang menggunakan bahasa daerah, ini juga kurang baik karena domain digunakan didunia internet dengan pangsa pasar global.
  3. web/blog ini digunakan untuk keperluan apa. Misal untuk toko online yang sifatnya komersil lebih disarankan .com, untuk kantor pemerintahan .gov atau .go.id, untuk universitas .ac.id dan lainya. Memang tidak ada aturan, undang-undang atau hukum yang mengatur ini, tapi masing-masing kategori sudah disediakan berdasarkan fungsinya. go.id (goverment indonesia) atau .gov (government), .ac.id (academic id), .com (commercial) atau .co.id (commercial indonesia) dll.

Jika sudah ketemu nama yang bener cocok dengan 3 kriteria diatas, tinggal kita cek keberadaannya. Apakah sudah digunakan atau belum. Untuk mengeceknya silahkan buka http://whois.domaintools.com, anda tinggal masukkan nama domainnya. Di web tersebut juga tersedia informasi pemilik dan statusnya dsb. Jika statusnya masih belum digunakan, anda tinggal mendaftarkanya melalui perusahaan yang memberikan layanan domain.

Semoga bermanfaat.

Zainal Hakim

** Bebas disunting dengan menyebutkan sumber **

Komentar

Halaman Lainya

  • Mengenal Istilah Basis Data
    Sistem Basis Data atau yang sering disebut dengan database pasti sering terdengar bahkan ini merupakan istilah yang wajib diketahui para penyuka dunia komputer. Database ini banyak terlibat dalam urusan penyimpanan data digital dalam semua bidang yang menggunakan peralatan teknologi informasi. Bagaimana pendapat para pakar tentang sistem basis data ini dan perangkat lunak apa saja yang termasuk dalam kategori ini? silahkan anda simak artikel berikut.
  • Hosting Gratis
    Hosting gratis, Free Hosting, Hosting tidak bayar. Jangan takut mencoba sesuatu yang gratis apalagi untuk belajar. Banyak orang sukses belajar dari yang gratisan asal petunjuk penggunaan serta aturan mainya diikuti.
  • Sistem Manajemen Basis Data
    Sistem Manajemen Basis Data (Data Base Management System / DBMS) adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, dan meng-akses basis data dengan cara praktis dan efisien. DBMS dapat digunakan untuk meng-akomodasikan berbagai macam pemakai yang memiliki kebutuhan akses yang berbeda-beda.
  • Mengenal istilah blog
    Pada awal munculnya Blog, aplikasi ini sering digunakan orang untuk menulis catatan kegiatan. Kala itu, blog berperan seperti catatan harian (diary) yang hanya berisi ungkapan perasaan seseorang. Namun perkembangan selanjutnya, Blog dimanfaatkan untuk membangun image branding, memperkuat diri sebagai tought leader melalui ide-ide dan inovasi baru, sarana komunikasi dan hubungan masyarakat, sarana pendidikan secara online dan masih banyak lagi manfaat lain.
  • Apa bedanya website gratis dengan berbayar??
    Sebagian orang dimanjakan dengan website yang gratis, mudah dan gak pakai lama, dan sebagian orang lagi merelakan dirinya merogoh kantong dalam-dalam untuk membayar biaya tahunan domain dan hosting serta direpotkan dengan urusan teknis lainya. Bahkan sering menggunakan jasa-jasa prefesional dalam bidang website. Mengapa dan apa perbedaan sebenarnya website gratis dengan berbayar??

Kiriman terbaru